Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit

Artikel terkait : Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit

Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit
Setelah sebelumnya pada artikel Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun, dijaelaskan sedikit tentang cara-cara yang dapat dipilih untuk menghias kue ulang tahun, kali ini kulineri.com akan spesifik membahas tentang menghias kue menggunakan butter cream. Menghias kue pada dasarnya membuat penampilan kue menjadi lebih menarik untuk dilihat. Namun, lebih dari itu fungsi menghias kue sendiri bisa bertujuan untuk menutup kekurangan serta memperbaiki bagian kue yang cacat dengan bahan penghias kue, bahkan dengan kreatifitas, kue bisa berubah bentuknya. Selain itu, menghias kue juga bisa untuk menyatakan ungkapan atau maksud menghias kue. Misalnya sebagai ungkapan rasa kasih sayang dibuat kue berbentuk hati yang dihias dengan bentuk bunga menggunakan warna dominan merah muda.
Untuk menghias kue anda perlu untuk menutup kue tersebut dengan warna yang cantik. Selain untuk menutupi kekurangan baik dari segi warna dan tekstur dari kue tersebut, Penutupan kue bisa menambah cita rasa dan juga warna pada kue. Menutup kue dasar seperti kue sponge, anda bisa menggunakan butter cream, fondant atau Royal icing. Dari pilihan tersebut, ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bahan. Misalnya Royal icing tidak cocok untuk kue yang banyak terdapat potongan-potongan buah, sebagai gantinya gunakan taburan gula warna-warni sebagai hiasan. Kali ini kulineri akan membagikan tutorial serta cara untuk menghias kue dengan butter cream.

Cara Menghias Kue Ulang Tahun dengan Butter Cream

Buttercream adalah jenis krim yang bahan utamanya terdiri atas mentega dan gula. Bermacam-macam hiasan dapat dibuat dengan menggunakan buttercream. Butter cream juga bisa untuk menutup kue untuk menghias kue, dijadikan frosting pada cupcake atau hiasan dekorasi yang dibentuk menggunakan piping bag yang terpasang spuit. Butter cream juga bisa diubah warna dan rasanya sesuai selera. Tinggal tambahkan sedikit sekali pewarna makanan atau perasa maka anda bisa berkreasi dengan berbagai macam warna dan rasa yang cocok dengan tema anda.
Kue dasar yang bisa digunakan sebagai base dari kue ulang tahun ataupun kue yang ingin dihias adalah kue pound atau kue sponge, baca pada artikel ini untuk mendapatkan resepnya:

Cara Menutup Kue Ulang Tahun dengan Butter Cream

Anda akan membutuhkan alat-alat seperti pisau kue bergerigi, scapper, spatula, meja putar dan botol semprot yang berisi air. Jangan lupa, kue yang digunakan harus sudah dingin atau simpan di kulkas selama kurang lebih 30 menit.
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit
  • Pertama-tama, Letakan kue diatas menja putar. Rapikan potongan cake bagian samping dan atas dengan pisau bergerigi tajam agar permukaan kue halus.
  • Kemudian poles cake dengan buttercream tipis-tipis terlebih dahulu menggunakan spatula atau pisau oles, hal ini dimaksudkan agar remah-remah cake menempel sempurna pada cakenya.
  • Setelah remahan diamankan dan cake mulai terlihat halus, lapisi kembali cake dengan lapisan selanjutnya. Masukan butter cream kedalam plastic segitiga atau piping bag, semprotkan merata diseluruh dinding cake dan bagian atasnya.
  • Gunakan scrapper, yaitu alat berbentuk seperti papan tipis yang bisa terbuat dari plastik atau stainless stell untuk merapikan polesan bagian pingir atau dinding cake dan juga bagian atasnya. Cara menggunakan Scapper adalah dengan mengatur posisi scrapper 90° terhadap meja atau alas dan miring 45° pada permukaan sisi kue.
  • Untuk hasil yang lebih halus, Semprot kue dengan sedikit air menggunakan sprayer kemudian ulangi merapikan kue dengan scapper dengan cara memutar meja putar.
  • Jangan lupa untuk mendinginkan kue di dalam kulkas selama minimal 3 jam agar butter cream padat dan kokoh. Kue tertutup sempurna dan siap untuk dihias.

Selain untuk menutup kue dengan lapisan yang halus, butter cream juga bisa untuk menutup kue dengan lapisan yang tidak rata. Meski terlihat berantakan namun anda bisa mengakalinya dengan tambahan pewarna atupun hiasan lain, misalnya butter cream cokelat yang dihias dengan aneka permen. Kali ini kulineri.com akan membagikan resep dan cara menghias kue dengan butter cream cokelat yang dipagari dengan wafer.
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit
  • Pertama, Siapkan bahan-bahan yang diperlukan yaitu butter cream cokelat, kue dasar yang sudah dingin dan dimasukan kulkas, wafer berlapis cokelat misalnya kitkat atau snicker dan permen cokelat seperti chacha atau m&m. Jangan lupa, kue yang dipakai harus lebih pendek atau sama tingginya dari wafer lapis cokelat. 
  • Lalu poles cake dengan buttercream menggunakan spatula atau pisau oles hingga rata ke semua dinding kue baik bagian atas atau samping. Usahakan perbanyak olesan pada dinding kue bagian samping.
  • Kemudian tempelkan wafer lapis cokelat pada dinding kue yang sudah diolesi butter cream, ulangi hingga seluruh bagian kue tertutupi dengan wafer lapis cokelat.
  • Setelah itu, taruh permen cokelat warna-warni di atas kue, ratakan hingga bagian permukaan atas kue seluruhnya tertutup.
  • Taruh didalam kulkas minimal 3 jam sebelum disajikan.

Kulineri.com akan membagikan satu lagi cara menghias kue dengan butter cream yang mudah dan cepat namun tetap terlihat cantik. Yaitu kue berbentuk hati dengan lapisan warna merah muda dan hiasan warna-warni yang bisa anda coba. Jika anda kesulitan mendapatkan loyang berbentuk hati, Anda bisa menggunakan loyang segiempat dan loyang bundar. Berikut adalah cara menghias kuenya:
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit
  • Siapkan dua buah kue dasar dengan bentuk segi empat dan bulat yang sama besar. Jika tidak sama ukurannya bisa anda potong terlebih dahulu. Kemudian, potong dua kue berbentuk bundar lalu tata agar membentuk hati dengan kue berbentuk bulat pada sisi-sisi kue yang berbentuk persegi.
  • Lalu poles cake dengan buttercream menggunakan spatula atau pisau oles hingga rata ke semua dinding kue baik bagian atas atau samping. Gunakan butter cream dengan tambahan pewarna yang cantik seperti merah muda.
  • Taburi gula warna-warni atau sprinkle sesuai selera. Masukan kulkas selama minimal 3 jam sebelum disajikan.

Cara Menghias Kue Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit

Selain berfungsi untuk penutup kue. Butter cream lazim dipakai untuk menghias kue. Cara menghias kue dengan menggunakan butter cream bisa dilakukan dengan cara memasukan butter cream pada pipping bag yang terpasang spuit atau mengoleskannya lalu membentuknya menggunakan sendok.
Menghias kue menggunakan butter cream dengan sendok memang terkesan mudah, simpel dan tidak memerlukan banyak alat yang rumit sehingga cocok untuk anda yang tetap menginginkan hiasan pada kue tetapi dengan minimal alat dan bahan tetapi tetap cantik dan enak dilihat. Untuk menghias butter cream menggunakan sendok, anda bisa melihat pada gambar ada empat pola yang bisa anda coba dengan menekankan sendok atau garpu pada kue yang sudah diolesi butter cream.
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit
  1. Pola pertama berupa garis besar lurus yang didapat dengan menekan ujung sendok yang menghadap bawah pada lapisan butter cream secara horizontal lurus dan berulang-ulang. 
  2. Kedua, pola yang didapat berupa garis zigzag bergelombang yang didapat dengan menekan ujung garpu yang menghadap bawah pada lapisan butter cream secara horizotal dan zigzag dan berulang-ulang.
  3. Pola ketiga yakni seperti anyaman keranjang yang bisa didapat dengan cara menekan-nekan sisi garpu yang sudah menghadap atas secara vertikal dan horizontal secara bergantian.
  4. Keempat, terdapat pola acak, terlihat berantakan namun artistik dibuat dengan cara menekan sisi sendok yang sudah menghadap ke atas secara acak.

Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit
Berbeda dengan menghias hanya menggunakan sendok yang mudah san simpel, meski diperlukan latihan, kesabaran dan alat yang terbilang cukup banyak jenisnya, menghias kue menggunakan butter cream dengan spuit dan pipping bag mempunyai tempat sendiri di hati penggemarnay karena pola dan bentuk yang dihasilkan sangat beragam bahkan dari hanya satu spuit. Ya, hanya dari satu spuit anda bisa menghasilkan banyak sekali pola tergantung selera dan kreatifitas anda. misalnya spuit garis bisa menghasilkan tulisan tangan angka dan huruf, pola pagar, gelombang, melingkar atau pola cantik lainnya. belum lagi spuit mawar yang dengan tekanan dan belokan yang berbeda maka berbeda juga hiasan yang dihasilkan. Ada puluhan jenis spuit maka bisa dibayangkan berapa banyak pola dan hiasan yang bisa dihasilkan. Berikut ini adalah contoh pola atau hiasan yang bisa and coba dari alat spuit. dan tidak hanya diterapkan di kue tart saja tetapi juga cupcake, baca di artikel Resep dan Cara Menghias Cupcake Lembut Enak 

Untuk resep kue ulang tahun unik, sederhana dan enak lainnya dapat dilihat pada artikel

Terima kasih telah berkunjung di Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Kuliner Indonesia

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia