Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik

Artikel terkait : Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik

Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik
Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik
Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik - Seperti namanya, kue pengantin biasanya hadir diacara pernikahan sebagai simbol dan penghias pesta. Kue pengantin sekarang ini bisa dimodifikasi dan dibuat sesuai keinginan pemesan ataupun pembuat dengan kreatifitas yang tidak terbatas. Namun, biasanya kue pengantin dasarnya adalah kue tart yang dilapisi dengan fondant atau butter cream juga isian atau filling sesuai selera yang dihias sedemikian rupa sesuai tema dan keinginan dan dibuat menjadi satu buah kue besar atau kue yang bertingkat tingkat dari mulai tingkat dua hingga tingkat enam.
Pembuatan kue pengantin atau kue pernikahan yang bertingkat memerlukan teknik yang baik agar kue bisa berdiri tegak dan hiasan tidak berantakan. Seringkali kue dasarnya diganti dengan "dummy" atau bahan palsu seperti stereofoam untuk menghemat biaya dan juga pertimbangan lain seperti kekuatan kue. Untuk membuat kue pengantin atau kue pernikahan yang bertinkat anda perlu menyiapkan bahan-bahan dan alat-alat antara lain:
1. Tentukan Base Cake atau dasar kue, Ada banyak pilihan dasar kue yang bisa anda coba, pilih kue yang bertekstur moist namun tetap kokoh. seperti sponge cake atau pound cake.
Lihat Resep nya disini  :
2. Tentukan Rasa yang akan digunakan juga cocokan dengan rasa base cake, isian (filling) dan frosting/cover. Misalnya, Pound Cake Rasa Lemon akan sangat cocok dengan Isian atau filling selai raspberry atau krim rasa lemon dan ditutup (frosting) dengan fondant atau bisa juga buttercream rasa lemon atau vanilla. Lihat pada gambar untuk referensi perpaduan rasa yang cocok satu sama lain.
Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik
Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik
Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik
Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik
3. Tentukan ukuran kue, bentuk (kotak atau bulat) dan jumlah tingkatan kue. Sebagai contoh, Kue pengantin 3 tingkat dengan ukuran kue 16" cocok dijadikan dasar untuk kue diatasnya yang berukuran 14" dan selanjutnya 12". Perkirakan juga potongan yang bisa dihasilkan untuk ukuran kue, misalnya untuk kue berukuran 16" dipotong 1x2 cm bisa mendapatkan jumlah potongan sebanyak 100 potongan dan kue berukuran 14" bisa dipotong menjadi 82 buah. jadi total 182 buah potongan kue untuk dua tingkat ku dengan ukuran 16" dan 14". Untuk lebih jelasnya, bisa lihat pada gambar.
Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik
Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik
4. Tentukan hiasan dan terbuat dari apa hiasan tersebut. Cara paling mudah menghias kue pengantin adalah melapisinya dengan fondant atau buttercream putih dan buat aksen hiasan menggunakan butter cream dan spuit. Bisa juga dengan tambahan fondant yang dibentuk bunga akan menambah kecantikan dan kemegahan kue pengantin.

Cara Membuat Kue Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana

Berikut ini kulineri.com akan membagikan cara membuat dan cara menumpuk kue pengantin bertingkat.
Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik
Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik

  • Pertama, Persiapkan dasar yang kuat untuk setiap lapisan kue. Misalnya papan triplek yang sudah terlapisi busa sterofoam putih atau bisa juga anda memakai alas kue pengantin yang banyak dijual di toko peralatan memasak. Siapkan pula alas untuk masing-masing kue sesuai dengan ukuran kue agar mudah mengangkat kue untuk menumpuknya ke kue lainnya.
  • Setelah itu, masak kue dasar pilihan anda. Biarkan mendingin, masukan ke dalam kulkas selama kurang lebih selama 6 jam dengan dibungkus atau ditutupi oleh plastik.
  • Potong masing-masing kue menjadi dua bagian secara horizontal tepat sama besar. Angkat bagian atas dari setiap lapisan, dan biarkan bagian bawah kue tetap berada di atas papan busa.
  • Lapisi bagian yang telah dipotong dengan isian atau filling. Gunakan pisau oles untuk meratakan atau jika isian berbentuk krim maka gunakan kantung semprot segitiga (pipping bag) untuk memasukkan isi ke dalam masing-masing lapisan yang telah dipotong. Gabungkan kembali kedua sisi kue yang dipotong, dengan mengapit lapisan isian.
  • Beri krim kocok/buttercream atau ganache atau royal icing (sesuai keinginan anda) pada permukaan kue. Gunakanlah pisau kue untuk meratakan lapisan krim di atas permukaan dan semua sisi setiap lapisan kue secara merata atau bisa juga kue dilapisi dengan fondant kemudian rapikan (jika anda memilih bahan fondant untuk menutup kue gunakan ganache atau royal icing sebagai lem atau perekat fondant) Ulangi pengerjaan memotong, mengoles isian dan menutup permukaan di setiap kue yang akan digunakan untuk ditumpuk.
    Dinginkan kue ke dalam kulkas selama 1 jam hingga lapisan menjadi kaku. Setelah itu, tutup lapisan kue secara terpisah dan dinginkan kembali selama 24 jam.
  • Keluarkan kue dari dalam kulkas, jika anda memilih untuk menggunakan krim, oles kembali lapisan krim di atas dan seluruh sisi. Lapisan yang kedua ini harus tampak lembut dan lebih tebal dibandingkan lapisan yang pertama. Ulangi pengerjaan ini dengan kue lainnya.
  • Letakkan kue yang paling besar di atas permukaan yang rata dan keras. Oles krim atau royal icing (tergantung pilihan covering anda buttercream atau fondant) ke atas permukaan kue. Kemudian Potong impra board sesuai dengan besar kue yang berukuran sedang dan kecil (usahakan ukuran impra board lebih kecil atau sama dengan ukuran kue).
  • Lubangi impra board kemudian tusukkan empat pasak kayu kecil (dowel) yang telah dilapisi plastik ke lapisan kue yang paling bawah. 
  • Minta bantuan orang lain untuk bersama-sama meletakkan kue sedang menumpuk kue yang besar. Pembagian tugasnya adalah yang satu memegang kue, sementara orang lain memegang 2 buah spatula,diletakkan di bawah kue ukuran sedang sebelum di taruh diatas kue besar. Saat tangan lepas dari dasar kue, spatula masih menahan hinga kue benar2 menempel pada cake besar,tarik spatula secara perlahan. Haluskan dan rapikan goresan atau bekas tangan dengan spatula besar. 
  • Ulangi pemasangan impra board dan dowel pada kue yang berukuran kecil untuk menumpuk kue yang berukuran sedang.
  • Setelah bertumpuk, Dinginkan dalam kulkas selama 24 jam hingga siap untuk disajikan.
Untuk resep kue ulang tahun unik, sederhana dan enak lainnya dapat dilihat pada artikel

Terima kasih telah berkunjung di Resep Cara Membuat Kue Tart Pengantin 2-3 Tingkat Sederhana Cantik

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Kuliner Indonesia

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia