Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Resep Kue Pie Susu Bali Teflon Mudah

Artikel terkait : Resep Kue Pie Susu Bali Teflon Mudah

Resep Kue Pie Susu Bali Teflon Mudah
Resep Kue Pie Susu Bali Teflon Mudah
Resep Kue Pie Susu Bali Teflon - Pai atau pie atau eggtart hongkong adalah makanan yang terdiri dari kulit renyah dengan aneka isian berupa selai dari buah-buahan yang dicairkan, daging, cokelat, keju atau adonan cair yang penampakan dan rasanya mirip susu biasanya dinamakan pie susu. Pie susu, di Indonesia menjadi oleh-oleh khas bali meskipun dalam perkembangannya sendiri telah banyak variasi lain selain rasa susu seperti pie cokelat, pie teh hijau, pie strawbery dan berbagai variasi lainnya namun tetap dengan bentuk yang umumnya sama. Pie dibuat dengan cara dipanggang tetapi tidak selalu menggunakan oven dalam penggerjaannya. Kali ini,kulineri.com akan membagikan cara membuat pie susu dengan cara dimasak dengan menggunakan teflon dan tanpa menggunakan mixer ataupun oven dan yang pasti, pie susu ini halal karena tidak menggunakan shortening dari babi. Dengan resep ini, sudah pasti anda bisa mengerjakannnya sendiri di rumah. Berikut adalah resepnya :
Resep Artikel Pie Lainnya :
Resep Pie Apel 

Bahan Membuat Pie Susu Tanpa Oven Tanpa Mixer

250 gram Tepung Terigu
150 gram Mentega
4 butir Telur
200 ml Susu Kental Manis
2 sdm Maizena
100 ml Air

Cara Membuat Pie Susu Teflon

Ada dua tahap pengerjaan untuk membuat pie susu, yaitu tahap membuat kulit dan tahap membuat isian. Pengerjaan resep ini tidak menggunakan oven sehingga dibutuhkan teflon atau wajan datar anti lengket dan kompor api dengan menumpuk tungkunya dan memasaknya dengan api yang kecil hingga matang. Resep ini juga tidak menggunakan mixer, cukup dengan wisk atau spatula sehingga mudah sekali untuk membuatnya.

Cara Membuat Kulit Pie Susu Teflon:

- Campurkan terigu dengan mentega, aduk menggunakan tangan yang bersih atau spatula kayu. Remas dan aduk hingga tercampur rata.
- Masukan satu butir telur, aduk rata menggunakan tangan hingga kalis atau tidak lengket pada wadah dan juga tangan.
- Bentuk kulit pie dan ratakan pada teflon dengan ketebalan yang diinginkan, tekan-tekan pinggiran kulit pie dengan garpu, sisihkan.

Cara Membuat Isi Pie Susu Teflon :

- Campurkan 3 butir telur dengan susu, aduk menggunakan wisk atau sendok atau spatula hingga tercampur rata.
- Campurkan maizena dan air, aduk rata. Tambahkan pada adonan susu. Aduk rata.
- Saring adonan menggunakan kain bersih, masak hingga setengah matang menjadi vla.
- Tuangkan isi pie ke teflon yang sudah dilapisi kulit, panggang diatas api yang sangat kecil dan jangan lupa mendouble/menumpuk tungku kompor atau dialasi.
- Tutup teflon lalu Panggang hingga matang sekitar 45 - 60 menit.

Tips dan Trik Membuat Pie Susu Teflon


  • Anda bisa membentuk adonan pie setipis mungkin pada teflon sehingga menciptakan kulit yang renyah dan isian yang langsung lumer tetapi, kulit yang tipis pada teflon besar terjadi kemungkinan kulit gosong tetapi isian vla yang belum matang.
  • Cara paling baik adalah memasak dahulu vla hingga matang atau setengah matang (sesuai keinginan) sehingga kemungkinan vla belum matang ketika dipanggang bisa diminimalisir. tetapi, isian vla biasanya kurang menyatu dengan kulit pie dengan cara ini.
  • Selalu pastikan api yang digunakan sangat kecil dan juga gunakan alas atau mendouble/menumpuk tungku kompor agar kulit dan isian matang secara bersamaan.
  • Tutup teflon jika anda kurang yakin isian tidak akan matang, tetapi jika anda yakin vla bisa matang maka tutup teflon bisa pula tidak digunakan.
  • Gunakan teflon ukuran 18-20 cm untuk hasil terbaik.

Resep Artikel Pie Lainnya :
Resep Pie Apel 
Resep Pie Brownies Mini Praktis Sedap
Resep Kue Pie Buah Mini Sederhana

Resep lainnya yang menggunakan teflon
Resep Roti Cane atau Roti Maryam
Resep Pie Susu Bali Teflon
Resep Bika Ambon Medan Kukus Praktis

Artikel Resep Kue Pie Susu Bali Teflon ini dibuat oleh Resep Indonesia di www.kulineri.com

Terima kasih telah berkunjung di Resep Kue Pie Susu Bali Teflon Mudah

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia