Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

11 Resep Obat Tradisional Herbal Ayan/Epilepsi serta Penyebab dan Gejala nya

Artikel terkait : 11 Resep Obat Tradisional Herbal Ayan/Epilepsi serta Penyebab dan Gejala nya

11 Resep Obat Tradisional Herbal Ayan/Epilepsi serta Penyebab dan Gejala nya
11 Resep Obat Tradisional Herbal Ayan/Epilepsi serta Penyebab dan Gejala nya
11 Resep Obat Tradisional Herbal Ayan/Epilepsi serta Penyebab dan Gejala nya - Epilepsi atau ayan merupakan aktifitas listrik otak yang tidak normal dan berlebihan dari sekelompok neuron sehingga terjadi gangguan dari sistem syaraf pusat ke aktifitas syaraf syaraf otak. Pandangan masyarakat awam, banyak yang berpendapat serangan epilepsi atau ayan diartikan dengan kejang-kejang dan mengeluarkan air liur, padahal serangan epilepsi tidak harus seperti itu. Ada dua jenis epilepsi yang dikenali yaitu epilepsi umum dan epilepsi parsial. Perbedaan kedua jenis epilepsi ini ditandai dengan gejala yang berbeda. Epilepsi umum dapat diidentifikasi dengan gejala berupa hilangnya kesadaran atau black out, kejang-kejang pada seluruh tubuh hingga mengeluarkan air liur berbusa dan napas mengorok, bisa juga terjadi kontraksi otot yang mengakibatkan pasien mendadak terjatuh atau melemparkan benda yang tengah dipegangnya. Sedangkan Epilepsi parsial ditandai oleh rasa kesemutan atau rasa kebal pada satu tempat yang berlangsung beberapa menit atau jam. Bisa juga, rasa seperti bermimpi, daya ingat terganggu, halusinasi atau kosong pikiran (melamun dan menatap kosong). Seringkali diikuti mengulang-ulang ucapan atau berlari-lari tanpa tujuan. Karena dari itu, terkadang masyarakat salah mengartikan epilepsi parsial dengan penyakit kejiwaan.

Penyebab dan Gejala Epilepsi atau Ayan 

Lonjakan aktivitas di sel-sel otak adalah penyebab utama serangan epilepsi atau ayan. Faktor penyebab lonjakan ini beragam, antara lain :

  • Riwayat kehamilan, contohnya sang ibu mengalami gangguan seperti kurang asupan nutrisi, demam tinggi, cedera saat kehamilan atau terinfeksi. 
  • Riwayat kelahiran, contohnya proses persalinan yang bermasalah dan kelairan yang lewat bulan semestinya. 
  • Riwayat perkembangan anak, contohnya kurang asupan nutrisi, cedera kepala, demam tinggi, infeksi syaraf pusat, tumor atau kelainan otak.
  • Riwayat penyakit epilepsi pada keluarga atau genetik. 
  • Riwayat penyakit, contohnya syndorm west atau syndrome Lennox-Gastaut. 

Sementara gejala serangan epilepsi yang mungkin ditampakan pada penderita epilepsi (ayan) umum adalah:
- Hilang kesadaran
- Mendadak terjatuh
- Kejang baik seluruh tubuh, sebagian lengan atau bagian lain
- Mengeluarkan air liur terkadang hingga berbusa
- Lidah tergigit
- Pucat
- Berkeringat
- Setelah serangan terjadi pasien umumnya merasa bingung, sakit kepala, gelisah atau bisa juga tertidur.

Untuk epilepsi parsial gejalanya tidak kejang-kejang seperti gejala serangan epilepsi yang dikenal oleh masyarakat. Meski begitu, Epilepsi parsial ini bisa berkembang menjadi epilepsi umum. Gejala serangan epilepsi parsial adalah
- Terjadi gerakan menyentak secara tiba-tiba dibagian tangan atau kaki
- Kesemutan atau kebas secara tiba-tiba
- Sakit kepala
- Ada sebagian yang kesadarannya tidak hilang, Sebagian lainnya merasa seperti hilang ingatan
- Tatapan kosong atau terlihat seperti melamun.

Jika dicurigai ada gejala-gejala yang mengarah pada epilepsi akan dilakukan serangkaian tes yang akan memastikan benar atau tidaknya penyakit yang diderita merupakan epilepsi atau ayan. Tes tersebut berupa Pemeriksaan neurologis untuk mendiagnosa kondisi serta menentukan jenis epilepsi yang dialami seseorang. tes neuropsikologi untuk menentukan daerah otak yang mengalami gangguan sehingga menyebabkan kejang. Tes darah untuk memeriksa kemungkinan infeksi, Electroencephalogram (EEG) untuk merekam aktivitas listrik pada otak pasien, Computerized tomography (CT) scan untuk menemukan kelainan yang terdapat pada otak dan tes Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk mendeteksi kelainan pada otak secara rinci. 

Pengobatan Epilepsi atau Ayan 

Hingga saat ini pengobatan atau terapi yang ada baik secara medis ataupun herbal alternatif ditunjukan hanya untuk meringankan gejala serangan/kambuh (misalnya kejang) agar penderita ayan atau epilepsi dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan lancar. Sebaiknya selalu konsultasikan ke dokter Spesialis Saraf jika anda ada pertanyaan atau keluhan mengenai penyakit epilepsi. Sementara itu, berikut ini adalah ramuan-ramuan herbal tradisional atau jamu yang dapat dipergunakan untuk mengobati ayan antara lain adalah: 

Resep Herbal tradisional Ayan/Epilepsi 

Daun Kaki Kuda 1/2 genggam
Daun Meniran 1/2 genggam
Daun Kemangi 1/2 genggam
Daun Sangket 1/2 genggam
Gula Aren secukupnya
Air Mendidih 3/4 gelas

Cara membuat Resep Herbal tradisional Ayan/Epilepsi 

Cuci semua bahan (kecuali gula aren) lalu keringkan. Setelah kering, tumbuk halus lalu ditapis lalu disimpan dalam toples. Setiap 1 sendok teh diseduh dengan air mendidih sebanyak 3/4 gelas dan diberi gula aren secukupnya sesuai selera. Minum ramuan 3 kali sehari
Tanaman kaki kuda atau pegagan dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena dapat mengurangi gejala dan frekuensi serangan epilepsi berupa kejang dengan cara meningkatkan gamma aminobutiyric acid (GABA), neurotransmitter yang bertugas mengatur sel saraf. Selain bersifat anti kejang, daun kaki kuda juga memiliki senyawa triterpenoid, brahmoside (Bacoside A), dan brahminoside yang bersifat anticemas, analgesik, dan sedatif atau menenangkan sehingga mampu merelaksasi pembuluh darah yang tegang. Hal yang perlu diperhatikan dari konsumsi daun kaki kuda atau pegagan ini adalah tidak digunakan oleh wanita hamil dan menyusui serta anak-anak. Penderita diabetes dan hyperlipidemia juga perlu waspada ketika hendak menggunakan ramuan ini karena Pegagan dilaporkan dapat meningkatkan gula dan lemak darah. Selain itu, untuk beberapa orang Pegagan dapat menyebabkan alergi kulit, termasuk rasa panas terbakar dan konsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan infertilitas atau ketidaksuburan (mandul).
Tanaman meniran dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena kaya akan zat filantin (lignan) yang berfungsi sebagai anti oksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas, Flavonoid dari meniran bekerja pada sel-sel tubuh yang menjadi bagian dari sistem imun sehingga memperbanyak antibodi tubuh sehingga sistem imun lebih kuat. Ditambah kandungan vitamin c, kalium dan mineral yang diperlukan untuk tubuh menjaga agar penderita epilepsi tidak mudah sakit atau kelelahan yang akan memperparah frekuensi kejang
Daun Kemangi dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena memiliki efek farmakologi merangsang aktifitas syaraf pusat, melancarkan sirkulasi darah dan berfungsi sebagai analeptik yakni menstimulasi susunan syaraf sentral yang terdiri dari sumsum tulang belakang atau spinal cordis. Kemangi juga mengandung zat adaptogen yakni zat yang menyebabkan perbaikan resistensi sehingga memungkinkan beradaptasi terhadap stres fisik, kimia dan biologi.
Daun Sangket, sangketan atau gajahan dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena memiliki aktifitas relaksan yang berguna untuk mengurangi ketegangan otak dan syaraf sehingga dapat meminimalisir gangguan syaraf.

Cara Mengobati Ayan/Epilepsi Ampuh 

Daun Seruni Putih 1/4 genggam
Daun Kaki kuda 1/3 genggam
 Daun Sembung manis 1/4 genggam
Daun poko 1/5 genggam
Daun Jintan 1/4 genggam
Kulit kina 2 jari
Gula aren 3 jari
Air bersih 5 gelas

Cara membuat jamu herbal Ayan/Epilepsi Ampuh 

Cuci semua bahan (kecuali gula aren) lalu dipotong-potong secukupnya. Rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 1/2 nya sesudah dingin, air rebusan disaring minum air rebusan 3 kali sehari masing masing 1/2 gelas.
Selain tanaman kaki kuda yang sudah dibahas sebelumnya dapat dijadikan obat ramuan untuk ayan (epilepsi), kali ini kami akan menjelaskan bahan-bahan lain.
Tanaman seruni atau krisan putih dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena sifat stimulannya sehingga baik digunakan untuk merangsang otak dan panca indera agar tetap waspada namun tidak memiliki unsur kafein, sehingga tidak menimbulkan efek samping seperti cemas, gugup, dan lekas marah. Yang artinya dapat mengurangi stres yang dapat menyebabkan serangan epilepsi atau ayan. Selain itu krisan atau seruni ini juga berfungsi Melancarkan aliran darah dan banyak mengandung vitamin C, beta karotene, kalsium, zat besi, kalium dan magnesium yang diperlukan oleh tubuh dan baik untuk mencegah kram atau kaku.
Daun Sembung manis dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena dapat melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan bekuan darah dan pembengkakan. menghilangkan rasa kelelahan dan penat, serta meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan kapasitas yang bersangkutan hal ini karena daun sembung mengandung Borneol, cineole, limonene, di-methyl ether phloroacetophenone.
Daun Poko dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena bersifat mengurangi ketegangan otot atau antipasmodik
Daun Jintan dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena dapat melancarkan peredaran darah, Penghilang letih dan merangsang semangat dengan adanya kandungan Barbatusin, Barbatusol dan Coleol.
Kulit kina dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena berfungsi mengurangi kejang atau kram otot, hal ini disebabkan zat kina (Kinina, Kinidina, Sinkonina, Sinkonidina, Asam kinat, Asam kinatanat) yang terdapat dalam kulit kina

Cara Menyembuhkan Ayan/Epilepsi Secara Alami 

Akar Senggani 8 jari
Air Bersih 3 gelas
Madu secukupnya

Cara membuat jamu herbal Ayan/Epilepsi Alami 

Akar senggani dicuci dan dipotong potong secukupnya. Rebus akar senggani dengan 3 gelas air hingga tersisa 1/4 nya sesudah dingin air rebusan disaring. Minum air rebusan bersama madu 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas
Akar Senggani dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena mengandung flavonoida, dan tanin yang berfungsi meringankan kejang atau kram otot juga menghilangkan rasa kelelahan, penat, serta meningkatkan kemampuan berkonsentrasi.

Jamu Herbal Obat Ayan/Epilepsi 

Cabai jawa kering 6 gram
Madu 1 sendok makan

Cara membuat jamu herbal ayan/Epilepsi Tradisional 

Cabai jawa kering ditumbuk hingga halus. Minum ramuan bersama dengan madu sebanyak 1 kali sehari. Cabai jawa dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena cabe mengandung Piperine yang bisa menekan susunan saraf pusat

Resep Herbal tradisional Ayan/Epilepsi 

Buah Ciplukan 8-10 buah

Cara membuat Resep Herbal tradisional Ayan/Epilepsi 

Makan buah ciplukan setiap hari secara teratur.
Buah Ciplukan dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena mengandung senyawa Asam Malat, Alkaloid, Tanin, Kriptoxantin dan Vitamin C. yang berguna merangsang otak dan panca indera agar tetap waspada, meringankan kejang atau kram otot juga menghilangkan rasa kelelahan dan penat.

Cara Mengobati Ayan/Epilepsi Ampuh 

Akar Kelor 15 gram
Air 2 gelas

Cara membuat jamu herbal Ayan/Epilepsi Ampuh 

Akar kelor dicuci bersih. Rebus akar kelor dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas lalu disaring minum air rebusan 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas
Akar kelor dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena mengandung banyak sekali senyawa yang diperlukan untuk meringankan kejang atau kram otot juga menghilangkan rasa kelelahan dan penat serta meningkatkan kemampuan berkonsentrasi. misalnya flavonoid, alkaloid dan tinggi mineral.

Cara Menyembuhkan Ayan/Epilepsi Secara Alami 

Daun Jintan 30 lembar
Keji Beling 10 lembar
 Lenglengan 25 lembar
Sambiloto 40 lembar
Meniran 8 sirip
Gula Aren 3 jari
Air 4 gelas

Cara membuat jamu herbal Ayan/Epilepsi Secara Alami 

Cuci semua bahan (kecuali gula aren) lalu dipotong-potong secukupnya. Rebus semua bahan dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, air rebusan disaring. Minum air rebusan 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas
Khasiat daun jintan dan meniran untuk mengobati ayan atau epilepsi sudah dibahas sebelumnya, sehingga akan dibahas bahan-bahan lainnya yaitu
Keji Beling dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena mengandung unsur-unsur mineral seperti kalium, natrium, kalsium yang terbukti baik untuk meringankan kram atau kejang otot.
Lenglengan dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena mengandung flavonoida dan tanin yang berguna untuk meringankan kejang atau kram otot juga menghilangkan rasa kelelahan dan penat serta meningkatkan kemampuan berkonsentrasi.
Sambiloto dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena tinggi kandungan kalium yang baik untuk meringankan kram atau kejang otot dan dapat menurunkan tekanan darah

Jamu Herbal Obat Ayan/Epilepsi 

Akar Baru Cina 1 genggam
Gula Enau/Gula aren 1 ibu jari
Air 4 gelas

Cara membuat Jamu Herbal Obat Ayan/Epilepsi Tradisional 

Akar baru cina dicuci bersih. Rebus akar baru cina dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum air rebusan bersama gula enau 2 kali sehari sebelum makan, masing-masing 1 gelas
Akar Baru Cina dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena bersifat anticemas, analgesik, dan sedatif atau menenangkan sehingga mampu merelaksasi pembuluh darah yang tegang. hal ini karena akar baru cina mengandung a-amirin, fernenol, dan cincole.

Resep Herbal tradisional Ayan/Epilepsi 

Herba kembang cokelat 10 gram
Gula batu secukupnya
air 1 gelas

Cara membuat Resep Herbal tradisional Ayan/Epilepsi 

Rebus kedua bahan dengan 1 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas. Setelah dingin, airnya langsung diminum sekaligus. Minum 1 kali sehari
Herba kembang cokelat dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena mengandung Lycorine, tazettin, haemanthidine, nerinine ytang berfungsi sebagai anti virus dan anti inflamasi

Cara Mengobati Ayan/Epilepsi Ampuh 

Daun Pegangan 20 lembar
Daun Jintan 10 lembar
Daun Poko 20 lembar
Temu hitam 1 jari tangan
Kencur 3 buah

Cara membuat jamu herbal Ayan/Epilepsi Ampuh 

Cuci temu hitam dan kencur lalu iris tipis. Rebus semua bahan dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas lalu disaring. Setelah dingin, airnya diminum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas
Khasiat daun jintan, pegangan atau kaki kuda dan daun poko untuk mengobati ayan atau epilepsi sudah dibahas sebelumnya, sehingga akan dibahas bahan-bahan lainnya yaitu:
Rimpang temu hitam dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena mengandung tanin dan kurkumin yang baik sebagai meringankan kejang atau kram otot juga menghilangkan rasa kelelahan dan penat serta meningkatkan kemampuan berkonsentrasi.
Kencur dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena mengandung sineol dan alkaloid yang berfungsi merelaksasi pembuluh darah yang tegang.

Cara Menyembuhkan Ayan/Epilepsi Secara Alami 

Daun Meniran 2 lembar
 Daun Sengketan 17 lembar
Biji pala 1/4 buah

Cara membuat jamu herbal Ayan/Epilepsi Secara Alami 

Rebus semua bahan dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas lalu disaring setelah dingin airnya diminum 3 kali sehari masing-masing setengah gelas
Khasiat Daun Meniran dan Daun Sengketan untuk mengobati ayan atau epilepsi sudah dibahas sebelumnya, sehingga akan dibahas bahan-bahan lainnya yaitu:
Biji pala dapat menjadi obat herbal tradisional epilepsi atau ayan karena mengandung minyak atsiri yang berefek sedatif (menenangkan)

Pertolongan Pertama Kejang Epilepsi/Ayan 

1. Tetap tenang, pastikan keadaan sekeliling aman dan penderita dapat bernafas dengan leluasa, jika perlu buka ikat pinggang atau kancing kemeja atas agar penderita bebas untuk bernafas
2. Singkirkan benda-benda tajam atau apapun yang bisa melukai diri pasien secara tidak sengaja
3. Berikan sesuatu yang empuk untuk bantalan pada kepala pasien agar tidak terjadi benturan pada kepala
4. Jangan berikan apapun ke dalam mulut penderita untuk menghindari penderita mengigit lidahnya sendiri, misalnya sendok atau benda keras lain. Alih-alih benda tersebut akan melukai penderita
5. Bila penderita muntah atau mengeluarkan banyak air liur dari mulutnya, miringkan tubuhnya agar penderita tidak tersedak dan kesulitan bernafas
6. Jangan pindahkan penderita kecuali dalam keadaan gawat atau berbahaya
7. Jika penderita sudah sadar dari kejang, tanyakan keadaannya secara tenang. Jika terlihat sadar sepenuhnya dan tidak ada keluhan apapun pasien sudah dinyatakan pulih, tetapi jika penderita mengeluh sakit kepala, mengantuk atau kelelahan maka bawa ia ke tempat yang tenang untuk beristirahat. Awasi jika ada kemungkinan serangan kembali
8. Jika tidak lama kemudian serangan terjadi lagi atau ia tidak segera sadar setelah serangan mereda, segeralah panggil ambulans atau bantuan medis
9. Jika memungkinkan, obat supositoria untuk menghentikan kejang dapat diberikan.
10. Segera bawa ke rumah sakit terdekat atau panggil bantuan medis jika terjadi hal-hal seperti : kejang terjadi selama lebih dari 3 menit, penderita terluka, tidak ada kesadaran setelah serangan mereda atau kejang kembali menyerang tanpa ada kesadaran.

Pantangan Epilepsi atau Ayan 


  • Istirahat Cukup 
  • Rutin berolahraga 
  • Hindari stress 
  • Hindari Kurang tidur 
  • Diet ketogenik yaitu mengubah pola makan menjadi tinggi lemak dan rendah karbohidrat dan gula sehingga sumber energi utama berasal dari pembakaran lemak. Misal dilarang makan nasi atau kentang sebagai gantinya dianjurkan mengkonsumsi ikan yang kaya dengan omega 3, susu, krim atau mentega (sebagai sumber protein) Pilihlah lemak baik atau lemak tidak jenuh untuk dikonsumsi. 
  • Tidak mengkonsumsi MSG atau pemanis buatan (misalnya aspartam) Tidak mengkonsumsi gula atau karbohidrat 
Tetaplah harus diingat kalau pemakaian obat herbal seperti ini bukanlah untuk menukar obat dokter. Jadi, bila kita akan konsumsi obat herbal seperti ini, sebaiknya berkonsultasi dengan juga dokter.

Artikel 11 Resep Obat Tradisional Herbal Ayan/Epilepsi serta Penyebab dan Gejala nya disadur dari buku kitab resep herbal dan ditulis oleh Kuliner Indonesia di www.kulineri.com

Cara Membuat Jamu Beras Kencur Serta Manfaat dan Khasiatnya
16 Resep Obat Tradisional Sakit Maag, Alami dan Herbal (Asam Lambung Tinggi)

Terima kasih telah berkunjung di 11 Resep Obat Tradisional Herbal Ayan/Epilepsi serta Penyebab dan Gejala nya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Kuliner Indonesia

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia