Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Cara Membuat Jamu Beras Kencur Serta Manfaat dan Khasiatnya

Artikel terkait : Cara Membuat Jamu Beras Kencur Serta Manfaat dan Khasiatnya

Cara Membuat Jamu Beras Kencur Serta Manfaat dan Khasiatnya
Cara Membuat Jamu Beras Kencur Serta Manfaat dan Khasiatnya
Resep Cara Membuat Jamu Beras Kencur Serta Manfaat dan Khasiatnya - Tanaman obat atau jamu atau herbal sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam upaya pencegahan dan pengobatan penyakit serta peningkatan daya tahan tubuh. Banyak tanaman obat dan ramuan khas obat tradisional atau obat asli indonesia dimiliki oleh setiap sukubangsa (etnis) di Indonesia dengan nama yang berbeda-beda tetapi mempunyai komposisi yang kurang lebih sama. Tanaman yang biasanya digunakan untuk dibuat menjadi jamu, herbal atau obat tradisional biasanya digunakan pula dalam aktivitas hidup sehari-hari baik sebagai bumbu masak maupun bahan baku obat tradisional (jamu atau herbal). Jamu atau herbal memiliki beberapa keuntungan yaitu relatif aman untuk dikonsumsi, memiliki toksisitaf (efek racun) yang rendah serta biasanya sedikit meninggalkan residu (sisa) yang tertinggal pada tubuh. Salah satu jamu atau herbal populer dikonsumsi yang akan kita bahas kali ini adalah beras kencur.
Beras kencur sudah terkenal di Indonesia sebagai herbal atau jamu yang berkhasiat dan bermanfaatterutama untuk anak-anak yang sulit sekali makan dan memilki nafsu makan yang kurang. Ada banyak ramuan berupa campuran herbal agar anak dapat nafsu makan misalnya jamu yang mengandung temulawak. Namun, beras kencur tetap mendapatkan tempat tersendiri karena untuk anak-anak rasa dari beras kencur cenderung tidak "menyiksa" dan cenderung lebih disukai daripada ramuan herbal atau jamu lain. Hal ini karena jamu beras kencur biasanya bercita rasa getir-manis bercampur sedikit hangat juga segar dari penambahan gula jawa sehingga anak merasa tidak terlalu berat untuk mengkonsumsinya.

Manfaat dan Khasiat Beras Kencur

Tahukah anda selain berkhasiat dan bermanfaat sebagai penambah nafsu makan pada anak kecil, ada banyak lagi khasiat dan manfaat dari jamu beras kencur. Berikut adalah khasiat dan manfaat dari jamu beras kencur yang kami rangkum untuk anda :
  • Jamu beras kencur bermanfaat dan berkhasiat menghangatkan badan dan mencegah masuk angin hal ini dikarenakan rasa dari kencur yang cenderung pedas berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh sehingga badan terasa lebih hangat. Tambahkan jahe agar manfaat dan khasiat jamu beras kencur lebih baik lagi untuk menghangatkan badan dan mencegah masuk angin
  • Jamu beras kencur bermanfaat dan berkhasiat mengatasi diare dan sakit perut (mulas) dan kembung. Hal ini karena kandungan minyak atsiri pada kencur dapat menghilangkan gas di dalam perut (kembung) yang biasanya adalah salah satu faktor penyebab perut mulas atau diare (mencret)
  • Jamu beras kencur bermanfaat dan berkhasiat memelihara suara, mengobati batuk berdahak dan gangguan tenggorokan. Apakah anda pernah mendengar beberapa penyanyi Indonesia mempunyai ritual memakan kencur mentah untuk menjaga kualitas suara nya? Ternyata kandungan minyak atsiri seperti sineol dan borneol dalam kencur dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak dan penghilang lendir sehingga tenggorokan menjadi lebih bersih dan pada akhirnya dapat menjaga kualitas suara, mengobati batuk dan mengobati gangguan tenggorokan.
  • Jamu beras kencur bermanfaat dan berkhasiat mencegah penyakit maag dan baik untuk perawatan penyakit maag. Hal ini karena kencur yang bersifat menebalkan dinding lambung sehingga sangat baik untuk anda yang menderita penyakit maag. Sebaiknya ketika mempunyai penyakit maag dan ingin mengkonsumsi kencur hindari penambahan jaheataupun asam agar tidak sampai mengiritasi lambung.
  • Jamu Beras kencur bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan kulit agar terlihat cerah. Hal ini karena campuran dari beras dan kencur banyak mengandung vitamin terutama vitamin B yang baik untuk kesehatan kulit agar nampak cerah. Anda bisa mengkonsumsi beras kencur dalam bentuk jamu ataupun mengoleskan campuran beras dan kencur langsung pada kulit seperti memakai lulur beras kencur, bedak beras kencur atau masker beras kencur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.
  • Beras kencur juga bisa digunakan untuk menenangkan otot yang keseleo. Tetapi tidak dengan diminum namun dioleskan ke bagian yang keseleo. Hal ini karena rasa hangat dari kencur akan memberikan efek menenangkan dari bagian yang keseleo.

Resep Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Pertama siapkan bahan-bahan berupa:
1 1/2 ons kencur,
1 ruas jahe (bisa diganti dengan kunyit jika anda mempunya masalah dengan maag)
1 sdm asam jawa (bisa dilewati jika anda mempunyai penyakit maag)
5 sdm gula pasir
1 ons gula jawa
1 genggam beras putih
bisa juga ditambahkan beberapa rempah sesuai selera dan kebutuhan anda misalnya seperti biji kedaung yang sangat baik untuk permasalah perut seperti perut kembung dan diare juga masalah tenggorokan.
Cara membuat jamu beras kencur adalah sebagai berikut
  • Rendam beras dengan air selama semalam. Angkat lalu sangrai beras hingga kering. Haluskan menggunakan blender atau giling hingga berbentuk seperti tepung. Sisihkan.
  • Parut kencur dan jahe atau kunyit. Bisa juga blender hingga halus. Kemudian seduh dengan air panas.
  • Tambahkan asam jawa dan gula jawa. aduk rata
  • Diamkan beberapa saat sampai terbentuk endapan dari jahe atau kunyit dan kencur.
  • Saring air campuran asam, jahe atau kunyit dan kencur. Ambil airnya dan tambahkan gula pasir
  • Siap dihidangkan baik dalam keadaan dingin atau hangat.

Cara Membuat Ramuan Jamu Beras Kencur Enak

Setelah anda mengetahui cara membuat dan mengolah jamu beras kencur, kali ini kami akan membagikan tips-tips dan cara yang akan menambah cita rasa dari jamu beras kencur yang akan anda ramu. yaitu adalah
1. Gunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Pilih kencur, kunyit atau jahe yang tidak berjamur atau terasa lembab dan basah.
2. Pilih beras yang tidak terlalu putih, sebaiknya berwarna putih agak kekuningan (tetapi tidak kuning pekat) karena beras yang terlalu putih biasanya sudah memakai pemutih dan rasanya pahit dan getir.
3. Pilih beras yang aroma dan wanginya tidak apek dan jika dipegang berasa kesat dan tidak licin. beras sebagai bahan baku utama ramuan jamu ini sangat penting kualitasnya agar jamu yang dihasilkan berasa sedap.
4. anda bisa menambah cita rasa dan aroma dengan menambahkan daun pandan, kayu manis atau cengkeh jika anda suka. Bisa juga menambahkan kapulaga, kelebet dan kemukus untuk menambah khasita serta menambah cita rasa.

Resep Ramuan Jamu Lainnya

Terima kasih telah berkunjung di Cara Membuat Jamu Beras Kencur Serta Manfaat dan Khasiatnya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia