Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

11 Makanan Untuk Sakit Maag, Yang boleh dikonsumsi dan Tidak (Pantangan)

Artikel terkait : 11 Makanan Untuk Sakit Maag, Yang boleh dikonsumsi dan Tidak (Pantangan)

11 Makanan Untuk Sakit Maag, Yang boleh dikonsumsi dan Tidak (Pantangan)
11 Makanan Untuk Sakit Maag, Yang boleh dikonsumsi dan Tidak (Pantangan)
11 Makanan Untuk Sakit Maag, Yang boleh dikonsumsi dan Tidak (Pantangan) - Sebagian besar orang Indonesia familiar dengan penyakit maag karena umum terjadi pada banyak orang dewasa dan remaja. Ciri khas sakit maag yang mudah dikenali adalah perasaan tidak nyaman pada bagian perut dan ulu hati baik berupa rasa nyeri, begah/penuh Atau rasa terbakar yang terkadang disertai mual atau muntah. 
Sakit Maag sendiri merupakan penyakit yang kadang kala kambuh di saat tertentu, misalnya ketika terlalu lelah, stress, pola makan tidak teratur, makan terlalu cepat atau salah mengkonsumsi jenis makanan.
Penderita sakit maag dianjurkan untuk pandai memilih makanan-makanan apa saja yang bisa atau tidak di konsumsi karena untuk beberapa jenis makanan sangat beresiko mengakibatkan sakit maag kambuh dan sebagai pencet awal terjadinya sakit maag. Berikut ini kulineri.com akan membagikan informasi tentang makanan-makanan apa saja yang seharusnya dikurangi dan sebisa mungkin Dihindari (pantangan sakit maag) juga makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi penderita sakit maag. Berikut adalah daftar nya.

Makanan Yang tidak boleh dikonsumsi (pantangan) untuk sakit maag

11 Makanan Untuk Sakit Maag, Yang boleh dikonsumsi dan Tidak (Pantangan)
11 Makanan Untuk Sakit Maag, Yang boleh dikonsumsi dan Tidak (Pantangan)
Makanan terlalu Asam untuk maag
Banyak orang yang sudah bisa menebak  makanan yang seharusnya Dihindari oleh penderita sakit maag adalah makanan dengan cita rasa asam. 
Hal ini mudah di tebak karena alasan makanan asam tidak boleh atau sebaiknya Dihindari oleh para penderita sakit maag adalah makanan asam dapat memicu asam lambung naik (tingkat keasaman lambung naik) yang mengakibatkan luka (iritasi) pada di dinding lambung dimana hal tersebut merupakan salah satu pemicu sakit maag.

Makanan Pedas Bagi Penderita Sakit Maag

Alasan makanan pedas tidak baik untuk penderita maag sebenarnya bukan karena makanan pedas dapat menimbulkan sakit maag namun makanan pedas seringkali menyebabkan nyeri pada perut dan kontraksi yang berakibat bertambahnya rasa nyeri pada penderita sakit maag. Jadi, meski pun tidak secara langsung dapat mengakibatkan sakit maag, sebaiknya hindari makanan pedas untuk anda yang sudah mempunyai riwayat penyakit maag. 

Minuman Mengandung Kafein (Kopi yang Aman Untuk Sakit Maag)

Minuman mengandung kafein seperti kopi tidak dianjurkan dikonsumsi penderita penyakit maag (pantangan) karena kafein pada kopi dapat mengiritasi dan melukai lambung. Hal ini akan mempengaruhi kondisi sakit maag menjadi lebih parah.
Jika anda ingin tetap mengkonsumsi kopi tetapi mempunyai penyakit maag sebaiknya pilih kopi yang sedikit kandungan kafein nya, jangan lupa untuk tidak meminum kopi dengan perut yang kosong, isi perut dengan sedikit makanan yang mudah dicerna.

Minuman dan Makanan Beralkohol Tidak baik Untuk Maag

Alkohol tidak baik untuk penderita sakit maag karena sifat nya yang merusak dingin lambung sehingga menyebabkan luka atau iritasi pada lambung.
Maka dari itu, selain sebagai faktor pencetus sakit maag, alkohol juga memperburuk keadaan penderita sakit maag dengan menambahkan komplikasi pada bagian perut lain sehingga menyebabkan rasa nyeri pada bagian perut. 

Makanan Berlemak Tinggi (Gorengan dan Santan Untuk Maag)

Makanan berlemak dan berminyak tinggi seperti makanan bersantan dan gorengan tidak di sarankan dikonsumsi oleh penderita sakit maag karena sulit dicerna oleh lambung sehingga di butuhkan banyak asam lambung untuk mencerna. Hal ini mengakibatkan kadar asam pada lambung meningkat dan bisa mencetuskan sakit maag kembali menyerang.

Rokok Memperburuk Sakit Maag

Kandungan nikotin pada rokok (baik konvensional ataupun cair) tidak baik untuk penderita sakit maag di karenakan dapat menyebabkan produksi asam dan gas menjadi berlebihan dalam lambung. Gejala yang akan dirasakan adalah mual, perut kembung, dan nyeri walaupun tidak pernah terlambat makan. Kebiasaan merokok juga akan menambah sekresi asam lambung yang mengakibatkan timbulnya atau bertambah beratnya penyakit maag hingga bisa menyebabkan tukak lambung.

Obat yang Dapat Memicu Sakit Maag

Beberapa jenis obat memang memicu sakit maag kambuh misalnya adalah konsumsi obat anti inflamasi non steroid seperti ibuprofen yang dikonsumsi dalam jangkau waktu yang lama.


Makanan Yang Boleh dan Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Sakit Maag

11 Makanan Untuk Sakit Maag, Yang boleh dikonsumsi dan Tidak (Pantangan)
11 Makanan Untuk Sakit Maag, Yang boleh dikonsumsi dan Tidak (Pantangan)
Sayuran Untuk Sakit Maag
Sayuran hijau di kenal sangat baik untuk Kesehatan lambung karena tinggi serat, banyak mengandung antioksidan (mengurangi luka lambung) juga vitamin dan mineral penting. Serat sangat baik karena dapat membantu mengurangi ulkus (luka) pada lambung dan usus (duodenum) sehingga memperkuat lapisan pelindung dalam perut dan usus.
Brokoli selain mempunyai semua unsur pada sayuran hijau tersebut juga mempunyai kandungan berupa Sulfur dan kalium yang baik untuk mencegah luka lambung. 

Buah yang Baik Untuk Sakit Maag

Buah-buahan bermanfaat untuk mengatasi sakit maag dengan cara mengurangi penumpukan zat asam lambung. Buah-buahan yang dianjurkan untuk sakit maag misalnya pisang, melon, pepaya, dan tomat karena tinggi akan kandungan kalium yang baik untuk menyeimbangkan pH (derajat asam) dalam lambung.

Biji-bijian Utuh Seperti Gandum dan Kedelai Untuk Maag

Biji-bijian utuh mengandung banyak manfaat untuk penderita sakit maag, asam amino yang terdapat pada Biji-bijian seperti kedelai dapat membantu menyembuhkan luka sakit maag. Selain itu Biji-bijian utuh biasanya banyak mengandung serat, antioksidan dan vitamin yang baik untuk Kesehatan pencernaan.

Daging tanpa lemak (tanpa kulit) dan ikan sebagai Sumber protein untuk Maag 

Daging merupakan Sumber protein (Asam amino) yang sangat baik untuk penyembuhan luka pada sakit maag. Dada ayam tanpa kulit atau ikan adalah beberapa contoh Sumber protein yang bagus untuk dikonsumsi penderita sakit maag. 
Selain itu, ikan juga biasanya mengandung omega 3 yang bisa berfungsi melindungi dinding lambung dari luka. 

Lidah buaya Untuk Sakit Maag

Lidah buaya mengandung senyawa saponin yang merupakan antiseptik, bermanfaat untuk proses penyembuhan luka pada lambung. Selain itu, saponin juga bermanfaat untuk meredakan panas yang biasa terjadi pada bagian perut saat sakit maag kambuh. Senyawa antrakuinon dan kuinon dalam lidah buaya berkhasiat sebagai antibiotik sehingga bakteri pencetus sakit maag bisa dihilangkan.  Lidah buaya juga mengandung mukopolisakarida yang bermanfaat untuk memulihkan radang pada saluran pencernaan dan arthritis.

Kentang dan Ubi Sumber Karbohidrat untuk Sakit Maag

Kentang dan ubi dapat dijadikan Sumber karbohidrat untuk para penderita sakit maag. Hal ini di karenakan kentang dan ubi mempunyai serat dan nutrisi berupa vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari nasi sehingga lebih baik dikonsumsi oleh penderita sakit maag.

Ingat selalu untuk menjaga pola makan, makanan yang dikonsumsi dan kurangin stress. Jika sakit maag terus berlanjut dan tidak membaik setelah anda menjalani pantangan dan menjalani pola hidup yang sehat, segera hubungi dokter untuk ditinjau dan diberikan penanganan.

Terima kasih telah berkunjung di 11 Makanan Untuk Sakit Maag, Yang boleh dikonsumsi dan Tidak (Pantangan)

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Kuliner Indonesia

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia