Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

16 Tempat Wisata Kuliner di Jogja Murah dan Enak (Pagi, Siang Malam)

Artikel terkait : 16 Tempat Wisata Kuliner di Jogja Murah dan Enak (Pagi, Siang Malam)

16 Tempat Wisata Kuliner di Jogja Murah dan Enak (Pagi, Siang Malam)
16 Tempat Wisata Kuliner di Jogja Murah dan Enak (Pagi, Siang Malam)
16 Tempat Wisata Kuliner di Jogja Murah dan Enak (Pagi, Siang Malam) – Untuk daerah istimewa, kuliner jogja juga sangat istimewa. Tak hanya gudeg yang terkenal di jogja, banyak juga makanan di jogja yang menggoyang lidah para penikmat kuliner. Sebagai kawasan padat jogja menyimpan banyak sekali tempat wisata kuliner, dari mulai pagi hingga malam, dari angkringan sampai restoran, tak heran banyak pemburu kuliner mengidolakan kota jogja ini karen selain keramahan penduduknya tempat wisata kulinernya tergolong murah, enak dan juga rasanya "ngangenin" sehingga para wisatawan tak segan ingin berkali-kali berkunjung ke jogja karena merasa nyaman. Kali ini kulineri.com akan memberikan referensi untuk para penikmat kuliner, beberapa tempat ini referensi yang bagus untuk di coba adalah:

Tempat Wisata Kuliner Jogja Pagi

Jogja adalah salah satu tempat wisata tujuan utama bagi para wisatawan sehingga tempat wisata kuliner yang ditawarkan bahkan dimulai dari pagi hari saat sarapan hingga tengah malam. Untuk sarapan, tempat wisata jogja pagi hari didominasi jajanan pasar yang mengenyangkan dan baik untuk mengisi perut dan juga tenaga untuk mempersiapkan tubuh agar dapat berjalan-jalan dan beraktifitas di Yogyakarta. Beberapa tempat wisata pagi hari yang bisa anda coba antara lain 

Kuliner Jogja Jenang Gempol

Untuk merasakan kelezatan jajanan ini harus siap meluncur pada pagi hari sekitar pukul 06.00 sampai 09.00, terkadang jam 08.30 pun sudah ludes tak bersisa. Salah satu tempat yang melegenda terdapat di depan Pasar Sentul, Jalan Sultan Agung seberang Pakualaman. Jenang gempol adalah bubur atau jenang yang terbuat dari tepung beras dan gula merah yang manis rasanya, serta gempol yang bentuknya bulat kecil juga terbuat dari tepung beras, bubur jenang gempol kemudian di siram santan yang membuat rasanya menjadi perpaduan dari gurih,manis juga asin. Makanan yang mengenyangkan ini juga sering dibilang jenang grendul akan tetapi sangatlah berbeda, jenang grendul beberapa bahannya terbuat dari beras ketan sementara jenang gempol terbuat dari tepung beras sehingga teksturnya pun berbeda jauh. Dari segi harga, tentu sangat ekonomis dan murah meriah. Dibandrol mulai dari Harga Jenang Gempol Rp 2000 sampai Rp 5000 anda sudah dapat menikmati jenang gempol ini.

Kuliner Jogja Apem

Apem adalah jajanan berbentuk kue bulat pipih terbuat dari campuran tepung beras yang didiamkan semalam kemudian dipanggang. Sekilas kue ini mirip serabi dalam hal bahan dan pengolahan namun bentuknya lebih tebal. Diadaptasi dari india apem atau appam bisa dibilang makanan yang wajib dicoba ketika sedang berada di tanah jawa karena kue apem ini sangat sering hadir di berbagai upacara adat. Salah satu kue apem yang terkenal enak ada di Pasar Ngasem tempat dimana Apem Beras Bu Wanti yang terkenal enak. Yang membuat Apem ini istimewa adalah taburan parutan kelapa muda nya yang membuat rasanya gurih dan terasa renyah dan apem ini bisa dibuat tanpa menggunakan telur seperti apem pada umumnya. Tak sulit menemukan tempat ini karena berada di kawasan Pasar ngasem Yogyakarta dan ada papan nama tertulis. Buka pada pukul 05.00 sampai 13.00 Apem ini sangat cocok untuk jadi menu sarapan pada pagi hari anda. Dibandrol mulai dari Harga Apem Rp. 1.500 perbuah tanpa telur dan Rp 2.000 dengan telur, anda sudah bisa kenyang menikmati apem ini.

Kuliner Jogja Bubur Gudeg atau Jenang Gudeg

Ada perbedaan mendasar tentang jenang dan bubur gudeg meskipun beberapa orang tidak terlalu mempemasalahkannya. Biasanya kata-kata jenang identik dengan gula merah sehingga yang terbayang rasa nya akan manis namun jika memesan bubur gudeg ini nantinya akan disuguhkan pilihan tambahan seperti sambal krecek, Telur, Irisan daging ayam yang masih hangat dan mengepul ketika disajiakan sehingga makanan yang pas untuk sarapan di pagi hari ya bubur gudeg ini. lembutnya bubur yang dicampur kuah pedas dan manisnya gudeg ini pas dilidah. Salah satu bubur gudeg yang enak dan terkenal dari jaman dulu terletak di Jalan Ibu Ruswo/Yudonegaran, dengan nama Bubur Gudeg Bu Widi. Buka pukul 06.00 sampai habis. Harga Bubur Gudeg per-porsi Rp. 10.000.

Kuliner Jogja Sego Tiwul

Nasi Tiwul atau Sego Tiwul adalah campuran nasi putih dan tiwul yaitu makanan berwarna kecokelatan dan berasa manis yang terbuat dari singkong kering tumbuk, disajikan bersama sayuran seperti urap atau daun singkong dan lauk pauk yang cocok seperti ikan laut yang dipadu sambal yang pedas. Pangana yang terasa lebih sedap jika dimakan sewaktu hangat ini cocok untuk dijadikan sarapan ketika sedang berkunjung di kota jogja. Beberapa yang terkenal antara lain ada Penjual Tiwul di Jalan diponegoro Sekitar pojokan pertigaan pegadaian jalan ke arah bumijo yang Buka dari jam 05.30.

Tempat Wisata Kuliner Jogja Siang

Siang hari di Jogja tergolong panas, pada saat udara sedang terik-teriknya bisa memicu lapar secara tiba-tiba terutama jika melihat deretan kuliner jogja pada siang hari yang bagai embun pagi yang menyejukan ditengah teriknya panas matahari kota Yogyakarta. Beberapa diantaranya yang kami rekomendasikan adalah:

Kuliner Jogja Soto 

Bagi para pecinta soto, Soto Pak Soleh ini wajib di coba karena memiliki cita rasa khas jogja yang manis dan gurih. Sama seperti masakan soto jogja lainnya dengan komposisi bihun, kecambah, daging sapi, kol, wortel, daun bawang dan bawang goreng, soto yang satu ini memiliki cara proses masak yang berbeda dengan soto jogja yang lainnya, yaitu dengan memakai arang, tidak memakai kompor gas seperti pada tempat makan pada umumnya sehingga membuat rasa soto menjadi semakin special dan memiliki wangi yang khas. Jika anda tertarik mencoba soto yang satu ini bisa datang ke Jalan wiratama no. 84 Tegalrejo, Yogyakarta. Harga Soto Pak Soleh mulai dari Rp 10.000 per-porsi.

Kuliner Jogja Rujak Es Krim Pakualaman

Apa rasanya rujak buah-buahan yang pedas ditambahkan dengan es krim? jangan salah, rasanya SEGAR BANGET. Salah satu kuliner jogja yang anda harus coba adalah rujak es krim ini. Kombinasi buah-buahan yang diserut pada rujak umumnya seperti bengkoang, kedondong, mentimun, nanas dan jambu air yang dicampurkan dengan sambal gulamerah dan kacang yang segar dipadukan dengan es krim santan membuat panas terik jogja terasa lebih segar dan menambah semangat di pertengahan hari. Slah satu es krim rujak yang terknal adalah Rujak Es Krim Pak Nardi atau Pak Paino yang berada di sekitaran Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman

Kuliner Jogja Keraton Restoran Bale Raos

Jika anda ingin menikmati restoran dengan menu tradisional dengan tempat yang nyaman dan rasa premium maka Bale Raos adalah tempat yang tepat. Restoran ini memang khusus untuk melestarikan budaya keraton sehingga menu yang disediakan adlaah masakan-masakan kesukaan raja-raja keraton Yogyakarta. Anda harus mencoba Kapiratu yaitu hidangan pembuka khas keraton yang merupakan hidangan ringan kegemaran Sri Sultan Hamengkubuono VIII, dibuat dari daging sapi giling, di gulung dengan dadar telur, disajikan dengan acar ketimun dan wortel menyerupai lumpia basah. Disini ada pula selada jawa, sup timlo, urip-urip gulung, semur piyik dan masih banyak lagi hidangan tradisional spesial lainnya dengan cita rasa premium. Selain makana-makannya yang enak suasan disini juga terasa sangat historikal karena didominasi Bangunan joglo yang khas dengan ornament keraton jogja. Restoran Bale Raos beralamat di Jalan Magangan Kulon No. 1, Yogyakarta

Kuliner Jogja Oseng-oseng Mercon

Siapa yang suka pedas? Jika anda pecinta makanan pedas maka wajib mencoba oseng-oseng mercon, yaitu masakan berupa daging sapi tetelan yang dioseng-oseng (ditumis) dengan bumbu rempah, gula jawa dan cabe rawit yang super pedas sehingga dijuluki "mercon" karena sangat pedasnya. Oseng-oseng mercon yang terkenal ada di Oseng-oseng Mercon Bu Narmi yang terletak di  Jl. Purwodiningratan NG I No. 867 Yogyakarta. (Depan gedung PP Muhammdiyah Jl. KH Ahmad Dahlan). Seporsi oseng-oseng mercon dibandrol dengan harga sekitar 15 ribu rupiah lengkap dengan nasi.

Tempat Wisata Kuliner Jogja Malam

16 Tempat Wisata Kuliner di Jogja Murah dan Enak (Pagi, Siang Malam)
16 Tempat Wisata Kuliner di Jogja Murah dan Enak (Pagi, Siang Malam)
Malam di jogja begitu romantis katanya. Temaramnya lampu dan hangatnya keramahan penduduk menjadikan jogja begitu pas dijadikan tempat wisata. Ngomong-ngomong tentang tempat wisata, jangan lupakan juga beberapa tempat wisata kuliner jogja ketika malam yang seru dan sayang untuk dilewatkan, beberapa diantaranya adalah:

Kuliner Jogja Bakmi Jawa

Bakmi jawa adalah makanan berupa mie yang direbus dengan bahan yang juga dimasak satu persatu untuk menjaga rasa nya. Biasa disebut dengan bakmi godhog atau bakmi nyemek, perbedaannya terdapat pada kuah, biasanya bakmi nyemek kuahnya lebih sedikit. Beberapa bakmi jawa yang terkenal antara lain adalah bakmi langganan mantan presiden soeharto yaitu Bakmi Harjo Geno di Pasar Prawirotaman, Jl. Parangtritis Km 2 dan adapula Bakmi Kadin (Karto Kasidin) di Jl. Panembahan Senopati No.6, Wirogunan, Mergangsan dan Bakmi Mbah Wito di Jalan Lingkar Utara, Piyaman. Anda bisa pilih yang mana yang paling pas untuk anda. Harga Bakmi jawa tiap tempat makan bervariasi berkisar anatar 20 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah.

Kuliner Jogja Angkringan

Di jogja, angkringan sangat mudah ditemui di berbagai sudut kota namun Angkringan Lik Man adalah angkringan legendaris karena sudah ada sekitar tahun 1969 dan menjadi pelopor angkringan yang ada di jogja, selain itu banyak juga tokoh terkenal dan seniman yang pernah ‘nongkrong’ di sini. Minuman yang menjadi favorit dari angkringan ini adalah kopi joss yang disajikan dengan diberi arang pada kopi panas sehingga berbunyi mendesis. Makanannya pun beragam ada sego kucing dengan berbagai lauk, gorengan, mendoan, jadah bakar (Ketan bakar) seperti pada umumnya angkringan di jogja. Harga bervariasi mulai dari Rp 1000 sampai Rp 5000. Untuk minumannya juga bervariasi mulai dari Rp2000 sampai Rp 4000. Angkringan Lik Man dahulu sering berpindah tempat sekarang sudah menetap di sebelah utara Stasiun Tugu, jogja. buka pukul 18.00 sampai selesai.

Kuliner Jogja Sate Klatak

Sate klatak adalah makanan yang bisa ditemui di jogja yaitu berupa sate yang terbuat dari daging kambing muda dimana tusuk satenya terbuat dari besi. Ukuran potongan daging pada sate klatak lebih besar dari sate biasanya dan juga hanya disediakan sebanyak dua tusuk. Perbedaan mencolok lainnya dari sate biasa adalah kuah sate klatak adalah gulai kambing kental. Ada dua tempat makan sate klatak yang terkenal yaitu Sate Klatak Pak Bari di Jl. Kedaton, Pleret, Bantul dan Sate Klatak Pak Pong Jl. Imogiri Timur KM. 10, Wonokromo, Pleret, Bantul. Harga per porsi sate klatak berkisar anatar 12- 16 ribu rupiah.

Kuliner Jogja Wader Goreng

Wader Goreng adalah makanan berupa ikan kecil yang dikenal dengan nama wader dibumbui dengan tepung dan digoreng hingga garing dan renyah. Wader goreng biasanya disajikan bersama sambal bawang atau sambal terasi, Cocok juga dipadukan dengan oseng daun singkong. Beberapa tempat makan yang menyediakan wader goreng diantaranya adalah Warung Sego Wader Pak Suko yang beralamat di Jalan Jogja-Wonosari km.7. Harga Wader Goreng disini dibandrol dengan harga mulai 15 ribu rupiah suda dilengkapi dengan nasi, sambal dan minuman. Terdapat pula aneka jenis ikan tawar seperti ikan nila, ikan lele, ikan gabus dan belut yang bisa anda pilih sesuai selera.

Oleh-oleh Khas Jogja

16 Tempat Wisata Kuliner di Jogja Murah dan Enak (Pagi, Siang Malam)
16 Tempat Wisata Kuliner di Jogja Murah dan Enak (Pagi, Siang Malam)
Setelah puas berwisata kuliner dari pagi hingga malam hari maka pada saatnya pulang tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas dari kota tersebut. Apa saja oleh-oleh khas jogja yang bisa anda bawa pulang? berikut ini kami rangkum untuk anda beberapa referensi oleh-oleh khas jogja.

Oleh-oleh Khas Jogja Molen Londo 

Anda pasti pernah merasakan nikmatnya molen, makanan berupa isisan pisang yang di balut kulit tepung ini banyak difavoritkan orang karena rasanya yang lezat dan manis bercampur giurih membuat lidah bergoyang. Molen yang satu ini berbeda dengan molen lainnya, ukurannya yang besar dapat membuat kenyang hanya dengan satu buah saja. Molen londo yang super besar ini dapat anda temui di depan minimarket Senturan, Sleman, Yogyakarta. Harganya juga sesuai dengan bentuknya yang besar yaitu Rp. 6000 per-buah.

Oleh-oleh khas Jogja Yangko

Tak lengkap rasanya jika datang ke jogja tidak membawa oleh-oleh khas, salah satunya kue yangko, jajanan yang mirip kue moci ini terbuat dari tepung ketan yang bertekstur kenyal berisi kacang cincang yang membuat rasanya menjadi manis legit. Penampilan kue yangko yang berbentuk kotak-kotak kecil dan berwarna cerah bertabur tepung ini sangat menarik, dalam satu kotak umumnya berisi 30 buah harga berkisar Rp. 8000 sampai Rp. 10.000 dengan rasa yang bervariasi . Salah satu yang wajib dicoba adalah Yangko Pak Prapto yang beralamat di Jalan pramuka no.82 Yogyakarta.

Oleh-oleh khas Jogja Ampyang

 Jajanan khas Yogyakarta ini pas dijadikan oleh-oleh karena awet dan mudah dibawa berpergian. Ampyang adalah jajanan berasa manis yang terbuat dari gula jawa atau gula merah, kacang tanah dan jahe. Merk ampyang yang terkenal adalah Ampyang Ibu Suharti yang berlokasi di Jalan Wijilan Yogyakarta. Sebenarnya di jogja banyak juga yang menjual ampyang dengan harga jual per bungkus Rp 10.000 sampai Rp 20.000.

Oleh-oleh Khas Jogja Bakpia Pathuk

Bakpia Pathuk adalah oleh-oleh khas jogja yang sangat populer karena sudah hampir wajib jika ke jogja ketika akan kembali pulang oleh-oleh yang dibawa haruslah bakphia pathuk. Bakpia pathuk adalah pia berbentuk bulat pipih  dengan kulit yang renyah namun lembut dengan isian beraneka macam seperti kacang hijau, keju, cokelat hingga rasa modifikasi seperti cappuccino. Bakpia pathuk biasanya dinamai dengan nomor dibelakangnya yang menandakan nomor rumah tempat bakpia itu dahulu diproduksi. Beberapa Bakpia yang terkenal adalah Bakpia 25 yang berada di Ongko Joyo Jl. AIP II KS Tubun 65,dan bakpia merlino yang menambahkan isian unik seperti ubi ungu, green tea atau cappuccino beralamat di  Jl. R.E Martadinata no.24B.

Sekian artikel dari kami, semoga dapat memberikan inspirasi dan menambah informasi
Baca Juga Artikel tentang Tempat Wisata Kuliner di Tempat Lainnya
10 Tempat Wisata Kuliner Khas Cirebon yang Terkenal Enak dan Murah

Artikel 16 Tempat Wisata Kuliner di Jogja Murah dan Enak (Pagi, Siang Malam) ini dibuat oleh Kuliner Indonesia di www.kulineri.com

Terima kasih telah berkunjung di 16 Tempat Wisata Kuliner di Jogja Murah dan Enak (Pagi, Siang Malam)

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia