Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Tips mengolah dan manfaat susu perah terbaik

Artikel terkait : Tips mengolah dan manfaat susu perah terbaik

susu perah sapi
Ilustrasi susu perah
Tips mengolah dan manfaat susu perah terbaik - Susu merupakan minuman yang lazim dikonsumsi oleh hampir semua orang, karena asupan makan pertama yang dikonsumsi oleh umat manusia adalah susu. Bahkan tak sedikit orang yang tetap mengkonsumsi susu seiring pertumbuhannya karena selain menyehatkan, manfaat susu juga dapat membantu menjaga kondisi tubuh untuk tetap fit. Saat ini susu diolah menjadi beragam hidangan seperti Minuman Susu aneka rasa, Mie Kuah Susu dan Puding Susu Caramel.

Pemilihan dan pengolahan Bahan Susu Perah Alami

Pemilihan bahan salah satu kreasi olahan susu yang cukup happening saat ini adalah minuman susu aneka rasa seperti rasa strawberry, kopi, gingseng, teh hijau dan pisang. Untuk membuat minuman susu aneka rasa yang enak maka bahan utama berupa susu harus diperhatikan, sebaiknya pilih susu segar yang berasal dari ternak perah seperti sapi perah, kambing perah maupun kerbau perah karena kemudian susu perah lebih terjaga dibanding susu UHT dan full krim yang biasanya telah ditambahkan zat zat tertentu Namun sebelum diolah susu perah harus direbus terlebih dahulu selama 25 menit di atas api sedang hingga mencapai suhu rata-rata 80 sampai 100 derajat Celcius. Proses ini bertujuan untuk membunuh bakteri patogen perusak susu sehingga daya tahan susu tubuh bisa lebih lama. Agar tekstur susu tidak pecah maka sepanjang proses merebus susu harus terus diaduk satu arah, susu yang telah mencapai suhu 70 sampai 80 derajat Celcius bisa diindikasikan dengan munculnya lemak susu atau di atas permukaan susu yang tengah direbus. Jika anda suka, lemak tersebut juga bisa dikonsumsi.
meski susu segar identik dengan aroma berbau amis,  Anda tak perlu khawatir. untuk menetralisir aroma tak sedap itu, Saat merebus susu Anda bisa menambahkan sedikit jahe yang telah digeprek.

Kemasan untuk Susu Perah

Untuk kemasan minum susu aneka rasa sebaiknya menggunakan PACKAGING berbahan kaca atau alumunium seperti botol dan kaleng. namun jika menggunakan bahan dasar plastic, pilihlah plastik yang tebal dan berkualitas bagus.
Untuk penyimpanan olahan susu yang telah direbus dan dikemas sebaiknya disimpan dalam lemari es bersuhu 1 sampai 5 derajat Celcius. pada suhu tersebut bisa bertahan hingga 1 bulan akan tetapi sebaiknya tidak menyimpan susu di dalam freezer karena akan membuat lemak susu menggumpal


Terima kasih telah berkunjung di Tips mengolah dan manfaat susu perah terbaik

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia