Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

7 Makanan Sehat Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil

Artikel terkait : 7 Makanan Sehat Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil

7 Makanan Sehat Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil
Sumber gambar wetellyouhow . com

7 Makanan Sehat Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil - Ketika anda hamil, anda harus lebih memperhatikan apa - apa saja yang perlu anda konsumsi agar bayi dalam kandungan dapat berkembang dan tumbuh dengan baik dan sempurna. Jika anda benar-benar memprioritaskan makanan sehat untuk anda konsumsi, hal itu bisa menjadikan calon bayi anda cerdas karena perkembangan otak nya baik dari kandungan sebab diberikan asupan gizi yang seimbang dan sehat. Jadi, apa saja makanan sehat yang perlu anda konsumsi agar calon bayi tumbuh sempurna dan calon ibu tetap bugar selama menjalani kehamilan? Berikut ini akan kami bagikan informasi tentang makanan apa saja yang baik dan sehat untuk ibu hamil baik hamil muda ataupun trisemester akhir.

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Beberapa Jenis makanan di bawah ini sangat baik untuk perkembangan janin maupun ibu hamil ketika menjalani kehamilannya baik hamil muda atau di trisemester akhir sehingga sebisa mungkin ibu hamil harus mengkonsumsi nya dalam jumlah yang dianjurkan agar manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh calon ibu dan bayi. Jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikan ke dokter seputar kehamilan anda.

1. Makanan Mengandung Zat Besi

Zat besi penting untuk memproduksi sel darah sehingga mampu mengangkut oksigen terutama ke sel-sel janin yang berkembang dan menghindari berat badan janin rendah, selain itu juga menghindari ibu hamil dari anemia yang merupakan salah satu fakta kematian ibu hamil dan melahirkan.
Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi zat besi sebesar kurang lebih 30 mg per hari. Makanan yang mengandung zat besi adalah bayam, buncis, pok choy, tahu, daging merah tanpa lemak, Kacang mete, Kacang kedelai dan Kacang merah.

2. Makanan Mengandung Asam Folat

Asam folat menghindari resiko janin mengalami cacat lahir dan baik untuk perkembangan sistem syaraf janin. Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi asam folat sebanyak 600 mcg asam folat per hari. Makanan yang mengandung asam folat antara lain bayam, brokoli, buncis, hati, Kacang merah, pepaya, pisang, alpukat dan biji bunga matahari

3. Makanan Mengandung Kalsium

Kalsium berguna untuk pembentukan tulang janin, jika kebutuhan nya tidak di penuh maka janin akan mengambil kalsium dari tulang calon ibu sehingga ibu hamil beresiko mengalami pengeroposan tulang dengan ciri - ciri gusi sering berdarah, pegal dan kram kaki, lesu dan HB rendah.
Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi kalsium sebanyak 950 mg per hari. Makanan yang tinggi kandungan kalsium antara lain adalah susu, ikan teri, ikan dengan tulang lunak, telur, keju, daging Kacang kedelai dan brokoli, Kacang merah, tahu dan masih banyak lagi.

4. Makanan Mengandung DHA

DHA adalah komponen asam lemak pada otak sehingga sangat baik untuk perkembangan otak janin. Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi DHA sebanyak 200-300 mg per hari agar perkembangan otak janin menjadi baik. Sementara itu, makanan yang mengandung tinggi DHA adalah minyak ikan, ikan laut dalam, daging, telur dan susu dengan DHA.

5. Makanan Mengandung Yodium

Kekurangan yodium pada masa kehamilan dapat membuat bayi lahir kemungkinan mengalami masalah kesehatan fisik dan mental. Sementara kelebihan yodium akan menyebabkan masalah pada kelenjar tiroid, sehingga asupan yodium sebisa mungkin haruslah seimbang. Untuk ibu hamil, yodium yang dibutuhkan adalah sebesar 175 mkg perhari yang bisa di dapatkan dari garam beryodium, keju dan ikan laut

6. Makanan Mengandung Vitamin B

Vitamin B yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil adalah vitamin B12 dan vitamin B6. Vitamin B12 berfungsi untuk penyerapan zat besi sehingga terhindar dari anemia dan mencegah kelahiran prematur. Vitamin B12 dapat diperoleh dari ikan laut, daging merah, unggas dan telur dan konsumsi harian yang dibutuhkan ibu hamil sebanyak 125 mikrogram vitamin B12. Sementara vitamin B6 dapat mengurangi rasa mual pagi hari (morning sickness) yang biasa terjadi pada ibu hamil. Vitamin B6 dapat diperoleh dari brokoli, kentang panggang dengan kulit, bayam, daging, dan gandum dan beras (merah atau putih) . Konsumsi vitamin B6 untuk ibu hamil adalah sebesar 2.2 mg perhari.

7. Makanan Mengandung Vitamin C

Vitamin C dapat mencegah bayi lahir prematur dan kaya akan antioksidan. Untuk ibu hamil konsumsi vitamin c perharinya lebih baik sebanyak 75-80 mg per hari karena kelebihan vitamin c melebihi kebutuhan harian tubuh tidak baik untuk fungsi ginjal. Makanan yang mengandung vitamin c adalah kelengkeng, jambu biji, brokoli, kembang kol, tomat, cabai dan jeruk.

Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Selanjutnya, kami akan memberikan tips dan Contoh menu makanan yang bisa ibu hamil terapkan untuk konsumsi sehari-hari dimana kandungan gizi yang diperlukan untuk ibu hamil bisa tercukupi. Berikut adalah contoh menu makanan untuk ibu hamil

Menu Makanan 1
Makan pagi : 2 lembar roti tawar dengan 1 telur dadar, 1 buah tomat iris, selada dan 1 lembar keju Dan susu
Camilan : 1 buah pisang dan segenggam kacang edamame
Makan siang : 1 mangkuk sayur bayam dan tomat. Nasi merah, ikan teri sambal dan tahu
Camilan : segenggam kacang kedelai
Makan malam : nasi putih, daging sapi lada hitam dengan paprika, capcay dengan pok choy, kembang kol, wortel dan brokoli.

Menu Makanan 2
Makan pagi : semangkuk bubur kacang hijau
Camilan : semangkuk pepaya dan segenggam kacang merah
Makan siang : nasi putih, sarden, buncis, brokoli dan jamur tiram
Camilan: biji bunga matahari (kuaci) dan jamu biji
Makan malam : nasi merah, hati dan daging ayam, sayur sop, tempe

Menu Makanan 3
Makan pagi : smoothies alpukat dan roti gandum selai coklat
Camilan : segenggam kacang mete
Makan siang : nasi putih, gado-gado, telur ayam rebus, tempe
Camilan : air kelapa muda serta daging kelapa muda
Makan malam : nasi merah, ikan salmon, tumis brokoli, jagung, kacang merah, tahu

Anda bisa mengganti menu makanan atau mengganti cara memasak namun tetap dengan komposisi yang sama sesuai selera anda. Yang harus tetap diperhatikan adalah kandungan gizi terutama yang baik untuk ibu hamil dan janin selalu terjaga dan kebersihannya diutamakan agar tidak terkontaminasi bakteri yang membahayakan ibu hamil dan janin.

Baca Juga Artikel :
Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil Muda
Buah Yang Baik dan Sehat Sesuai Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Muda
Tips Ibu Hamil Boleh Konsumsi Mie Instan
6 Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet, Ibu Hamil dan Anak-Anak
Manfaat yoghurt untuk kesehatan wanita dan Ibu hamil juga diet
Manfaat air kelapa untuk kesehatan dan ibu hamil

Artikel 7 Makanan Sehat Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil ini dibuat oleh Kuliner Indonesia di www.kulineri.com

Terima kasih telah berkunjung di 7 Makanan Sehat Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Kuliner Indonesia

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia