Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam (Kunir Asam) Sirih Banyak Manfaat dan Khasiat

Artikel terkait : Cara Membuat Jamu Kunyit Asam (Kunir Asam) Sirih Banyak Manfaat dan Khasiat

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam (Kunir Asam) Sirih Banyak Manfaat dan Khasiat
Cara Membuat Jamu Kunyit Asam (Kunir Asam) Sirih Banyak Manfaat dan Khasiat
Cara Membuat Jamu Kunyit Asam (Kunir Asam) Sirih Banyak Manfaat dan Khasiat - Jamu adalah obat tradisional khas indonesia yang berasal dari bagian bagian tanaman seperti akar, daun, biji atau buah. Bisa juga bagian bagian dari hewan seperti kuning telur. Penggunaan tanaman obat sendiri telah diaplikasikan sejak jaman nenek moyang. Walaupun dampak khasiatnya tergolong lebih lama dari pengobatan medis tetapi penggunaan tanaman obat jarang menimbulkan efek samping. Namun, anda harus tetap harus memperhatikan keseimbangan makanan dan gaya hidup selama mengkonsumsi ramuan tradisional seperti jamu. Takaran dan dosis per hari tidak boleh berlebihan meskipun ramuan tradisional tergolong aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Ibu hamil dan menyusui juga harus memilah-milih ramuan tradisional atau jamu yang boleh dan sebaiknya dihindari.

Jamu Kunir/Kunyit Asam Sirih

Kunyit atau kunir adalah akar-akaran yang khas berwarna kuning pada bagian dagingnya dan biasanya selain untuk jamu kunyit atau kunir umumnya dijadikan rempah untuk masakan. Rasa kunir atau kunyit yang getir bisa disembunyikan dengan segarnya rasa asam dari buah asam jawa. Asam jawa atau asem kawak dicampur dengan kunyit atau kunir dan dicampur dengan air inilah yang biasa disebut jamu kunyit asam. Jamu kunyit asam atau kunir asam biasa disebut jamu adem-ademan karena sifat dari kunyit yang mendinginkan badan dan juga biasa disebut seger-segeran karena rasanya yang segar berasal dari asam.
Jamu kunyit asam atau kunir asam sendiri ada yang dibuat dengan hanya mengandalkan dua bahan utama berupa kunyit/kunir dan asam jawa. Ada juga yang menambahkan sirih, daun asam jawa (sinom) juga temulawak sebagai bahan tambahan pada jamu kunyit asam agar khasiatnya bertambah. Misalnya, penambahan daun sirih pada jamu kunyit asam bertujuan agar khasiat jamu kunyit asam yang dipercaya bisa memperlancar haid/menstruasi bertambah khasiatnya menjadi mengobati keputihan, menghilangkan bau badan tidak sedap dan menguatkan gigi yang berasal dari kandungan daun sirih.

Manfaat dan Khasiat Jamu Kunyit Asam Sirih

Berikut ini adalah penjabaran satu persatu dari kandungan tiga bahan utama jamu ini berupa Kunyit, Asam dan Daun sirih yaitu :
  • Kunyit berkhasiat dan bermanfaat untuk memperlancar haid dan menstruasi serta rasa nyeri ketika datang bulan
  • Kunyit berkhasiat dan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena adanya senyawa kurkumin pada kunyit
  • Kunyit berkhasiat dan bermanfaat untuk meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. dimana antioksidan baik untuk peremajaan sel-sel tubuh dan bisa langsung berpengaruh pada kesehatan kulit.
  • Kunyit berkhasiat dan bermanfaat untuk pengobatan tumor karena terdapat senyawa kurkumin yang dapat menghambat laju pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru yang menyebar ke arah tumor untuk suplai nutrien dan oksigen sehingga tumor tidak tumbuh karena tidak mendapatkan nutrien
  • Kunyit berkhasiat dan bermanfaat untuk pengobatan penyumbatan paru-paru (embioli paru) akibat pembekuan darah (trombosis) karena kunyit mempunyai kemampuan sebagai antikougaln yang dapat menghambat pembekuan darah
  • Kunyit berkhasiat dan bermanfaat untuk pengobatan penyakit pikun atau Alzheimer dengan senyawa kurkumin yang dapat menghambat dan mengurangi penumpukan plak amiloid-beta pada penderita Alzheimer.
  • Asam jawa berkhasiat dan bermanfaat secara global bagi kesehatan karena mengandung zat besi, vitamin C, vitamin B seperti thiamin dan niacin sehingga baik sebagai sumber antioksidan
  • Asam jawa berkhasiat dan bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan karena rasanya yang segar dan masam dari kandungan asam tartrat yang tinggi dapat merangsang nafsu makan
  • Asam jawa berkhasiat dan bermanfaat untuk menghancurkan lemak dalam tubuh karena sifatnya yang dapat menyerap dan berubah menjadi gel
  • Asam jawa berkhasiat dan bermanfaat untuk mempermudah buang air besar (sembelit), diare dan sakit perut sehingga baik untuk menjadi pencahar ringan.
  •  Daun sirih mengandung kavikol yang berfungsi sebagai antiseptik alami untuk mematikan kuman dan anti jamur sehingga banyak sekali yang dapat diobati dari penggunaan sirih berbagai macam infeksi seperti gatal, sariawan, bisul, keputihan, bau mulut dan bau badan 
Dari penjabaran tersebut jika digabungkan ketiga bahan utama jamu kunir asam sirih maka banyak sekali manfaat dan khasiat yang diberikan oleh jamu kunyit asam sirih, terutama yang kebanyakan peruntukannya untuk permasalahan kaum wanita.
Cara Membuat Jamu Kunyit Asam (Kunir Asam) Sirih Banyak Manfaat dan Khasiat
Cara Membuat Jamu Kunyit Asam (Kunir Asam) Sirih Banyak Manfaat dan Khasiat

Resep Jamu Kunyit Asam Sirih

Ada dua macam cara  untuk membuat resep jamu kunir/kunyit asam sirih ini yaitu dengan cara direbus keselurahan bahan-bahan hingga mendidih dan disaring atau bahan-bahan dikeringkan dengan cara dijemur pada panas sinar matahari dan ditumbuk atau dihaluskan hingga menjadi bubuk lalu diseduh dengan air panas. Anda dapat memilih satu dari dua cara diatas sesuai keperluan anda. Misal anda ingin membuat jamu dalam jumlah banyak dalam sekali pengerjaan maka sebaiknya gunakan cara perebusan namun jika anda ingin menyimpannya dalam bentuk bubuk sehingga bisa disajikan berulang kali dengan tidak makan waktu maka cara penggilingan menjadi bubuk lebih praktis.
Bahan bahan yang anda perlukan untuk membuat jamu kunyit asam sirih adalah sebagai berikut: 
  • Biang Kunyit yaitu kunyit bagian pangkal dan biasanya berukuran besar sebanyak 200 gram
  • Asam Jawa sebanyak 100 gram
  • Gula pasir atau gula putih sebanyak 100 gram
  • Gula merah atau gula jawa sebanyak 150 gram
  • Garam 1 sdt
  • Daun sirih sebanyak 5 - 7 lembar
  • Air 
Dari bahan-bahan tersebut bisa dibuat jamu kira-kira 4 hingga 8 gelas tergantung ukuran dan kepekatan dari penambahan air

Cara Membuat Jamu Kunyit/Kunir Asam Sirih

  1. Pastikan kunyit sudah dikupas bersih dari kulitnya lalu cuci bersih kunyit dan daun sirih. Sisihkan
  2. Jika anda ingin mengolah jamu kunyit asam dengan cara direbus maka geprek kunyit atau iris tipis-tipis kunyit.
  3. Didihkan air sebanyak 1,5 - 2 Liter. Masukan gula merah dan asam jawa. masak hingga larut.
  4. Masukan kunyit dan sirih ke dalam campuran asam dan gula, rebus dengan api kecil hingga mendidih dan air menjadi pekat atau sesuai selera.
  5. Tambahkan gula dan garam, aduk hingga larut. Angkat dan dinginkan.
  6. Saring air rebusan dan ambil air hasil saringan. Siap dikonsumsi.
  7. Sementara jika anda ingin mengolah jamu kunyit asam dengan cara diseduh maka jemur kunyit dibawah sinar matahari hingga kering dan hancurkan/giling dengan blender hingga berbentuk bubuk. Sisihkan. Bubuk kunyit ini bisa diperuntukan juga sebagai bumbu dapur dan jika disimpan dalam kulkas dengan wadah tertutup yang bersih dan kering bisa tahan hingga berbulan-bulan.
  8. Cara menyeduh nya adalah dengan cara mendidihkan air lalu ambil sekitar 500 ml untuk direndam dengan asam jawa hingga asam jawa larut. Saring dan buang biji asam jawa.
  9. Ambil pula sekitar 500 ml untuk direndam dengan gula jawa hingga gula jawa larut. Saring.
  10. Seduh bubuk kunyit, daun sirih, air rendaman asam jawa, air gula jawa, gula pasir dan garam dengan air mendidih. aduk rata diamkan sebentar lalu saring dan siap untuk dikonsumsi.
Resep Jamu Lainnya
Jamu Beras Kencur Serta manfaat dan Khasiatnya
9 Cara Mengobati Amandel dengan Obat Alami Herbal Tradisional 
11 Resep Obat Tradisional Herbal Ayan/Epilepsi serta Penyebab dan Gejala nya
16 Resep Obat Tradisional Sakit Maag, Alami dan Herbal (Asam Lambung Tinggi)

Terima kasih telah berkunjung di Cara Membuat Jamu Kunyit Asam (Kunir Asam) Sirih Banyak Manfaat dan Khasiat

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Kuliner Indonesia

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia