Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Cara Membuat Makanan Basah Kucing Persia, Anggora dan Kucing Kampung (Raw Food)

Artikel terkait : Cara Membuat Makanan Basah Kucing Persia, Anggora dan Kucing Kampung (Raw Food)

Cara Membuat Makanan Basah Kucing Persia, Anggora dan Kucing Kampung (Raw Food)
Cara Membuat Makanan Basah Kucing Persia, Anggora dan Kucing Kampung (Raw Food)
Cara Membuat Makanan Basah Kucing Persia, Anggora dan Kucing Kampung (Raw Food) - Setelah sebelumnya kita membahas Cara Membuat Makanan Kucing Dry Food Persia, Anggora dan Kucing Kampung Taukah anda bahwa sebenarnya makanan basah / wet food yang tidak dimasak / raw food asal terjaga kebersihannya dan terhindar dari bakteri dan parasit malah lebih menyehatkan dan bermanfaat sangat banyak untuk kucing. Membuat makanan kucing (makanan basah/ Raw Food) sendiri sebenarnya tidak sesulit dan seribet yang kita bayangkan jika dibandingkan dengan manfaat yang akan diperoleh bagi kita dan kucing peliharaan kita. Beberapa manfaat yang sudah pasti adalah :

  • Lebih banyak nutrisi yang terserap oleh peliharaan, terlebih Zinc
  • Resiko intoleransi makanan lebih kecil
  • Feses kucing lebih tidak berbau dari peliharaan yang mengkonsumsi makanan dryfood
  • Bulu lebih bersinar
  • Anda bisa memilih apa saja yang sebaiknya dimakan oleh kucing agar nutrisinya tetap seimbang dan kucing tidak cepat bosan.
  • Lebih hemat, anda bisa membuat makanan dengan kuantitas yang lebih banyak dengan harga yang lebih murah.

Lalu, bagaimana cara membuatnya? pertama-tama anda harus mempunyai alat penggiling daging (Grinder) atau alat yang memungkinkan bisa menghaluskan daging dan tulang secara merata. Siapkan pula pencetak es batu yang berukuran besar untuk menyimpan makanan yang sudah dibuat didalam frezzer sehingga anda tinggal membuat makanan dalam porsi besar dan menghangatkannya jika waktunya si kucing makan.

Resep 1
400 gram daging ayam tanpa kulit
50 gram ceker ayam
25 gram hati ayam
25 gram jantung ayam
1 kapsul minyak ikan
10 ml air matang
Hancurkan bagian-bagian ayam dengan alat penggiling hingga hancur dan rata, buka kapsul minyak ikan, campurkan ke dalam air, aduk rata lalu tambahkan ke dalam daging yang sudah digilng. Aduk rata lalu masukan ke dalam cetakan es, taruh ke dalam freezer dan hangatkan hingga mencair jika waktu makan kucing telah tiba.

Resep 2
300 gram daging ayam dengan kulit
50 gram sayap ayam
25 gram hati ayam
25 gram campuran otak dan limfa ayam
1 sendok makan minyak kelapa
10 ml air matang
Hancurkan bagian-bagian ayam dengan alat penggiling hingga hancur dan rata, campurkan minyak kelapa ke dalam air, aduk rata lalu tambahkan ke dalam daging yang sudah digilng. Aduk rata lalu masukan ke dalam cetakan es, taruh ke dalam freezer dan hangatkan hingga mencair jika waktu makan kucing telah tiba.

Resep 3
500 gram daging ikan utuh (bisa salmon, tuna, tongkol dan lainnya)
1 butir telur ayam
1 ruas jari kunyit
Hancurkan ikan beserta durinya dengan menggunakan alat penggiling. Kocok lepas telur lalu tambahkan minyak kelapa. Campurkan daging yang sudah digiling dengan campuran telur. Aduk rata lalu masukan ke dalam cetakan es, taruh ke dalam freezer dan hangatkan hingga mencair jika waktu makan kucing telah tiba.

Catatan : Untuk salmon sebaiknya harus ditaruh frezzer selama kurang lebih 2 minggu agar parasit yang terdapat dalam ikan salmon mati.

Resep 4
500 gram daging sapi atau kambing
50 ml kaldu iga/sengkel
25 gram hati sapi/kambing
10 gram brokoli
1 kapsul minyak ikan
Hancurkan daging, hati sapi atau kambing dan brokoli menggunakan penggiling. Campurkan kaldu dan minyak ikan yang telah dibuka kapsulnya, tambahkan ke dalam campuran daging. Aduk rata lalu masukan ke dalam cetakan es, taruh ke dalam freezer dan hangatkan hingga mencair jika waktu makan kucing telah tiba.

Resep 5
250 gram daging sapi atau kambing
200 gram babat sapi atau kambing
25 gram limfa atau otak (kambing atau sapi)
25 gram wortel
1 butir telur
1 sdm minyak kelapa
Hancurkan daging, babat, limfa sapi atau kambing dan wortel menggunakan penggiling. Campurkan telur yang sudah dikocok lepas dan minyak kelapa, tambahkan ke dalam campuran daging. Aduk rata lalu masukan ke dalam cetakan es, taruh ke dalam freezer dan hangatkan hingga mencair jika waktu makan kucing telah tiba.

Resep 6
500 gram daging ikan utuh (bisa salmon, tuna, tongkol dan lainnya)
25 gram hati ayam
1 sendok teh cuka apel
10 gram mentimun
Hancurkan ikan beserta durinya dan hati ayam dengan menggunakan alat penggiling. Campurkan daging yang sudah digiling dengan cuka apel. Aduk rata lalu masukan ke dalam cetakan es, taruh ke dalam freezer dan hangatkan hingga mencair jika waktu makan kucing telah tiba.

Takaran Makanan Untuk Kucing dan Tips Memberikan Raw Food

- Sebaiknya takaran makan kucing dalam satu kali makan sebanyak 2-3% dari berat badan ideal kucing, misalnya Kucing dengan berat badan 5 Kg maka berikan makanan sebanyak 125 gram.
- Waktu makan kucing sebaiknya 3 kali sehari umur dibawah 12 minggu dan 2 kali sehari untuk umur diatas 12 minggu
- Jika dikombinasikan dengan dry food sebaiknya diberikan jeda 6 jam sebelum makan atau beda hari agar menghindari gangguan pencernaan
- Jangan tambahkan garam, bawang, kismis, anggur, alpukat, coklat, biji apel atau minuman berkafein seperti kopi dan teh.
- Periksa feses kucing anda untuk memastikan apakah kebutuhannya terpenuhi atau tidak. Feses kucing berwarna putih dan keras mengindikasikan kucing terlalu banyak mengkonsumsi tulang sementara feses berwarna gelap atau kehitaman dengan konsistensi lembek maka kucing terlalu banyak mengkonsumsi jeroan.
Jangan Lupa untuk membaca artikel Cara Membuat Makanan Kucing Dry Food Persia, Anggora dan Kucing Kampung Karena selain anda dapet mendapatkan resep cara membuat makanan kucing dryfood yang mudah dibuat juga terdapat tips makanan yang dapat diberikan agar kucing cepat gemuk.


Terima kasih telah berkunjung di Cara Membuat Makanan Basah Kucing Persia, Anggora dan Kucing Kampung (Raw Food)

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Kuliner Indonesia

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia