Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Tips Ibu Hamil Boleh Konsumsi Mie Instan

Artikel terkait : Tips Ibu Hamil Boleh Konsumsi Mie Instan

Tips Ibu Hamil Boleh Konsumsi Mie InstanTips Ibu Hamil Boleh Konsumsi Mie Instan - Mie Instan adalah makanan 'darurat' yang terkenal luas di Indonesia. Bahkan, terkadang konsumsi mie instan tidak hanya saat darurat saja tetapi juga karena dorongan keinginan untuk mengkonsumsi makanan tersebut karena aroma dan rasanya yang menggiurkan, terlebih saat perut benar-benar lapar dan membutuhkan makanan cepat saji yang murah meriah. Ibu hamil baik ibu hamil muda, pertengahan semester kehamilan atupun trisemster ketiga membutuhkan asupan gizi ekstra, yang bukan berarti konsumsi makanan sehari-hari dijadikan dua porsi namun asupan gizi diharapkan lebih tinggi dari yang biasa dikonsumsi. Masalahnya, Mie instan meskipun mengenyangkan dan rasanya lezat namun tidak dianjurkan dikonsumsi terlalu banyak untuk ibu hamil. Apakah alasannya dan bagaimana mengatasi keinginan untuk mengkonsumsi mie instan? Kita akan membahasnya disini.

Mie Instan untuk ibu hamil

Mie Instan merupakan makanan yang sedap baik aroma dan rasanya dan juga harganya yang murah seringkali menjadi penyelamat ketika perut kosong dan butuh asupan makanan secepatnya. Namun, mie instan bukanlah makanan yang seimbang untuk ibu hamil karena tinggi karbohidrat, garam dan MSG (penyedap rasa). Karbohidrat meskipun baik untuk pembentukan energi namun berbahaya bagi penderita diabetes dan jika karbohidrat yang tersimpan tidak diubah menjadi energi dan disimpan menjadi cadangan energi yang dapat menyebabkan kegemukan. Konsumsi garam untuk ibu hamil sebaiknya diawasi karena kelebihan garam akan menyebabkan hipertensi untuk ibu atupun janin yang dikandungnya, garam juga mengikat air sehingga dapat juga menyebabkan kegemukan. Sedangkan MSG atau penyedap rasa merupakan bahan kimia yang harusnya dihindari oleh ibu hamil agar janin terhindar dari pengaruh buruk bahan-bahan kimia.
Meskipun mie instan dalam kemasan menambahkan beberapa vitamin dalam produknya, konsumsi mie instan tetap tidak mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin. Sehingga konsumsi mie instan lebih baik diganti dengan konsumsi makanan yang lebih bergizi

Tips Makan Mie Instan Untuk Ibu Hamil

Lalu bagaimana jika adanya keinginan kuat untuk mengkonsumsi mie instan pada ibu hamil ataupun karena keadaan yang memaksa ibu hamil untuk mengkonsumsi mie instan? Sebenarnya mie instan tetap boleh dikonsumsi namun dengan kandungan gizi seimbang yang ditambahkan sendiri oleh ibu hamil sehingga konsumsi mie instan tetap menyehatkan. Beberapa tips berikut ini dapat dicoba ketika mengkonsumsi mie instan utnuk ibu hamil :
  • Jangan gunakan bumbu yang terdapat pada mie instan, buat sendiri bumbu yang ibu hamil bisa racik atau bisa juga dengan menggunakan setengah saja bumbu yang ada. Bumbu pada mie instan tinggi akan MSG, garam dan pengawet yang sebaiknya ibu hamil hindari
  • tambahkan sayur-sayuran hijau rebus yang akan menambahkan gizi berupa serat dan vitamin pada konsumsi mie instan ibu hamil.
  • tambahkan juga potongan daging ayam, telur rebus, udang atau potongan daging yang merupakan sumber protein. Konsumsi mie instan polos tanpa tambahan apapun sangat disayangkan karena asupan gizi ibu hamil harus lebih besar dari kebanyakan orang.
demikian adalah tips dan fakta tentang konsumsi mie instan pada ibu hamil, untuk info lainnya tentang kehamilan dapat dikunjungi pada artikel :

Terima kasih telah berkunjung di Tips Ibu Hamil Boleh Konsumsi Mie Instan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia