Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun

Artikel terkait : Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun

Cara Menghias Kue Tart Ulang TahunCara Menghias Kue Tart Ulang Tahun - Kue tart adalah jenis kue bolu yang dihias dengan berbagai macam cara. kue tart biasanya disuguhkan ketika acara ulang tahun atau pesta pernikahan. kali ini, kulineri.com akan membahas tips dan cara menghias kue tart ulang tahun. Berikut adalah tips dan caranya.

Melapisi kue dengan butter cream

Cara yang paling sering digunakan ketika menghias kue adalah melapisi seluruh kue dengan krim kocok atau butter cream. Butter cream atau krim kocok berfungsi untuk melembabkan kue dan sebagai dasar hiasan lain agar menempel pada kue. Berikut ini beberapa tips dan cara menghias kue dengan butter cream atau krim kocok.
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun
Tips pertama : Kue dasar yang akan digunakan untuk dihias tidak bisa digunakan langsung ketika masih hangat. Jika anda membuatnya sendiri, Anda harus mendinginkan kue di dalam loyang atau masukan dalam kulkas selama 2-24 jam sehingga kue yang dihasilkan mudah dibentuk dan digerakan.
Tips kedua :  Potong bagian kering berwarna kecoklatan pada kue agar permukaan kue rata sehingga mudah menghiasnya.
Tips ketiga : Krim biasanya berwarna putih, jika anda ingin mewarnai krim maka pilihlah warna yang lebih terang dari yang diinginkan karena ketika didinginkan dan mengering maka warna yang dihasilkan akan lebih gelap dari warna sebelumnya.
Tips keempat : Untuk melapisi kue dengan buttercream, benda yang paling umum digunakan adalah spatula. Spatula memudahkan Anda meratakan butter cream dan membantu agar tangan Anda terhindari dari sentuhan butter cream secara langsung.
Tips kelima : Letakkan sekitar 1 cangkir buttercream di atas bagian tengah lapisan kue dan sapu ke arah keluar dengan menggunakan spatula hingga ke arah tepi kue
Tips keenam : Untuk melapisi bagian sisi kue, tempelkan buttercream secukupnya dengan spatula lalu putar kue. Oleskan buttercream secara tipis ke bagian kue yang belum terlapisi dengan sempurna.
Tips ketujuh : Simpan kue yang telah terlapisi dalam kulkas sekitar 15 menit, bagian yang ditambal akan menyatu dengan sendirinya.

Menghias kue dengan butter cream

Menghias bagian sisi kue atau atas kue bisa dengan butter cream dengan bentuk pagar, bintang atau daun dengan menggunakan spuit. Spuit adalah alat untuk membentuk buttercream, berbentuk kerucut dengan aneka bentuk potongan pada ujungnya. Untuk membentuk buttercream, spuit ini dimasukkan ke dalam kantong plastik segitiga (piping bag) yang dilubangi ujungnya. Buttercream dimasukkan ke dalam piping bag, kemudian disemprotkan ke atas kue. Buttercream akan keluar dalam aneka bentuk tergantung bentuk mata spuit dan teknik menghias yang digunakan. Berikut ini, kulineri akan memberikan contoh tips dan cara menghias kue dengan butter cream.
- Masukkan butter cream kedalam kantong segitiga, gunting ujungnya lalu masukkan lagi ke dalam kantong segitiga lain yg sudah di beri spuit polos
- Buat Garis tepi dibawah bagian kue dengan spuit polos kemudian ganti dengan spuit berbentuk daun
- Buat pola daun yang saling berdekatan dimulai dari dasar kue lalu setelah selesai mulai buat pola lagi di atas pagar daun yang telah selesai dibuat.

Menghias kue dengan fondant atau coklat blok

Cara Menghias Kue Tart Ulang TahunFondant atau pasta gula adalah bahan untuk dekorasi cake yang rasanya manis dan elastis sehingga mudah dibentuk 3 dimensi atau 2 dimensi sebagai penghias kue. Fondant biasanya berbentuk seperti mainan lilin anak-anak, agak keras dan berwarna putih sehingga harus diuleni dan diberi pewarna agar lebih lembut dan menghasilkan warna yang menarik. Berbeda dengan fondant, coklat blok baru bisa digunakan untuk menghias kue ketika coklat dipanaskan hingga cair, dibentuk lalu didinginkan. Hasilnya juga berbeda dengan fondant yang elastis, coklat blok menghasilkan tekstur yang keras. Coklat blok juga hanya bisa diberi warna jika yang dipakai adalah coklat putih. Fondant bisa dicetak untuk menghasilkan hiasan kue dengan cetakan tekan / cookies cutter sementara coklat blok menggunakan cetakan cokelat yang terbuat dari plastik atau silikon.

Menghias kue dengan tulisan

Biasanya pada kue ulang tahun agar terasa keistimewaannya dan ekslusifitas tinggi dibuatlah tulisan
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun berisikan nama orang yang berulang tahun, ucapan selamat atau beberapa hal penting yang ingin disampaikan oleh pemberi kue. Tulisan pada kue dapat dibuat menggunakan krim kocok, butter cream atau coklat pasta yang dibentuk dengan spuit garis atau polos. bisa juga menggunakan fondant yang dicetak. pilih sesuai selera dan kreatifitas anda. Jangan lupa menambahkan warna-warni dengan pasta agar tulisan terlihat lebih menarik.

Mempercantik kue

Pada tahap akhir, kue dapat dipercantik dengan berbagai cara, mulai dari menambahkan ornamen mainan yang sudah siap pakai baik yang bisa dikonsumsi atau tidak, menaburkan icing sugar atau gula bubuk pada bagian kue yang biasanya sudah berwarna-warni agar terlihat lebih menarik, menambahkan taburan meses atau coklat tabur warna-warni dan menempelkan berbagai macam coklat butir berwarna. Mempercantik kue dapat dilakukan sesuai kreatifitas dan selera anda.

Untuk resep kue ulang tahun unik, sederhana dan enak lainnya dapat dilihat pada artikel
- Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik

Artikel Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dibuat oleh Kuliner Indonesia di www. kulineri.com

Terima kasih telah berkunjung di Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia