Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Aneka Tips Cara Diet Sehat Alami dan Cepat

Artikel terkait : Aneka Tips Cara Diet Sehat Alami dan Cepat

Aneka Tips Cara Diet Sehat Alami dan Cepat
Aneka Tips Cara Diet Sehat Alami dan Cepat - Diet adalah istilah untuk menyebut suatu upaya mengatur asupan nutrisi bertujuan untuk menurunkan atau menaikan berat badan. Berbagai macam diet telah dikenal seperti Diet Mayo, Diet rendah kalori, Diet rendah lemak, Diet rendah karbohidrat, Diet Detox, Diet golongan darah dan OCD dapat diaplikasikan sesuai kemampuan dan kebutuhan. Artikel kali ini akan membahas terlebih dahulu diet secara umum lalu berbagai macam diet untuk menurunkan berat badan disertai tips yang dapat dipraktekan ketika melakukan diet tersebut secara sehat, alami dan cepat lalu secara khusus akan menampilkan cara, menu makanan, kelebihan dan kekurangan dari macam-macam diet.


Cara Diet Sehat Cepat Alami


Diet yang dianjurkan adalah dengan memperbanyak aktivitas dengan cara berolah raga dan mengurangi porsi makan tetapi tetap menjaga nilai gizi sehingga kalori yang dikeluarkan sama dengan kalori yang masuk. Misalnya seseorang dengan berat badan 70 kg, memiliki besar energi yang diperlukan untuk Kisaran Metabolisme Basal sebesar 1.450 kkal. total energi dari seluruh makanan yang ia konsumsi sebesar 2730 kkal. Energi yang tersisa (165 kkal, dari 2730 kkal - 2565 kkal) akan disimpan dalam tubuh dan salah satu bentuk penumpukan energi tersebut adalah lemak. Penumpukan inilah yang harus dihindari dengan memperbanyak aktifitas sehingga kisaran energi yang ia butuhkan lebih besar daripada yang ia konsumsi atau mengurangi porsi makan sehingga energi yang ia masukan lebih kecil atau sama dengan energi yang ia keluarkan. Secara umum, diet alami, sehat dan cepat dapat dilakukan dengan cara:

  • Konsumsi jumlah kalori yang masuk sama dengan kalori yang akan dikeluarkan
  • Tingkatkan konsumsi makanan nabati seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Batasi asupan lemak terutama lemak trans dan lemak jenuh
  • Batasi asupan gula, garam dan penyedap rasa
  • Perbanyak konsumsi mikronutrien penting seperti vitamin dan mineral tertentu
  • Hindari makanan yang tidak higienis, terkontaminasi bakteri patogen atau mengandung logam berat
  • Kurangi konsumsi karbohidrat dalam bentuk roti tawar,nasi putih, kue-kue, soda dan sejenisnya
  • Tingkatkan konsumsi makanan berprotein tinggi seperti ikan,unggas, kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Gantikan lemak jenuh menjadi lemak sehat yang berasal dari minyak tumbuh-tumbuhan,kacang-kacangan dan minyak ikan
  • Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti biji-bijian, sayuran dan buah buahan
  • Perbanyak minum air putih dan batasi konsumsi susu, kopi, teh dan minuman yang mengandung pemanis buatan
  • Hindari alkohol
  • Konsumsi multivitamin
Ketika diet berhasil ditandai dengan penurunan berat badan ada fase dimana pelaku diet tiba-tiba tidak mengalami penurunan berat badan lagi. Fase ini adalah salah satu fase yang sering dialami oleh para pelaku diet. Hal ini disebabkan karena perubahan kebutuhan kalori di saat berat badan seeorang mengalami penurunan. Karena berat badan seseorang menurun, BMR orang tersebut ikut berubah sehinggal porsi makanan dietnya menjadi tidak tepat lagi. Fase ini dapat diatasi dengan memperbanyak aktivitas atau mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi tetapi dengan tetap menjaga nilai gizi. 

Macam-macam diet sehat alami dan cepat

Diet rendah lemak
diet rendah lemak adalah diet yang membatasi asupan lemak jenuh dan kolestrol sehingga diet ini baik untuk kesehatan jantung. Mengurangi lemak dapat mengurangi kalori dimana lemak menyediakan sembilan kalori per gram sedangkan karbohidrat dan protein masing-masing menyediakan empat kalori per gram, sehingga memilih makanan rendah lemak memungkinkan untuk makan volume yang lebih besar dari makanan untuk jumlah kalori yang sama. Diet rendah lemak memang lebih mudah dilakukan karena konsumsi masih tergolong besar namun penelitian terbaru bahwa diet rendah karbohidrat lebih efektif karena karbohidrat dalam diet juga memiliki pengaruh yang kuat pada tingkat plasma trigliserida dan kolesterol. Untuk Contoh Resep menu makanan dan tips diet rendah lemak dapat dibaca pada artikel Resep menu makanan dan tips diet rendah lemak

Diet rendah karbo
Diet rendah kabohidrat adalah program diet yang membatasi konsumsi karbohidrat seperti nasi, roti, kentang, pasta, makanan yang mengandung gula atau tepung dan sejenisnya. Diet ini cocok untuk penderita diabetes. Diet jenis ini cukup berat untuk masyarakat indonesia yang notabenenya gemar mengkonsumsi nasi dan makanan yang mengandung tepung sebagai makanan pokok sehingga pada awal diet tubuh menjadi lemah dan mudah lelah. Untuk Contoh Resep menu makanan dan tips diet rendah karbo dapat dibaca pada artikel Resep menu makanan dan tips diet rendah karbo.

Diet rendah kalori
Diet rendah kalori adalah program diet yang mengurangi konsumsi kalori pada rata-rata konsumsi kalori pada kebanyakan orang. Diet ini meskipun cepat menurunkan berat badan dan di beberapa penelitian dapat mengeliminasi beberapa penyakit namun termasuk diet yang berat dan dapat menimbulkan anemia, depresi dan malnutrisi. Diet rendah kalori tidak dianjurkan untuk anak-anak, remaja, Ibu hamil dan menyusui dan sebaikmya mendapat pengawasan dokter umtuk mencegah komplikasi. Untuk Contoh Resep menu makanan dan tips diet rendah kalori dapat dibaca pada artikel Resep menu makanan dan tips diet rendah kalori.

Diet Detox
Diet detox adalah program diet untuk membersihkan diri dari racun (detox).  Detoksifikasi biasanya mencakup satu atau lebih dari diet , puasa , mengkonsumsi secara eksklusif atau menghindari makanan tertentu (seperti lemak, karbohidrat, buah-buahan, sayuran, jus, jamu, atau air) dan pembersihan usus. Konsumsi pewarna dan perasa makanan, pengawet dan pestisida di kurangi di diet ini. Untuk Contoh Resep menu makanan dan tips diet detox dapat dibaca pada artikel Resep menu makanan dan tips diet detox.

Diet golongan darah
Diet golongan darah adalah program diet yang berdasarkan golongan darah si pelaku diet. Golongan darah manusia yang terdiri dari golongan darah A, golongan darah AB, golongan darah B DAN golongan darah O. Hasil penelitian terhadap diet ini menghasilkan reaksi berbagai jenis makanan terhadap kondisi tubuh setiap orang dengan golongan darah yang berbeda. Sebenarnya diet golongan darah masih menjadi kontroversi. Karena diet ini belum didasarkan pada suatu penelitian yang diakui oleh dunia kedokteran. Untuk Contoh Resep menu makanan dan tips diet golongan darah dapat dibaca pada artikel Resep menu makanan dan tips diet golongan darah.

Diet Mayo
Diet Mayo adalah program diet yang sedang populer dikembangkan oleh Mayo Clinic. Tujuan utama dari diet Mayo sebenarnya lebih ke gaya hidup daripada diet, mengubah gaya hidup yang sehat dengan cara menyingkirkan kebiasaan makan yang buruk dan menggantinya dengan kebiasan baik. Kebanyakan diet mayo dilakukan selama 14 hari dalam setahun dan diharuskan disiplin dalam menjalankannya.Untuk Contoh Resep menu makanan dan tips diet mayo dapat dibaca pada artikel Resep menu makanan dan tips diet mayo.

Diet OCD
Diet OCD atau Obsessive Corbuzier Diet adalah diet yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier yang berbasis pada teknik Intermittent Fasting digabungkan dengan latihan HIIT (High Intensity Interval Training). Meskipun sebenarnya ini bukan teknik baru, tetapi menjadi sangat populer di Indonesia berkat keberhasilannya mengubah penampilan tubuhnya menjadi berotot dengan kadar lemak yang rendah. Untuk Contoh Resep menu makanan dan tips diet OCD dapat dibaca pada artikel Resep menu makanan dan tips diet OCD.

Lihat Juga Resep Masakan dan Makanan Untuk Diet Lainnya
Resep dan Manfaat Infused Water Untuk Detox
Resep Cara Membuat Salad Sayur Buah Kentang Mayonaise Untuk Diet Sehat

Untuk cara diet yang lainnya dapat dilihat pada artikel

Terima kasih telah berkunjung di Aneka Tips Cara Diet Sehat Alami dan Cepat

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia