Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade

Artikel terkait : 7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade

7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade - Setelah di artikel sebelumnya Resep Makanan Bayi 6 Bulan Bergizi dijelaskan tentang makanan-makanan apa saja yang sebaiknya diberikan kepada bayi 6 bulan yang baru saja atau pertama kali diberikan MPASI atau makanan pendamping ASI. Sebenarnya, untuk menu makanan MPASI bisa dikreasikan sesuai kebutuhan juga keadaan bayi menggunakan buah0buahan, sayur-sayuran dan serealia (beras-berasan) yang dipadukan dan dicampurkan.
Berikut ini, kulineri.com akan membagikan resep MPASI yang bisa dibuat untuk menu selama seminggu. Untuk menghemat waktu, anda juga bisa membuat langsung dalam jumlah besar lalu pindahkan ke wadah berupa ice pack (tempat membuat batu es yang berbentuk kotak atau bulatan dalam jumlah banyak). lalu masukan frezzer kemudian dipanaskan ketiak ingin digunakan sebanyak yang dibutuhkan sementara sisanya bisa anda masukan frezzer kembali.

7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade

Resep Menu MPASI 6 Bulan Unik

Pengenalan rasa yang bervariasi menjadikan anda lebih memahami apa yang anak anda sukai dan tidak. Selain itu pengenalan berbagai rasa juga dimaksudkan agar anak tidak memilih-milih makanan karena terbiasa dengan rasa yang itu-itu saja. Misalnya, pengenalan sayur bisa juga diakali dengan penambahan sedikit rasa asam dari lemon.

Cara Membuat Resep Menu MPASI 6 Bulan Unik

Haluskan 3 kuntum brokoli tanpa batang dan 3 buah buncis dengan blender, saring. Tuang ke dalam mangkuk. Tambahkan 1/2 sdt lemon atau secukupnya sesuai selera, aduk rata. Sajikan.

7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade

Resep Menu MPASI 6 Bulan Mudah Simpel

Jika anda tidak memiliki banyak waktu dan banyak ruang gerak untuk menyiapkan MPASI yang fresh selalu tanpa proses penghangatan kembali maka anda bisa mencoba resep mudah ini yang hanya terdiri dari dua bahan. selain itu, bahan santan yang dipakai pada resep ini cocok untuk anak bayi yang sedang dalam proses menaikan berat badan karena lemak baik pada santan akan memberikan efek yang baik untuk berat badan anak bayi.

Cara Membuat Resep Menu MPASI 6 Bulan Mudah Simpel

Kukus 1 buah apel yang sudah dikupas dan dipotong dadu. Hancurkan apel yang sudah ditambahkan sekitar 50 ml santan kental dengan menggunakan blender hingga lembut dan tercampur rata. Sajikan segera.

7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade

Resep Menu MPASI 6 Bulan Buah Mangga Pisang

Untuk makanan pendamping asi bayi umur 6 bulan, sebaiknya dimulai dengan aneka buah-buahan yang dihaluskan agar bayi mengenal rasa buah asli tanpa tambahan rasa dari garam atupun gula. Selain itu, bayi biasanya menyukai rasa manis sehingga penggunaan buah untuk MPASI cocok sebagai pengenalan rasa kepada bayi. Bisa juga menambahkan ASI atau susu formula untuk menambah rasa manis pada MPASI. Berikut ini adalah resep MPASI yang dibuat dari buah mangga dan pisang yang kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi 6 bulan, dan tentunya patut dicoba karena mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak waktu untuk mempersiapkannya.

Cara Membuat MPASI bayi 6 bulan buah mangga pisang

Haluskan 50 gram daging mangga manis (sebaiknya jenis harum manis) dan 50 gram pisang (jenis pisang ambon) dengan blender, saring. Tuang ke dalam mangkuk. Tambahkan 100 ml ASI/susu formula atau secukupnya sesuai selera, aduk rata. Sajikan.
Menu ini bisa untuk 2 porsi makan dan cocok untuk bayi umur 6 bulan sampai dengan 9 bulan
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade

Resep Menu MPASI 6 Bulan Buah Sayur Homemade

Selain buah-buahan, perlu juga diperkenalkan sayur-sayuran kepada bayi agar terbiasa dengan rasa sayur ketika dewasa. Untuk pengenalan pertama bisa diperkenalkan wortel karena rasanya yang manis. Tidak lupa gizi dari wortel sendiri yang tinggi vitamin A alami baik untuk pengelihatan si kecil yang tumbuh pesat. Resep ini dikombinasikan dengan kabocha yaitu sejenis labu yang berasal dari jepang, rasa labu kabocha yang manis dan lembut sangat cocok disandingkan dengan wortel untuk menghilangkan rasa sedikit getir dari wortel. Selain penyajiannya yang cepat juga mudah, MPASI homemade ini tentunya baik untuk kebutuhan gizi harian si kecil.

Cara Membuat MPASI 6 Bulan Buah Sayur Homemade

Ambil daging kabocha sebanyak 50 gram, dan wortel yang sudah dikerok kulitnya sebanyak 75 gram. Kukus selam kurang lebih 10 menit kemudian haluskan dengan menggunakan blender. Tambahkan kurang lebih 20 ml air hangat atau secukupnya tergantung selera.
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade

Resep Menu MPASI Bayi 6 Bulan Sehat Praktis

Jika tidak anda kesulitan menemukan kabocha alias labu jepang untuk bahan di MPASI bayi anda, tidak perlu khawatir karena anda bisa menggantinya dengan labu kuning lokal yang bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional atau swalayan. Secara kandungan gizi keduanya baik kabocha atau labu kuning mempunyai tipe kandungan yang hampir mirip berupa karbohidrat, vitamin dan mineral penting untuk pertumbuhan bayi anda. Perbedaan yang mungkin terasa adalah dari segi tekstur dan rasa yaitu kabocha terasa lebih manis dan tidak berserat dari labu kuning lokal. Pada resep ini, akan banyak karbohidrat yang terkandung yang baik bagi asupan tenaga si kecil untuk tumbuh.

Cara Membuat Menu MPASI Bayi 6 Bulan Sehat Praktis

Kupas kulit labu kuning, buang bijinya dan ambil dagingnya sebanyak kurang lebih 40 gram. Kupas kentang, ambil dagingnya sebanyak kurang lebih 10 gram lalu potong dadu. Kukus kentang, jagung yang sudah dibuang kulit arinya dan labu kuning selama kurang lebih 15 menit atau sampai kentang dan jagung matang. Sisihkan labu dan kentang. Pipil jagung sebanyak kurang lebih 75 gram lalu haluskan menggunakan blender, saring lalu ambil air nya. Hancurkan labu dan kentang hingga lembut lalu tambahkan santan jagung lalu aduk hingga rata. Tambahkan asi atau susu formula hingga kekentalan yang diinginkan. Siap disajikan
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade

Resep Menu MPASI Bayi 6 Bulan Pertama

Buah buahan sangat cocok menjadi makanan pendamping asi (MPASI) pertama untuk si kecil karena selain kaya akan kandungan gizi yang dibutuhkan si kecil, buah-buahan cenderung rasanya manis dan merupakan rasa favorit para bayi. Dengan memberikan MPASI Pertama berupa buah diharapkan bayi berumur 6 bulan akan bersedia menelan makanan yang disodorkan kepadanya.

Cara Membuat Menu MPASI Bayi 6 Bulan Pertama

Kupas kulit mangga, pisang dan apel. Buang bijinya dan ambil dagingnya sebanyak kurang lebih 25 gram Mangga, 50 gram dan apel sebanyak 25 gram. Kukus apel selama kurang lebih 15 menit atau sampai empuk. Hancurkan mangga, apel dan pisang dengan blender hingga hingga lembut lalu tambahkan asi atau susu formula hingga kekentalan yang diinginkan. Siap disajikan.
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade

Resep Menu MPASI Bayi 6 Bulan Homemade

Penggunaan melon yang bertekstur berair akan sangat cocok dipadukan dengan tekstur pisang yang cenderung padat. Selain itu, pisang juga menambah rasa manis dari melon yang sering kali dirasa kurang manis. Dipadu dengan kentang sebagi sumber karbohidrat maka resep ini memiliki banyak nutrisi yang terkandung untuk memenuhi asupan harian si kecil

Cara Membuat Menu MPASI Bayi 6 Bulan Homemade

Kupas kulit melon, buang bijinya dan ambil dagingnya sebanyak kurang lebih 40 gram. Kupas kentang, ambil dagingnya sebanyak kurang lebih 20 gram lalu potong dadu. Kukus kentang, dan melon selama kurang lebih 15 menit atau sampai kentang matang dan melon empuk. Hancurkan melon, kentang dan pisang sebanyak 40 gram dengan blender hingga hingga lembut lalu tambahkan asi atau susu formula hingga kekentalan yang diinginkan. Siap disajikan
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade

Resep Menu MPASI Bayi 6 Bulan Buah Sayur Homemade

Sejak dini, pengenalan sayuran penting agar anak terbiasa dan suka dengan rasa sayur-sayuran. Salah satu sayuran yang ramah dengan anak bayi 6 bulan adalah wortel. Dalam resep kali ini, ditambahkan juga ubi ungu sebagai sumber karbohidrat. Selain untuk memenuhi porsi karbohidrat harian, ubi berwarna (bisa berwarna ungu atau merah) bisa untuk menarik perhatian bayi dengan warnanya. Berikut adalah resepnya

Cara Membuat Menu MPASI Bayi 6 Bulan Buah Sayur Homemade

Cuci ubi jalar (ungu, merah atau putih) dengan cara disikat hingga bersih ambil sebanyak 25 gram, potong dadu. Siapkan wortel sebanyak 25 gramdan kupas kulit arinya. Kupas kulit mangga buang bijinya dan ambil dagingnya sebanyak kurang lebih 50 gram. Kukus wortel dan ubi selama kurang lebih 15 menit atau sampai matang dan empuk. Hancurkan ubi, wortel dan mangga dengan blender hingga hingga lembut lalu tambahkan asi atau susu formula hingga kekentalan yang diinginkan. Siap disajikan
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade
7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade

Resep Menu MPASI Bayi 6 Bulan Bubur Sayur

Selain wortel, sayur yang bisa diperkenalkan ke anak bayi 6 bulan adalah brokoli dan juga bayam. Kandungan vitamin juga mineral yang kaya dari ketiga jenis buah-buahan tersebut bisa jadi sumber nutrisi yang baik untuk pertumbuhan otak dan juga perkembangan bayi. Bisa jadi, anak yang tidak suka berbagai macam buah ternyata malah menyukai sayur-sayuran. Resep bubur sayur ini patut dicoba karena cocok untuk anak dengan usia 6 - 8 bulan

Cara Membuat Menu MPASI Bayi 6 Bulan Bubur Sayur

Cuci 3 kuntum brokoli, 1 buah wortel ukuran sedang yang sudah di kupas kulit arinya, 5 lembar daun bayam. Kukus wortel. Setelah setengah matang masukkan brokoli dan bayam. Haluskan semua bahan dengan cara di blender atau disaring. Tambahakan air, asi atau susu formula secukupnya hingga diperoleh kekentalan yang diinginkan. Sajikan segera.

Baca Juga
Resep Makanan Bayi 6 Bulan Bergizi
7 Resep Menu MPASI Bayi 7 bulan Homemade

Artikel Resep Makanan 7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade dibuat oleh Kuliner Indonesia di www.kulineri.com

Terima kasih telah berkunjung di 7 Resep Menu MPASI Pertama Bayi 6 Bulan Homemade

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia