Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

3 Resep Oatmeal Diet Enak Sehat Praktis

Artikel terkait : 3 Resep Oatmeal Diet Enak Sehat Praktis

Resep Oatmeal Diet Enak - Ada banyak cara dan jenis diet yang bisa dilakukan dan diterapkan untuk menurunkan berat badan, sekedar detoksifikasi atau ingin mendapatkan manfaat sehat dan juga bugar secara bersamaan. Menu diet pun beragam, ada yang memilih mengganti karbohidrat dengan beras merah, mengganti keseluruhan makanan dengan konsumsi buah dan sayur, atau menghitung jumlah kalori yang masuk dan keluar. Anda bisa mencoba berbagai diet yang sudah banyak terbukti berhasil, beberapa contohnya adalah
Diet rendah karbo
Diet rendah lemak
Diet Rendah kalori
Diet detox
Diet golongan darah
Diet mayo
Diet umum
Diet OCD ala Deddy Corbuzier
Namun perlu diingat bahwa tidak setiap orang cocok dengan diet yang dilakukan orang lain. Cara paling baik untuk diet sebenarnya adalah mengkonsumsi makanan yang sehat, bukan mengurangi asupan secara drastis. Juga sebaiknya olahraga teratur dan disiplin bukan olahraga berat yang memaksakan. Karena jikalau berat badan anda turun drastis ketika memaksakan diri untuk diet tidak sehat, berat badan anda akan kembali bertambah kembali karena tubuh yang "ditekan" untuk mengurangi asupan nutrisi akan membuat sebuah "pertahanan" dimana lemak akan diproduksi besar-besaran untuk menjaga kekurangan. Berbeda dengan diet sehat yang sekaligus membersihkan racun dalam tubuh dengan makanan yang sehat, seimbang. Lemak akan dibakar dan alih-alih menjadi lemak asupan berubah menjadi massa otot.

Resep Oatmeal Diet

Ada lagi cara diet yang mengutamakan konsumsi oatmeal, disebut oatmeal diet. Di Indonesia terknal dengan merek dagang Quacker Oat. Oatmeal mempunyai berbagai macam manfaat kesehatan yang terkandung didalamnya. Maka dari itu, oatmeal sangat disarankan dikonsumsi. Yang membuat diet oatmeal disukai adalah selain rasanya yang enak, mudah didapatkan dan juga mudah dibuat berbagai macam makanan sehat. Selain itu, oatmeal juga penuh dengan berbagai manfaat lain ketika dikonsumsi saat diet yaitu menjaga kadar gula darah, menambah energi dan bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama. Oatmeal mengandung protein, serat, karbohidrat kompleks dan lemak tak jenuh yang baik untuk jantung. Kalori pada oatmeal sendiri adalah sebesar 150 untuk satu cup oatmeal matang tanpa tambahan apapun. Belum lagi, kemampuannya untuk mengikat lemak dan kolestrol jahat yang membuat oatmeal sangat ideal untuk dibuat menu diet.

Jenis Oatmeal Yang Baik Untuk Diet

Tips ketika membuat berbagai resep dari oatmeal untuk diet adalah hindari menggunakan oatmeal yang telah diproses panjang (Quick Oat atau Instant Oat) ditandai dengan tekstur halus dan tipis. Oat jenis ini cocok dijadikan bubur, dan makanan cepat saji yang aman tergolong sehat ketika butuh cemilan malam hari atau sarapan cepat pada pagi hari. Untu orang yang sedang diet dang ingin mengurangi berat badan sebaiknya gunakan oat yang merupakan olahan pertama (Steel-cut oat) atau Old Fashioned Oat dan Rolled oat yang berbentuk pipih dan tidak banyak mengalami proses pengolahan dari gandum utuh. Hal ini dikarenakan, oat yang sedikit mengalami proses pengolahan akan memberikan lebih banyak karbohidrat kompleks yang sangat membantu untuk diet karena tubuh butuh waktu untuk memecah karbohidrat sehingga perut terasa kenyang lebih lama.

Resep Menu Diet Oatmeal

Oatmeal sangat mudah dibuat dan dimasak. Apapun jenis oatnya, anda hanya tinggal menambahkan cairan berupa air atau susu tanpa lemak lalu masak dengan api kecil. Perbedaannya hanya di waktu masak dan jumlah perbandingan cairan dan oat. Untuk quick oat atau instant oat 1 cup oat dicampur dengan 2 cup air atau susu dan dimasak selama 1 menit. Jenis Old Fashioned Oat atau Rolled oat juga dicampur dengan 2 cup air atau susu dan dimasak selama 5 menit. Sementara jenis Steel-cut oat perbandingan air lebih banyak yaitu 1 cup oat dengan 3 cup air/susu dan dimasak selama 25-30 menit atau hingga air terserap habis.
Jika anda tidak suka oat yang berbentuk seperti bubur anda bisa mengolahnya dengan menumbuk atau memblender oat hingga teksturnya menjadi bubuk atau tepung dan diolah menjadi kue kering tergantung selera anda. Berikut ini adalah beberapa resep oatmeal untuk diet yang bisa dicoba.
Resep Oatmeal Diet Enak Sehat Praktis
Resep Oatmeal Diet Enak Sehat Praktis
1. Resep Oatmeal Berry
Bahan-bahan:
300 ml air atau susu almond atau susu kedelai tanpa gula
100 gram oatmeal steel cut
1 sdm madu
1 sdt bubuk kayu manis
2 sdm yoghurt plain
Blueberry dan raspberry secukupnya
Cara membuat: Panaskan air hingga mendidih dan masukan oatmeal, kecilkan api lalu aduk rata hingga air terserap dan adonan mengental. Sisihkan. Campurkan madu,kayumanis dan yoghurt, sisihkan. Potong-potong bluberry dan raspberry. Sajikan oatmeal dengan siraman krim campuran yoghurt dan potongan berry.
Resep Oatmeal Diet Enak Sehat Praktis
Resep Oatmeal Diet Enak Sehat Praktis
2. Resep Oatmeal Almond Banana
300 ml susu almond tanpa gula
100 gram oatmeal steel cut
1 sdm madu
1 buah pisang iris
Almond panggang secukupnya.
Cara membuat : Panaskan air hingga mendidih dan masukan oatmeal, kecilkan api lalu aduk rata hingga air terserap dan adonan mengental. Sisihkan. Sajikan oatmeal dengan siraman madu, potongan pisang dan rajangan almond
Resep Oatmeal Diet Enak Sehat Praktis
Resep Oatmeal Diet Enak Sehat Praktis
3. Resep Oatmeal Orange
300 ml air
100 gram oatmeal steel cut
1 buah jeruk manis kupas kulit
2 sdm air perasan jeruk
kismis secukupnya
1 sdt bubuk kayu manis
Cara membuat : Panaskan air hingga mendidih dan masukan oatmeal, kecilkan api lalu aduk rata hingga air terserap dan adonan mengental. Sisihkan. Sajikan oatmeal dengan air perasan jeruk, potongan buah jeruk dan rajangan kismis dan ditaburi bubuk kayu manis.

Lihat Juga Resep Masakan dan Makanan Untuk Diet Lainnya
Resep Cara Membuat Salad Sayur Buah Kentang Mayonaise Untuk Diet Sehat

Aneka macam Diet yang bisa dicoba :

Terima kasih telah berkunjung di 3 Resep Oatmeal Diet Enak Sehat Praktis

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia