Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Tips dan Trik Membuat Sendiri Bahan Kue

Artikel terkait : Tips dan Trik Membuat Sendiri Bahan Kue

Tips dan Trik Membuat Sendiri Bahan Kue
Tips dan Trik Membuat Sendiri Bahan Kue
Tips dan Trik Membuat Sendiri Bahan Kue - Sahabat kulineri ketika sedang membuat kue, terkadang ada salah satu bahan yang susah untuk didapat atau sedang tidak memungkinkan untuk keluar rumah membeli bahan tersebut. Beberapa bahan bisa diakali dengan membuat sendiri dari bahan yang kemungkinan ada di rumah, istilahnya adalah subtitusi. Namun, jangan harapkan mendapatkan tekstur yang sama persis dengan yang dijual yang dipasaran ya. Subtitusi ini hanya untuk keadaan darurat ketika tidak ada nya ketersediaan bahan. Berikut adalah Resep membuat sendiri bahan - bahan kue

Cara Membuat Sendiri Mascarpone


Mascarpone adalah bahan utama untuk Tiramisu yang terbuat dari krim segar yang didenaturisasi oleh asam tartrat sehingga rasanya agak asam. Rasa asam ini bisa kita akali dengan penambahan asam sitrat (Citrun) atau perasan air lemon. Kalau kebetulan tidak ada di rumah ataupun tidak tersedia dimanapun, kita bisa membuat sendiri Mascarpone dengan cara :

- Tuang sebanyak 125 mL krim kental (Heavy Whipping Cream) ke dalam mangkuk tahan panas lalu di tim ke dalam panci berisi air, pastikan tinggi air merendam mangkok sejajar dengan krim.
- Panaskan hingga hampir mendidih sekitar 190 derajat, aduk rata lalu masukan 1 sdt air perasan lemon, aduk terus hingga krim mengental. Angkat.
- Dinginkan pada suhu ruang kemudian saring menggunakan saringan halus. Masukan ke kulkas dan endapkan agar air turun. Krim ini kira - kira menghasilkan volume sekitar 60 mL


Cara Membuat Sendiri Icing Sugar / Glasur

Icing Sugar adalah salah satu jenis gula yang berbentuk tepung, sangat halus dan tidak menggumpal sehingga cocok untuk dipakai mendekorasi cake. Kalau kebetulan tidak ada di rumah ataupun tidak tersedia dimanapun, kita bisa membuat sendiri Icing Sugar atau glasur dengan cara :

- kocok 1 buah putih telur hingga mengembang dan kaku lalu masukan 175 gram gula halus dan tambahkan 1 sdt air jeruk nipis, aduk rata.

Cara Membuat Sendiri Krim Keju atau Chesse Cream

Chesse cream atau krim keju banyak digunakan untuk membuat aneka cake agar tekstur cake yang padat diselaraskan dengan lembutnya chesse cream atau krim keju. Bisa juga untuk memperkuat rasa keju yang ingin ditonjolkan pada kue. Krim ini juga salah satu bahan yang digunakan untuk membuat chessecake tanpa oven. Kalau kebetulan tidak ada di rumah ataupun tidak tersedia dimanapun, kita bisa membuat sendiri Chesse Cream atau Krim Keju dengan cara :

- 50 ml susu dicampur dengan 75 gram keju cheddar yang sudah diparut halus lalu dimasak dengan api kecil sampai keju larut dan adonan mengental. Krim ini kira - kira menghasilkan berat sekitar 100 gram

Contoh Resep yang Menggunakan Bahan bahan ini :
- Resep Kue Ulang Tahun Anak
- Cara Menghias Kue Ulang Tahun
- Resep Donat JCo dan Cara membuat Isian juga Toppingnya
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun dengan Butter Cream dan Spuit 
Cara Menghias Kue Tart Ulang Tahun Menggunakan Icing dan Fondant (Dekorasi Cake)




Artikel Tips dan Trik Membuat Sendiri Bahan Kue ini ditulis oleh Kuliner Indonesia di www.kulineri.com


Terima kasih telah berkunjung di Tips dan Trik Membuat Sendiri Bahan Kue

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia