Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)

Artikel terkait : Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)

Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant - Menghias kue bisa dilakukan dengan berbagai cara dan bahan. Misalnya menggunakan butter cream, icing atau fondant. Setelah artikel sebelumnya menjelaskan tentang car menghias kue secara umum dan menghias kue dengan menggunakan bahan butter cream. Kini kulineri.com akan membagikan cara menghias kue dengan menggunakan bahan icing dan fondant serta aneka tips juga trik agar kue yang dihias menjadi cantik dan rapi sesuai keinginan anda.
Icing sendiri adalah hiasan untuk melapisi atau menutup kue, cake, dan biskuit, tetapi dapat juga dipakai sebagai model dekorasi berbagai lapisan permukaan kue. Kelemahannya adalah Icing tidak cocok digunakan untuk kue-kue yang banyak mengandung buah-buahan. Icing yang akan digunakan untuk menghias kue kali ini adalah royal icing dan fondant yang memeang sudah wajar dipakai untuk menghias kue.
Kue dasar yang bisa digunakan sebagai base dari kue ulang tahun ataupun kue yang ingin dihias adalah kue pound atau kue sponge, baca pada artikel ini untuk mendapatkan resepnya:
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)

Cara Menghias Kue Tart Dengan Icing

Icing royal terbuat dari campuran gula dan putih telur sebagai bahan baku utama sehingga untuk mempergunakannya sebagai bahan penghias dan penutup kue maka icing royal harus diaduk rata terlebih dahulu agar tidak mengeras dan mudah digunakan. Tetapi jika anda menggunakan mixer untuk mengaduk icing pastikan hanya sekitar 4-5 menit saja, jika terlalu lama maka udara akan terjebak pada icing dan akan membuat icing yang dipakai pada kue menjadi berlubang kecil dan terlihat kasar. Sementara untuk pengadukan manual menggunakan tangan cukup selama kurang lebih 15 - 20 menit saja.
Karena icing sangat sensitif terhadap suhu dan kelembaban maka hal-hal berikut ini bisa membantu anda untuk mendapatkan hasil icing yang baik untuk menghias kue tart.

  • Pastikan alat-alat yang digunakan untuk menghias kue tart menggunakan icing dicuci bersih dan tidak berminyak. Peralatan yang berminyak akan menyulitkan icing untuk diambil atau lengket
  • icing yang masih berbentuk serbuk atau bubuk sebaiknya terlebih dahulu diayak sebelum digunakan untuk menghindari gumpalan icing.
  • Ketika digunakan untuk menghias kue, selalu tutup wadah icing dengan kain lembab yang berguna untuk memperlambat pengerasan icing pada wadah.
  • Agar mendapatkan hiasan icing di permukaan tart yang halus, setelah dilapisi icing coba untuk mencelupkan pisau oles dengan air hangat, tiriskan kelebihan air pada pisau lalu oles hingga icing halus.
  • Jangan memuluskan icing dengan spatula atau pisau oles yang dicelup air panas, karena icing akan meleleh karena terlalu panas.
  • Jika icing mengeras, tambahkan sedikit air lalu aduk rata hingga cair kembali
  • Untuk hasil yang halus dan rata, sebaiknya kue tart dilapisi dengan icing yang dioles tipis-tipis hingga dua atau tiga lapisan icing, pastikan setiap lapisan mengering sebelum ditumpuk dengan lapisan selanjutnya. Lalu barulah mulai dengan pelapisan icing dengan menyebarkan icing di sekitar dinding danh permukaan kue.
  • Jika ingin menghias kue menggunakan icing royal yang berwarna, untuk lapisan pertama usahakan gunakan icing berwarna putih, tunggu mengering lalu kemudian icing berwarna.
  • Hal yang tidak kalah penting, sebelum menghias kue, pastikan kue sudah berada di papan kue dengan ukuran yang lebih lebar atau besar dari kue dasar agar mudah untuk diangkat dan dipindahkan. Memindahkan kue tanpa alas akan membuat hiasan dengan icing berantakan.


Setelah membagikan tips trik dan sedikit langkah-langkah menghias dan menutup kue menggunakan icing, maka kali ini akan dibahas mengenai tahapan dan cara menghias kue menggunakan icing royal.

  1. Dinginkan kue di kulkas selama 1 - 3 jam.
  2. Lalu, letakan kue yang ingin dihias atau ditutup di alas yang lebih besar
  3. Jika suka, tambahkan pewarna atau perasa beberapa tetes atau sesuai keinginan dan selera anda.
  4. Sebarkan icing pada kue, anda bisa menggunakan sendok atau pipping bag. Sebar secara merata.
  5. Jika anda menggunakan pipping bag dan spuit, tempatkan icing dalam pipping bag yang terpasang spuit ke bagian atas kue. Ratakan dan haluskan menggunakan scapper selanjutnya dengan pisau oles dengan cara diputar.
  6. Jangan lupa untuk mendinginkan kue dalam kulkas sebelum disajikan agar icing mengeras dan menempel pada kue tart.
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)
Dengan hanya menutup permukaan kue dengan icing, anda juga bisa mendapatkan tampilan cantik, simpel namun tetap rapi dan menawan. Kuncinya ada di penggunaan pewarna yang berbeda yang dioleskan secara berurutan sebelum dirapikan dan dihaluskan. Teknik ini menghasilkan gradasi warna yang cantik atau biasa disebut ombre. Untuk menghasilkan tampilan seperti itu, anda bisa mengikuti langkah-langkah seperti yang tertera pada gambar yang sudah secara jelas menunjukan cara menghias kue ombre.

Cara Menghias Kue Tart dengan Fondant

Fondant adalah salah satu jenis icing untuk menghias dan menutup kue yang bisa dikreasikan dengan cara digulung dan dibentuk menjadi aneka model dan warna sesuai kreatifitas pendekor. Menghias kue dengan fondant tidak hanya mempercantik kue namun juga memperpanjang masa simpan kue karena kelembapan kue dijaga oleh fondant. Beberapa sebab itulah mengapa fondant sangat disukai untuk menghias kue karena selain mudah dibentuk menjadi aneka jenis patung, lapisan atau angka dan huruf dengan lapisan yang halus tetapi padat juga berisi sehingga cocok untuk kue yang sulit didekorasi menggunakan icing seperti kue dengan buah-buahan.
Anda bisa menutup kue dengan langsung melapisi dengan lembaran fondant ataupun dengan lapisan pertama berupa icing yang berfungsi sebagai "lem", pilihan ada di tangan anda. Untuk langkah-langkah menghias kue dan menutup kue tart menggunakan fondant adalah sebagai berikut
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)

  1. Potong bagian-bagian kue tart yang tidak rata menggunakan pisau bergerigi.
  2. Isi lubang, retakan atau lekukan kue tart dengan icing agar permukaan kue halus dan tidak berlekuk sebelum dilapisi.
  3. Lapisi kue dengan icing, tipis-tipis saja menggunakan scapper atau pisau oles pada seluruh permukaan kue baik bagian atas atau samping.
  4. Bulatkan fondant dan uleni menjadi berbentuk bola. Taburi bola fondant dengan gula icing atau maizena
  5. Gilas fondant hingga rata dan lebarnya cukup untuk satu kue, pipihkan hingga ketebalan fondant sekitar 1/2 centimeter
  6. Pindahkan fondant ke atas kue secara perlahan dan hati-hati.
  7. Setelah fondant melapisi kue, Tekan dengan lembut fondant di seluruh sisi permukaan kue. Dorong fondant ke bawah pada sisi-sisi kue dan pastikan fondant menutupi seluruh permukaan kue.
  8. Potong pinggiran bawah kue yang melebihi alas atau meja putar dengan menggunakan gunting.
  9. Dorong kembali fondant ke bawah pada sisi-sisi kue untuk mencapai papan alas kue atau meja putar lalu haluskan fondant pada bagian sisi-sisi kue berupa tonjolan atau lipatan menggunakan tangan anda atupun menggunakan alat penghalus.
  10. Potong tepi-tepi yang berlebih pada bagian bawah kue menggunakan cutter. 
  11. tusuk dengan jarum bersih agar gelembuk udara tidak terjebak pada kue dan fondant, usap kembali fondant dengan jari untuk menghilangkan bekas tusukan jarum.

Beberapa tips dan trik menghias kue dengan menggunakan fondant agar tampilannya halus, cantik juga menarik yang bisa anda coba terapkan antara lain :

  • Ketika menguleni fondant yang masih berbentuk bola, Jika ada retakan, letakkan bagian yang retak di bagian bawah bola, gilas rata bola pada permukaan yang ditaburi gula icing atau tepung maizena
  • Fungsi dari gula icing atau tepung maizena ketika menguleni fondant adalah mencegah fondant menempel pada alas juga mencegah lengket
  • Untuk memperkirakan Banyaknya fondant dan juga lebar fondant yang diperlukan untuk menutup keseluruhan kue, anda bisa mengukur jarak dari papan alas kue, naik ke atas pada sisi kue, sepanjang bagian atas kue, dan turun ke sisi kue yang satunya lagi, sampai ke tepi papan alas kue pada sisi tersebut. Jangan lupa selalu melebihkan lebar fondant agar bisa ditekuk dan dipotong.
  • Untuk faktor kepraktisan dan efisiensi, usahakan untuk meletakan kue di sebelah fondant yang sudah digilas agar tidak terlalu jauh jarak memindahkan fondant dan juga meminimalisir fondant koyak atau robek.
  • Salah satu cara untuk memindahkan fondant yang sudah digilas rata ke kue adalah dengan menggunakan penggilas adonan. Caranya, Letakkan penggilas adonan di tengah lembaran fondant kemudian balik satu sisi fondant ke penggilas adonan. Angkat penggilas adonan dengan posisi fondant tergantung pada penggilas tersebut dan pindahkan fondant ke atas kue. Buka gulungan fondant dengan hati-hati pada pengilas adonan, turunkan dan letakan di atas kue.
  • Anda juga bisa memotong kelebihan fondant pada kue pada sisi bawah sambil merapikan fondant dengan menggunakan pisau oles. Caranya, Arahkan pisau ke bagian bawah, pegang sisi datar pisau pada kue. Potong bagian bawah kelebihan fondant sambil haluskan permukaan fondant dengan cara ditekan-tekan lembut pada kue.
  • Saat menempelkan fondant sebagai lapisan penutup kue, usahakan kerutan-kerutan pada fondant berada pada bagian bawah di dasar kue.
  • Jika ada lipatan saat melapisi kue dengan fondant, jangan menekan lipatan ke dalam kue hal ini akan menjadikan fondant sulit untuk dihaluskan.

Selain untuk menutup kue, fondant juga bisa untuk membentuk beraneka macam hiasan seperti bentuk bunga, patung, tokoh, tulisan atau angka. Berikut ini adalah beberapa bentuk hiasan yang bisa dibuat dengan menggunakan fondant juga gambar dan tutorial langkah-langkahnya :

Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)

Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)
Tidak hanya diterapkan di kue tart saja tetapi juga cupcake, baca di artikel Resep dan Cara Menghias Cupcake Lembut Enak 

Untuk resep kue ulang tahun unik, sederhana dan enak lainnya dapat dilihat pada artikel

Terima kasih telah berkunjung di Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia