Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

6 Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet, Ibu Hamil dan Anak-Anak

Artikel terkait : 6 Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet, Ibu Hamil dan Anak-Anak


6 Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet, Ibu Hamil dan Anak-Anak
6 Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet, Ibu Hamil dan Anak-Anak

6 Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet, Ibu Hamil dan Anak-Anak - Bagi anda yang sedang berencana akan melakukan diet untuk menurunkan berat badan ataupun ingin menjalani pola makan yang sehat pasti terpikir untuk mengganti nasi yang konon katanya tidak baik untuk diet menurunkan berat badan dan tidak baik untuk Kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering.
Hal yang perlu di lurus kan pertama-tama adalah Anda tidak akan menjadi gendut ataupun kegemukan dengan mengonsumsi nasi, apabila porsinya tidak berlebihan dan secukupnya. Nasi adalah Sumber karbohidrat yang akan memberi Anda tenaga untuk menjalankan aktifitas harian, juga selain itu nasi mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh seperti magnesium, zat besi, serat, protein dan niacin. Jadi hal yang salah jika anda menghilangkan karbohidrat pada sajian harian anda, yang benar adalah mengganti nasi putih yang mempunyai indeks glikemik lebih tinggi ke jenis makanan pokok lainnya yang masih mengandung karbohidrat kompleks juga berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh.
Terkadang, konsumsi nasi putih juga kemungkinan berganti seperti pada ibu hamil yang mual dengan "bau dan rasa" nasi putih atau anak-anak yang tidak terlalu suka dengan nasi. Kedua kasus tersebut fokus utama tidak pada diet menurunkan berat badan namun lebih kepada penggantian sumber karbohidrat yang biasa didapat dari nasi.
Jadi, apa saja yang bisa dikonsumsi selain nasi putih untuk mengganti kebutuhan karbohidrat? Berikut ini kulineri.com akan merangkumnya untuk anda.

Oatmeal

Oat atau haver adalah serelia yang dibuat dari buliran gandum yang diolah dengan beberapa tahap sehingga menghasilkan berbagai jenis oat seperti steel-cut oats, rolled oats, old fashioned oats, quick oats atau instant oat. Semakin sedikit pengolahan gandum menjadi oatmeal maka semakin kasar pula tekstur oat tersebut yang artinya semakin besar kandungan serat yang terdapat pada oats dengan sedikit pengolahan.

Oatmeal untuk Makanan Diet dan Pengganti Nasi

Oat memiliki banyak serat dan karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh sehingga selain bagus untuk diet karena membuat anda kenyang lebih lama dan memberikan anda energi yang cukup untuk beraktifitas oat juga baik untuk pencernaan. Untuk anak-anak dan ibu hamil oat sangat baik sebagai pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat.
Oat selain baik untuk diet menurunkan berat badan ternyata baik juga untuk kesehatan karena sudah terbukti mengandung antioksidan dan dapat menyerap kolesterol jahat yang merupakan sumber penyakit seperti jantung dan stroke. Oat juga kaya akan nutrisi-nutrisi baik yang diperlukan oleh tubuh seperti asam folat dan omega 3. Rata-rata orang yang terbiasa mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok sehari - hari malas dan enggan mengkonsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi karena ketika sudah dimasak oat bertekstur kental seperti lem selain itu juga rasa nya yang tawar dan terkadang tidak menganjal rasa lapar pada waktu yang lama. Bisa jadi, hal tersebut terjadi karena kesalahan proses pemasakan dan penyajian, berikutnya ini ada beberapa tips untuk mempersiapkan oat antara lain:

- Agar oat terasa lebih gurih dan enak, anda bisa menambahkan sedikit garam dan diaduk sebelum tambahan lain seperti topping buah, susu atau sesuai kreatifitas anda.
- Agar oat lebih mengenyangkan dan bisa untuk menahan lapar hingga waktu makan berikutnya tanpa harus khawatir membuat anda gemuk, maka anda bisa menambahkan susu tanpa campuran gula seperti susu tanpa lemak, susu kedelai, yogurt tanpa lemak atau susu almond. Selain menambah rasa agar anda lebih bersemangat untuk mengkonsumsinya, susu sebagai sumber protein dapat mengenyangkan dalam waktu lama dibanding oat yang hanya dicampur dengan air.
- Jika anda menginginkan tekstur yang lebih creamy, maka masukin oat ke dalam air yang sudah mendidih sambil terus diaduk dan dipanaskan.
- Jika anda tidak suka oat yang lembur maka bisa coba overnight oat yang tanpa dimasak yaitu oat dimasukan ke dalam air dengan perbandingan 1:1,tutup kemudian masukan ke dalam kulkas lalu diamkan selama 3-6 jam tergantung selera anda.
- Oat tidak hanya bisa dimakan begitu saja dengan buah atau susu, anda bisa membuat banyak kreatifitas makanan dan cemilan dari oat, misalnya brownies oat, cracker oat dan banyak lainnya.

Anda bisa melihat beberapa resep makanan oatmeal di artikel  3 Resep Oatmeal Diet Enak Sehat Praktis

Beras Merah untuk Diet Menurunkan Berat Badan dan Diabetes

Jika anda belum sanggup mengganti nasi atau beras sebagai makanan pokok, maka anda bisa mengganti jenis beras putih yang biasa anda konsumsi menjadi beras merah. Beras merah ini bisa dijadikan sumber karbohidrat lain selain nasi putih untuk ibu hamil dan anak-anak.
Beras merah lebih banyak mengandung serat dan mempunyai indeks glikemik yang lebih rendah (sekitar 50an) dari indeks glikemik beras putih (sekitar 80an) sehingga lebih unggul dari beras putih untuk makanan diet terutama penderita diabetes yang harus di jaga kadar gula darahnya. Selain itu, beras merah lebih lama dicerna di lambung karena seratnya enam kali lebih banyak dari beras putih sehingga anda merasa kenyang lebih lama dan tidak perlu menambah asupan karbohidrat terus-menerus yang menyebabkan kegemukan karena porsi yang berlebih. Beras merah juga kaya akan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh anda seperti zat besi dan protein.
Sayangnya, untuk pecinta nasi putih konsumsi beras merah tidak mudah untuk di sukai karena rasanya yang hambar yang diakibatkan kadar gula nya yang lebih rendah selain itu juga teksturnya yang keras dan kasar karena kulit ari yang masih menempel pada beras merah justru adalah Sumber serat yang baik. Maka dari itu, beberapa tips Berikut ini kulineri.com rangkum agar beras merah tetap enak, anatar lain:

- Rendam beras merah selama 30 menit sebelum dimasak.
- Cara paling baik agar mendapat Tekstur yang tidak terlalu keras adalah memasak beras merah dengan cara ditanak, namun jika ingin menggunakan magic com juga tidak apa.
- Takaran air harus pas, biasanya 1:2 beras dan air (misal 1 gelas beras dengan 2 gelas air) agar nasi tidak terlalu lembek atau keras.
- Jika tidak sempat untuk merendam beras, tambahkan waktu masak.
- Tambahkan daun salam, daun jeruk atau serai agar beras merah menjadi wangi dan beraroma dimana hal tersebut bisa membantu kita untuk senang mengkonsumsi beras merah.
- Bisa juga tambahkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan kemiri yang dihaluskan dan dicampur sedikit minyak wijen ketika akan dimasak agar nasi merah lebih berasa gurih.

6 Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet, Ibu Hamil dan Anak-Anak
6 Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet, Ibu Hamil dan Anak-Anak

Kentang Untuk Diet

Kentang pada dasarnya tergolong tinggi kalori dan salah satu jenis makanan yang  sering dihindari oleh penderita diabetes karena dapat memicu naiknya insulin dan juga gula darah. Jika anda seorang ibu hamil atau mempunyai anak-anak yang tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi nasi, kentang bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat lain pengganti nasi.
Meski kalori nya tinggi, kentang juga memiliki kandungan serat yang tinggi (jika kentang dikonsumsi dengan kulit nya) membuat kentang masih cukup aman jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu untuk pelaku diet untuk menurunkan berat badan. Kentang adalah umbi yang kaya akan pati resistance yaitu adalah jenis karbohidrat baik yang tidak bisa dicerna untuk membantu mengatur kadar gula darah sekaligus memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama sehingga keinginan untuk konsumsi karbohidrat bisa ditekan. Selain itu, kentang adalah sumber yang baik untuk kalsium dan vitamin C.
Untuk para penggemar konsumsi nasi putih biasanya lebih akrab dan nyaman dengan rasa kentang karena sering dijadikan lauk seperti perkedel atau kentang balado. Perlu diingat bahwa kalori kentang masih cukup tinggi sehingga sebisa mungkin hindari olahan kentang dengan cara digoreng untuk lebih menekan kalori tambahan yang masuk berupa minyak. Anda bisa membuat salad kentang atau kentang kukus. Bisa juga kentang didinginkan sebelum Anda mengolahnya. Proses pendinginan akan mengkristalisasi kentang mejadi pati resisten guna menghasilkan butirat (senyawa kimia pembakar lemak) dan menunda waktu pemecahan pati dalam usus.

Anda bisa melihat beberapa resep makanan sehat untuk diet dengan kentang pada artikel
Resep Cara Membuat Salad Sayur Buah Kentang Mayonaise Untuk Diet Sehat


Jagung Untuk Makanan Diet

Jagung adalah sumber karbohidrat berkualitas tinggi dengan indeks glikemik atau kandungan gula yang rendah. Jagung aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena termasuk makanan rendah gula tetapi tinggi serat. Dengan kualitas nya seperti ini, jagung cocok untuk anda yang ingin mengganti makanan pokok nasi putih dengan jagung.
Nutrisi lain yang terkandung dalam jagung untuk kesehatan beberapa diantaranya adalah kalium yang berguna mengontrol tekanan darah, lutein dan zeaxanthin, dua zat kimia yang menyehatkan tubuh dan zat anti oksidan yang bisa membantu Anda mencegah kanker dan penyakit jantung. Pastikan anda selalu merasakan jagung hingga matang karena zat antioksidan dalam jagung justru akan meningkat saat Anda memasaknya. Meski pun begitu, hindari mengolah dan memasaknya dengan cara dibakar karena arang hitam atau jelaga yang terbentuk dari hasil pembakaran jagung malah dapat menambahkan resiko kanker dan penyakit jantung.
Tips kami, pilih lah jagung yang masih segar , caranya adalah coba perhatikan rambut jagungnya. Jangan memilih jagung dengan rambut yang kering dan daun penutup yang berlubang-lubang. Sebaiknya Pilih jagung dengan biji yang terlihat mengandung air dimana menandakan kesegaran jagung tersebut. Tidak masalah warna jagung terlihat kuning pucat, cerah atau kemerahan karena yang tergantung adalah kesegaran jagung tersebut.

Anda bisa melihat beberapa resep makanan sehat untuk diet dengan jagung pada artikel

Ubi Jalar Makanan Diet Pengganti Nasi

Jika anda mencari pengganti nasi sebagai Sumber karbohidrat harian dengan harga yang murah tetapi dengan banyak manfaat dan khasiat, maka coba lah ubi jalar sebagai pengganti nasi. Ubi jalar khususnya ubi ungu, memiliki kandungan gizi berupa vitamin ( vitamin A dan C) , mineral (mangan dan kalium), serat, dan antioksidan yang tinggi. Kandungan betakaroten dalam ubi jalar juga sangat baik untuk kesehatan mata dan pemeliharaan Kesehatan pada umum nya. Serat yang tinggi pada ubi jalar baik untuk diet karena dapat berguna untuk kesehatan pencernaan dan membuat kita cepat kenyang juga tidak mudah lapar kembali. Setelah mengonsumsi ubi, kita bisa lebih mengendalikan nafsu makan karena kenyang lebih lama karena ternyata induk glikemik ubi jalar (Glycemic Index) tergolong lebih rendah dari nasi. Artinya saat kita mengonsumsi makanan ini, kadar gula darah kita tak langsung melonjak tinggi yang membuat kita mudah sekali lapar dan merangsang pikiran dan tubuh agar lebih banyak lagi mengkonsumsi gula baik dalam bentuk karbohidrat ataupun makanan manis. Dengan kadar gula darah yang bisa terjaga dengan baik, kita bisa terhindar dari risiko kegemukan juga penyakit diabetes.
Ngomong-ngomong tentang penyakit diabetes, Ubi jalan diketahui bisa meningkatkan hormon adiponectin yang diproduksi oleh sel-sel lemak di dalam tubuh. Saat kadar hormon ini meningkat, resistensi insulin meningkat dan baik untuk para penderita diabetes tipe 2. Kandungan lainnya yang disebut caiapo yang ditemukan di ubi jalar putih juga dipercaya bisa mengatasi penyakit diabetes tipe 2.
Asik nya lagi, selain banyak manfaat, ubi jalan bisa diolah dengan berbagai macam cara seperti dikukus, di rebus, dibakar atau digoreng. Jadi, anda bisa banyak berkreasi membuat makanan sehat dengan bahan baku ubi.

Kedelai Makanan Diet Untuk Menurunkan Berat Badan

Pasti anda sudah sangat kenal dengan kedelai kan? Ya, kedelai di Indonesia sering sekali dibuat menjadi tempe, tahu atau susu yang sering dan mudah ditemui di Indonesia.
Untuk sebagian orang, mengganti nasi dengan kedelai lebih mudah karena kedelai dalam bentuk olahan seperti tahu dan tempe memang sudah akrab di lidah. Serunya lagi, sekarang banyak olahan tempe dan tahu yang enak namun sehat dan ampun untuk diet menurunkan berat badan, salah satu nya adalah steak tempe panggang yang lengkap dengan potongan-potongan sayur segar.
Kita bahas tentang kedelai dulu yuk, Kedelai merupakan sumber karbohidrat yang rendah kandungan lemak dan tinggi kandungan protein nabati sehingga cocok sekali untuk pengganti nasi sebagai Sumber karbohidrat terutama untuk diet menurunkan berat badan. Bahkan, kandungan kedelai yang kaya akan zat-zat bermanfaat seperti zat besi, kalsium, vitamin A, B, B1 , B2, dan B12 yang berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah. Kandungan lesitin pada kedelai, yang mengandung lemak tak jenuh linoleat, oleat dan arakhidonat yang berfungsi sebagai lipotropikum yaitu zat yang mencegah penumpukan lemak berlebihan dalam tubuh sedangkan kandungan serat kedelai yang sangat tinggi dapat membantu merangsang metabolisme dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Zat lain yang terkandung dalam kedelai adalah genistein, daidzein, dan glycitein yang termasuk isoflavon yaitu senyawa fitoestrogen yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker atau tumor.
Beberapa khasiat kedelai sehingga kedelai mampu dan bahkan lebih baik sebagai pengganti nasi sebagai Sumber karbohidrat terutama untuk pelaku diet adalah :

- Memperbaiki toleransi terhadap glukosa dan respon insulin pada penderita hiperlipidemia dan diabetes
- Meningkatkan volume tinja, sehingga mempercepat waktu transit makanan (waktu yang diperlukan sejak dimakan sampai dikeluarkan berupa tinja) sehingga makanan tidak menumpuk dalam perut.
- Menurunkan kolesterol

Ingat, tidak semua karbohidrat itu buruk, karbohidrat tetap diperlukan untuk sumber tenaga untuk aktifitas sehari-hari. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti pada contoh-contoh yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Artikel tentang diet lainnya
Menu Makanan Untuk Diet Menurunkan Berat Badan (Rendah Kalori dan Tanpa Nasi Putih)
11 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Diet dan Pantangan Diet

Artikel Tentang Ibu Hamil
 7 Makanan Sehat Yang Baik dan Bagus Untuk Ibu Hamil
Manfaat yoghurt untuk kesehatan wanita dan Ibu hamil juga diet
Manfaat air kelapa untuk kesehatan dan ibu hamil

Artikel 6 Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet, Ibu Hamil dan Anak-Anak ini dibuat oleh Kuliner Indonesia di www.kulineri.com

Terima kasih telah berkunjung di 6 Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet, Ibu Hamil dan Anak-Anak

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Kuliner Indonesia

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia