Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

7 Resep Menu MPASI Bayi 7 bulan Homemade

Artikel terkait : 7 Resep Menu MPASI Bayi 7 bulan Homemade


Resep Menu MPASI Bayi 7 bulan Homemade - Perjuangan MPASI homemade sehat masih berlanjut di usia bayi yang menginjak 7 bulan. di usia bayi 7 bulan artinya semakin banyak variasi yang bisa dicicipi oleh anak anda. Penggunaan telur, ayam dan ikan sudah mulai bisa dicoba. Anda juga semakin hapal apa-apa saja yang bisa dan tidak bisa ia makan juga kebiasaan-kebiasaan lain yang mungkin bisa membantunya untuk makan lebih lahap. Di tahapan ini pula sedikit demi sedikit tekstur dan kekentalan ditambahkan menjadi nlebih kental dan padat terus menerus hingga anak terbiasa dengan makanan padat.
Untuk anda yang masih kerepotan atau kebingungan memberi makanan pendamping asi pada bayi 7 bulan karena porsi makan yang dianggap terlalu sedikit seringkali khawatir bayi kekurangan gizi, sehingga memaksa menyuapinya dalam jumlah banyak. Padahal, dengan perutnya yang masih kecil, biasanya anak dibawah usia satu tahun hanya membutuhkan sekitar satu sendok makan penuh untuk satu waktu makan. Seiring pertambahan usianya, porsi makannya akan bertambah pula. Yang bisa kita lakukan adalah dengan berusaha memberi gizi seimbang dari porsi kecil yang bisa dimakan oleh bayi.

Resep Menu Makanan MPASI Bayi 7 bulan Homemade

Alpukat adalah buah yang mengandung lemak alami tak jenuh, asam folat yang baik untuk pertumbuhan bayi. Dipadu dengan pisang yang berkalori tinggi, campuran alpukat dan pisang baik sekali untuk anda yang berkeinginan menaikan berat badan bayi anda. Campuran alpukat dan pisang sebenarnya sudah cukup untuk anda membuat MPASI untuk 2 porsi, belum lagi teksturnya yang mirip. Penambahan buah yang rasanya tidak sama atau mirip memberikan kejutan baru bagi penjelajahan rasa baru untuknya.

Cara Membuat Resep Menu Makanan MPASI Bayi 7 bulan Homemade

Ambil sekitar 25 gram daging alpukat ambil bagian kuningnya saja campurkan dengan Satu buah pisang ambon kecil dan 25 gram daging buah mangga harum manis. Hancurkan menggunakan blender hingga lembut. Segera sajikan.

Resep Menu Makanan MPASI Bayi 7 bulan

Menu ini unik karena menggunakan jahe sebagai perasa sekaligus penambah nafsu makan anak. Resep MPASI ini juga cocok untuk anak yang sedang masuk angin atau tenggorokannya sedang bermasalah. Jahe yang bersifat menghangatkan dan juga timun yang banyak mengandung air sangat baik untuk menghindari anak kekurangan cairan. Berikut ini adalah resepnya

Cara Membuat Resep Menu Makanan MPASI Bayi 7 bulan

Parut jahe yang sudah dikupas kulit arinya, peras dan ambil airnya sebanyak kurang lebih 1/2 sdt. Kukus kurang lebih 1/2 buah mentimun segar yang sudah dicuci dan dibersihkan selama kurang lebih 10 menit. Angkat lalu masukan timun, pisang dan air jahe ke dalam blender kemudian haluskan hingga lembut. Sajikan segera.

Resep Menu Makanan MPASI Bayi 7 bulan

Satu lagi makanan pendamping asi yang tinggi kalori dan sangat membantu untuk meningkatkan berat badan anak anda, atau jika anak anda makan sangat sedikit maka resep ini bisa jadi pilihan karena dengan sedikit saja bisa memberikan asupan kalori yang tinggi yang cukup untuk tenaga anak anda. Untuk anda yang tidak suka menggunakan gula garam dan penyedap tambahan untuk anak bayi anda, anda bisa menambahkan sedikit rempah-rempah yang bisa meningkatkan nafsu makan karena aroma dan rasa dari rempah-rempah tersebut. Gunakan rempah-rempah yang wangi misalnya jahe, serai, daun salam, atau sedikit bubuk kayu manis

Cara Membuat Resep Menu Makanan MPASI Bayi 7 bulan

Ambil satu buah daging pisang kemudian campurkan dengan 25 ml santan kental matang dan sejumput bubuk kayu manis sesuai selera. Haluskan hingga lembut. Sajikan segera.

Resep Menu Makanan MPASI Bayi 7 bulan

Apel dan pir adalah makanan pendamping asi yang baik karena mudah dicerna dan jarang menyebabkan alergi. Juga, tekstur apel dan pir lembut dan banyak mengandung air. Apel dan pir mengandung pektin yang dapat memperlambat jika bayi Anda mengalami mencret. Untuk anda yang tidak suka menggunakan gula garam dan penyedap tambahan untuk anak bayi anda, anda bisa menambahkan sedikit rempah-rempah yang bisa meningkatkan nafsu makan karena aroma dan rasa dari rempah-rempah tersebut. Di resep ini kami menggunakan sedikit kayu manis untuk menambah rasa pada apel dan pir

Cara Membuat Resep Menu Makanan MPASI Bayi 7 bulan

Ambil satu buah daging apel dan pir yang sudah dikupas kulit nya dan dibuang kulitnya. Potong dadu kemudian kukus apel dan pir selama kurang lebih 15 menit atau hingga empuk. Masukan apel, pir dan sejumput bubuk kayu manis lalu hancurkan hingga lembut. Sajikan.

Resep Menu Makanan MPASI Bayi 7 bulan

Di usia 7 bulan, bayi kecil anda bisa mulai diperkenalkan macam-macam lauk seperti ayam, daging dan ikan. Kabar baik karena ikan adalah sumber protein dan kaya akan asam lemak esensial yang sangat penting bagi otak bayi Anda yang dimana pengembangan visual - otak bayi tiga kali lipat daripada orang dewasa pada tahun pertama. Pada resep ini dipilih pendamping salmon adalah ubi sebagai sumber karbohidrat dan tomat yang kaya akan vitamin.

Cara Membuat Resep Menu Makanan MPASI Bayi 7 bulan

Kukus 50 gram daging salmon fillet hingga, 1 buah tomat yang sudah dibuang bijinya dan 50 gram daging ubi manis yang sudah dicuci bersih hingga matang. Haluskan ubi, tomat dan salmon menggunakan blender hingga lembut. Sajikan.

Resep Menu Makanan MPASI Bayi 7 bulan

Perpaduan antara buncis, daging ayam dan alpukat pada resep makanan pendamping asi adalah trio yang sangat sehat dan bisa mencukupi tambahan kebutuhan harian untuk bayi Anda karena selain tinggi kalori terdapat juga sumber protein dan tambahan sayuran. Selain itu, resep ini mudah dicerna oleh anak bayi 7 bulan, dengan rasa halus dan juga jarang menimbulkan reaksi alergi.

Cara Membuat Resep Menu Makanan MPASI Bayi 7 bulan

Ambil tiga buah buncis, 25 gram daging ayam dan 25 gram daging alpukat yang berwarna kuning. kukus potongan buncis dan ayam hingga empuk dan matang. Masukan alpukat, ayam dan potongan-potongan buncis lalu hancurkan hingga lembut. Sajikan.

Resep Menu Makanan MPASI Bayi 7 bulan

Jika bayi anda sudah mulai tidak suka memakan MPASI dengan tekstur encer dan sudah siap dengan tekstur yang cenderung padat maka daging mungkin cocok untuk menjadi bahan tambahan pada resep menu MPASI bayi anda. Bayi memang tidak dianjurkan terus-menerus memakan MPASI dengan tekstur encer untuk melatih kemampuannya mengunyah dan menggigit sesuatu sebelum menelannya. Berikut ini adalah resep MPASI untuk anak 7 bulan dengan bahan tambahan berupa daging

Cara Membuat Resep Menu Makanan MPASI Bayi 7 bulan

Ambil 25 gram daging sapi has cincang dan 1 buah wortel ukuran besar yang sudah dibuang kulit arinya. Kukus potongan wortel dan daging hingga empuk dan matang. Masukan daging cincang dan potongan-potongan wortel lalu hancurkan hingga lembut. Sajikan.

Terima kasih telah berkunjung di 7 Resep Menu MPASI Bayi 7 bulan Homemade

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia