Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Kuliner Tengkleng Solo Iga Kambing di Bogor

Artikel terkait : Kuliner Tengkleng Solo Iga Kambing di Bogor

Kuliner Tengkleng Solo Iga Kambing di Bogor - Tengkleng ini adalah kuliner khas solo dalam ejaan bahasa jawa yaitu thengkleng berupa masakan sejenis sup dengan bahan utama daging, jeroan atau tulang kambing. Tengkleng itu sendiri hampir mirip dengan gule kambing, tapi dengan kuah cukup encer.

Kuliner Tengkleng Iga di Citeureup


Kuliner tengkleng iga kambing khas solo saya kali ini berada di seberang jalan raya mayor oking km 2.2, depan PT Aski dekat dengan agen bus MGI Citeureup. Seringnya saya mendengar dari istri, bahwa ada kuliner dengan nama unik yaitu "tengkleng" terbuat dari olahan daging kambing. Karena biasanya saya mendengar istilah tengleng itu yah berhubungan dengan penyakit pada bagian kepala, tapi ko ini jadi nama masakan ya? setelah saya telusuri namanya, ternyata ada perbedaan konsonan kata antara "Tengkleng" dan "Tengleng, hanya beda "K" saja.

Masakan Solo Tengkleng ini baru pertama kali saya cicipi, karena biasanya saya memesan menu favorite yaitu tongseng kambing. Pertama saya melihat tak bedanya dengan tongseng kambing solo, dengan kuah gulai kambing. Tapi ada perbedaannya antara tongseng kambing dengan Tengkleng dari segi kuah, tongseng kambing biasanya cukup manis karena dominan terdapat kecap akan tetapi Tengkleng iga kambing minim kecap. Hal inilah yang membuat tengkleng cukup asin karena kaldunya kaya akan rempah untuk menghilangkan bau amis pada kambing. 

Perbedaan Tengkleng Kambing dan Tongseng Kambing


Kamu pecinta kuliner olahan kambing ? atau tidak bermasalah dengan makanan beraroma kuat ?Tengkleng iga kambing cocok buat kamu. Perbedaan jelas sekali ketika membandingkannya dengan tongseng kambing yaitu:
  • Pada daging Tengkleng kambing solo tidak dipotong dadu (kecil), sedangkan tongseng kambing solo dipotong dadu (kecil)
  • Pada daging Tengkleng kambing solo biasanya dibagian tertentu pada kambing yaitu tulang iga kambing muda karena dagingnya lebih kenyal, sedangkan tongseng kambing biasanya tidak harus dari bagian tertentu
  • Tengkleng iga kambing lebih tercium khas bau daging kambingnya ketimbang tongsen kambing
  • Bumbu tengkleng lebih kuat rasanya ketimbang tongseng
  • Tengkleng iga kambing dasarnya pedas, sedangkan tongseng kambing tidak.
Untuk menetralkan rasa asin pada masakan khas solo ini, saya menambahkan kecap manis pada kuahnya. Uniknya resep tradisional dari masakan jawa tersebut cukup diminati, hal ini seiring bertambahnya jajanan sate khas solo ataupun rumah makan khas solo di Indonesia. Ragam kuliner Indonesia memang tetap membanggakan.

Sekian dari artikel Kuliner Tengkleng Solo Iga Kambing di Bogor, tulisan ini dibuat oleh Kuliner Indonesia di www.kulineri.com

Terima kasih telah berkunjung di Kuliner Tengkleng Solo Iga Kambing di Bogor

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia