Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Resep Martabak Manis Aneka Rasa

Artikel terkait : Resep Martabak Manis Aneka Rasa

Resep Martabak Manis Aneka Rasa
Resep Martabak Manis Aneka Rasa
Resep Martabak Manis Aneka Rasa - Martabak manis atau sebagian orang menyebutnya Kue Terang Bulan adalah jajanan berupa adonan kue yang berasa manis dimasak dengan loyang bulat dan diisi dengan berbagai macam rasa yang disukai, umumnya keju, cokelat, ketan hitam atau selai beraneka rasa namun, baru-baru ini banyak martbaka dengan inovasi isian atau topping berupa coklat silverqueen atau toblerone, selai seperti nutella atau ovomaltine, bahkan memakai bahan seperti coklat butir m&m, marshmallow, dan bahan unik lainnya yang membuat martabak menjadi semakin berwarna dan menarik. Tekstur martabak yang lembut, juicy dan renyah dibagian pinggir menjadikan martabak sebagai camilan yang banyak digemari banyak masyarakat indonesia namun terkadang porsinya yang besar menjadi kendala ketika dimakan sendiri sehingga tercipta pula martabak mini yang porsinya lebih kecil. Agar bisa berkreasi sendiri dan membuat aneka martabak warna warni yang lezat Kali ini kulineri.com akan membagikan resep martabak manis aneka rasa yang mudah dibuat di rumah dan tentu saja lezat.

Resep Martabak Manis

125 gram tepung terigu
200 ml susu cair UHT
15 gram gula pasir
1/4 sdt garam
1 buah kuning telur
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue yang dilarutkan dengan 1 sdm air
Gula pasir secukupnya
Margarin Secukupnya
Bahan isian dan topping (pilih sesuai selera, bisa juga di mix and match)

  • Glitter Sugar (bisa dibuat dengan cara gula yang diberi pewarna dipanaskan menggunakan oven hingga kering tetapi tidak gosong)
  • Coklat batang kemasan bermerek seperti Toblerone, Silverqueen atau lainnya (bisa dicairkan atau dipotong-potong sesuai selera)
  • Coklat butir warna warni seperti chacha, m&m atau lainnya
  • Keju parut
  • Marshmallow
  • Selai (Jam) buah seperti strawberry, blueberry, pineapple atau lainnya
  • Selai coklat seperti nutella, ovomaltine atau lainnya
  • Kacang mete atau kacang almond atau kacang lainnya yang telah dipanggang dan dicincang
  • Ketan hitam yang telah dikukus
  • Buah durian tanpa biji
  • Potongan buah seperti strawberry, nanas atau kiwi
  • Bubuk greentea
  • Perisa pandan

Cara membuat Martabak Manis

1. Ayak terigu dan baking powder. Sisihkan.
2. Kocok telur, gula dan garam hingga semua bahan larut. Tambahkan susu. Aduk rata hingga semua bahan tercampur.
3. Masukkan campuran terigu dan baking powder. Kocok rata sampai lembut dan tidak ada lagi gumpalan terigu. Bila masih ada bisa disaring. Diamkan terlebih dahulu selama 90 menit.
4. Panaskan loyang martabak sampai panasnya merata,oles margarin tipis. Jika sudah panas, kecilkan api. Biarkan sekitar 10 menit agar panasnya stabil dan merata.
5. Tambahkan 1/4 sendok teh soda kue yg dilarutkan dg 1 sendok makan air. Aduk cepat merata. Langsung tuang ke loyang yg sudah panas. Biarkan sampai muncul gelembung dan berlubang-lubang. Taburi gula pasir. Tutup loyang dan biarkan sampai matang
6. Cek kematangan martabak ditandai dengan permukaan martabak yang sudah tidak cair lagi, angkat lalu oleskan margarin
7. Beri isian sesuai keinginan. Beri susu kental manis. Belah jadi 2 bagian, tumpuk. Oles lagi permukaan kulit luarnya dengan margarin. Potong-potong. Sajikan hangat.

Keterangan : Resep Martabak manis ini bisa juga untuk Resep Martabak Mini, yang membedakan adalah loyang yang dipakai untuk martabak mini adalah loyang untuk kue lumpur

Artikel Resep Masakan Resep Martabak Manis Aneka Rasa ini dibuat oleh Kuliner Indonesia di www.kulineri.com

keyword : Resep martabak manis, resep martabak mini, resep martabak manis mini, cara membuat martabak manis, cara membuat martabak mini, loyang martabak mini, resep martabak manis bangka, resep martabak manis bandung, resep martabak coklat, resep martabak keju, resep martabak toblerone, resep martabak ovomaltine, resep martabak nutella, resep martabak pandan, resep martabak green tea, resep martabak manis terang bulan, resep martabak manis san fransisco, cara buat martabak, cara bikin martabak

Terima kasih telah berkunjung di Resep Martabak Manis Aneka Rasa

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia