Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

8 Cara Menghilangkan dan Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Artikel terkait : 8 Cara Menghilangkan dan Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

8 Cara Menghilangkan dan Mengatasi Bau Mulut
Sumber Livestrong . com

8 Cara Menghilangkan dan Mengatasi Bau Mulut Secara Alami - Bau mulut merupakan suatu penyakit atau gejala/akibat dari suatu penyakit. Sebagian orang tidak menyadari bahwa ia mempunyai bau mulut namun sebagian lainnya malah merasa mempunyai bau mulut padahal tidak sama sekali. Yang pasti bau mulut dapat membuat penderita nya tidak percaya diri karena sungkan untuk berbicara atau membuka mulut sehingga sebisa mungkin dihindari oleh banyak orang.
Penyebab bau mulut
Bau mulut dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa dengan berbagai penyebab fakta kebersihan hingga gejala atau akibat dari suatu penyakit yang menyebabkan bau mulut. Apa saja penyebab yang mungkin dapat menimbulakan bau mulut? Berikut adalah daftarnya

Penyebab Bau Mulut

1. Bau Mulut Karena Kurang Menjaga Kebersihan Mulut. 

Kebiasaan jarang menggosok gigi setiap hari akan menyebabkan bau mulut. Hal ini terjadi karena sisa-sia makanan yang dikonsumsi menempel atau terselip pada gigi yang nantinya mengundang bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, bakteri tersebut bisa menyebabkan infeksi yang menyerang gigi dan mulut sehingga terasa sakit dan memperparah bau mulut.

2. Bau Mulut Karena Makanan atau Minuman. 

Beberapa macam makanan dengan aroma kuat dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap contoh nya bawang merah, bawang putih, petai, jengkol, durian atau terasi. Hal ini terjadi karena makanan tersebut tertinggal di sela gigi atau makanan tersebut dicerna oleh tubuh, di sebarkan melalui darah dan masuk ke dalam paru-paru sehingga menyebabkan nafas aromanya menjadi tidak sedap dan bau mulut.


3. Bau Mulut Karena Rokok atau Tembakau. 

Tembakau (bisa dalam bentuk lintingan untuk dikulum dan dikunyah) atau kebiasaan merokok dapat menyebabkan bau mulut karena dapat merusak gigi, menghalangi aliran darah ke gusi sehingga mulut mudah terkena infeksi. Dari infeksi ini lah penyebab bau mulut yang menetap pada pengkonsumsi tembakau.


4. Bau Mulut Karena Mulut Kering.

Pernah kan anda merasa mulut anda bau ketika bangun tidur? Fakta nya, mulut anda kering selama semalaman terutama jika anda tidur dengan mulut terbuka sehingga pagi nya ketika anda bangun maka mulut anda menjadi bau. Hal ini juga bisa berlaku saat menjalakan puasa atau ketika anda kurang minum/cairan. Keadaan mulut yang lembab akan mengurangi bau mulut anda sehingga perbanyaklah konsumsi air putih setiap hari atau konsumsi permen karet mengandung xylitol yang dapat memperbanyak produksi air liur sehingga mulut tetap lembab.


5. Bau Mulut Karena Obat-Obatan. 

Konsumsi obat-obatan tertentu secara tidak langsung dapat menyebabkan bau mulut karena efek samping dari obat yang menyebabkan mulut menjadi kering dan mencetuskan bau mulut. Jenis - jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan mulut kering contoh nya adalah obat diuretik, antihistamin, atau antidepresan.

6. Bau Mulut Karena Infeksi Pada Bagian Mulut, Gigi, Gusi atau Saluran Tenggorokan. 

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada bagian - bagian mulut tanpa terkecuali, akan menyebabkan bau mulut dan nafas tidak segar hal ini dikarenakan bakteri memakan sisa makanan yang menumpuk dan menempel pada gusi dan gigi, membuat nya busuk dan terjadi lah bau mulut. Bisa juga infeksi ini terjadi karena adanya gangguan pada tenggorokan oleh bakteri di bagian amandel atau sinus. Pada bagian sinus, jika terjadi infeksi dan inflamasi akan menyebabkan mulut kering sehingga memperparah bau mulut.

7. Bau Mulut Karena Efek Samping Suatu Penyakit. 

Penyakit yang bisa jadi menyebabkan bau mulut antara lain infeksi saluran pernafasan seperti pneumonia atau bronkitis, infeksi sinus yang kronis, diabetes, penyakit liver, penyakit ginjal, dan gerds (refluks asam lambung). Penyakit tersebut dapat menyebabkan bau mulut bisa karena aktifitas bakteri atau menyebabkan mulut menjadi kering sehingga terjadi bau mulut.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Berikut ini adalah beberapa cara alami dan tradisional menghilangkan bau mulut yang dikutip dari buku Kitab Resep Herbal. Anda bisa memilih resep mana yang paling cocok untuk anda, selamat mencoba.

1. Cara Menghilangkan Bau Mulut

- Siapkan bahan-bahan berupa:
  • Bunga kapulaga 10 kuntum
  • Bunga sirih 10 kuntum
  • Bunga Tanjung 10 kuntum
  • Air matang secukupnya
- Semua bahan dihancurkan dan ditambahkan air matang secukupnya, setelah tercampur ramuan disaring, gunakan air nya untuk berkumur-kumur.
  • Kapulaga banyak mengandung minyak atsiri, saponin, flavonoida, dan polifenol. Dan minyak atsri terdiri dari terpinoel, terpinil, sineol, borneol, dan beta kamfer. Berfungsi untuk meningkatkan produksi air liur agar menjaga mulut tidak kering sebagai penyebab bau mulut, sebagai agen anti-bakteri yang sering menjadi penyebab bau mulut dan efek menenangkan, hangat serta membantu mengencerkan dahak sehingga dapat mengurangi penyumbatan pada hidung dan tenggorokan yang bisa juga menjadi faktor pencetus bau mulut.
  • Sirih mengandung senyawa eugenol, kavikol, allipyrokatekol dan kavibetol yang dapat berfungsi sebagai zat antiseptik sehingga mematikan bakteri penyebab bau mulut.
  • Bunga Tanjung memiliki aroma yang sangat khas, hal ini disebabkan adanya kandungan minyak atsiri Benzeneethanol yang dapat menyamarkan bau mulut.

2. Cara Mengatasi Bau Mulut

- Siapkan bahan-bahan berupa:
  • Kapulaga 10 butir
  • Pegagan 30 gram
  • Air 400 ml
- Rebus semua bahan dengan air hingga tersisa setengah nya. Setelah dingin, air rebusan disaring. Minum air rebusan sekaligus.
  • Kapulaga sudah dijelaskan khasiat nya untuk mengatasi bau mulut, sedangkan Pegagan mengandung triterpenoid, brahmoside (Bacoside A), dan brahminoside yang memiliki sifat sedatif (menenangkan) dan mampu merelaksasi pembuluh darah yang tegang dimana fungsinya agar luka pada mulut, gigi dan gusi tidak memperparah bau mulut.
8 Cara Menghilangkan dan Mengatasi Bau Mulut
Sumber ione . ae


3. Cara Mengobati Bau Mulut

- Daun kemangi secukupnya, makan sebagai lalapan (mentah)

  • Minyak atsiri pada daun kemangi memiliki efek sebagai antibakteri yang biasanya menjadi penyebab bau mulut ditambah aromanya yang wangi dapat menyamarkan bau mulut.

4. Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

- Siapkan bahan-bahan berupa:
  • Daun Cabai Jawa 3 lembar
  • Air panas 1 gelas
- Daun cabai Jawa ditumbuk lalu diseduh dengan 1 gelap air panas, gunakan air nya selama hangat untuk berkumur-kumur
  • Daun Cabai Jawa mengandung Piperine yang mempunyai daya analgesik yaitu menghilangkan rasa sakit, antiinflamasi, dan menekan susunan saraf pusat, sehingga bagian mulut yang sakit akan terasa lebih ringan dan anti-jamur yang bisa jadi salah satu penyebab bau mulut.

5. Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

- Siapkan bahan-bahan berupa:
  • Adas 1 sendok teh
  • Daun beluntas 1 cangkir
  • Kapulaga 2 biji
  • Air 1 gelas
- Semua bahan dicuci bersih lalu di rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih selama 1/2 jam. Setelah hangat, air rebusan diperas. Gunakan air rebusan untuk kumur-kumur lalu di telat, lakukan 3 kali sehari selama beberapa hari.

  • Adas dengan kandungan minyak atsiri nya berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur sebagai salah satu penyebab bau mulut
  • Daun Beluntas berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri dan memiliki aroma yang khas sehingga dapat menyamarkan bau mulut

atau bisa juga dengan cara, cuci bersih daun beluntas lalu kukus, jadi kan lalapan selama beberapa hari.

6. Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Tradisional

- Siapkan bahan-bahan berupa:

  • Daun muda jeruk nipis 15 helai
  • Tepung beras secukupnya

- Daun jeruk nipis dicuci bersih dan dilumatkan/hancurkan, tambahkan tepung beras dan aduk hingga rata lalu bentuk butiran kecil. Celupkan/masukan ke dalam air ramuan tersebut lalu minum 3 kali sehari sesudah makan selama beberapa hari.

  • Daun Jeruk Mengandung minyak terbang limonene dan linalool yang berfungsi sebagai agen anti bakteri dan anti jamus, baunya yang aromatik juga dapar menyamarkan bau mulut.

7. Cara Mengobati Bau Mulut Secara Alami

- Siapkan bahan-bahan berupa:

  • Kuntum bunga melati 30 buah
  • Air matang 1 gelas

- Rendam kuntum bunga melati dengan air matang selama 1 malam dalam keadaan tertutup walah kaca, minum ramuan setiap pagi selama 5 hari berturut-turut. Atau bisa juga dengan cara

- Siapkan bahan-bahan berupa:

  • Daun sirih 5 helai
  • Air 3 gelas

- Daun sirih dicuci hingga bersih lalu di rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih selama 15 menit. Setelah dingin air nya digunakan untuk kumur-kumur 3 kali sehari masing-masing 2 sendok makan selama beberapa hari

  • Bunga melati mengandung senyawa benzaldehid dan asam benzoat yang berfungsi sebagai anti jamur dan anti bakteri. Wanginya yang aromatik juga dapat menyamarkan bau mulut. Sementara khasiat daun sirih untuk bau mulut sudah dijelaskan sebelumnya.

8. Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Tradisional


- Siapkan bahan-bahan berupa:

  • Kunyit 2 jari
  • Gula aren secukupnya
  • Air 1 gelas

- Kunyit dicuci bersih, diparut dan diremas dengan air. Tambahan gula aren dan aduk hingga rata lalu peras dan saring. Minum ramuan sekaligus pada malam hari menjelang tidur selama beberapa hari. atau bisa juga dengan ramuan temulawak

- Siapkan bahan-bahan berupa:

  • Temulawak secukupnya
  • Gula aren sedikit

Temulawak di iris, di rebus dengan air dan tambahan sedikit gula aren. Minum ramuan ini setiap hari.

  • Temulawak dan Kunyit mempunyai senyawa kurkumin yang sudah terkenal sebagai anti bakteri, anti jamur dan anti inflamasi sehingga dapat mengatasi bau mulut.

Tips Menghilangkan Bau Mulut

  1. Selalu Menjaga Kebersihan Mulut dan gigi dengan cara menggosok gigi sesudah makan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, kumur-kumur dengan obat kumur (mouthwash) agar bagian belakang mulut, lidah dan sela-sela gigi juga ikut dibersihkan. Jika perlu gunakan dental floss untuk menjangkau bagian sela-sela gigi dari sisa-sisa makanan yang bisa menyebabkan bakteri masuk dan membuat mulut menjadi bau.
  2. Hindari Tembakau, baik dengan cara dihisap (merokok) atau dikunyah. Tembakau menyebabkan bau mulut yang tidak hilang dan sifatnya menetap meskipun sudah mengkonsumsi penyegar mulut yang sifatnya hanya menutupi sementara.
  3. Kunyah permen karet mengandung xylitol yang dapat memperbanyak produksi air liur, selain itu biasanya permen jenis ini juga mengandung aroma yang dapat menutupi bau mulut.
  4. Konsumsi air putih secara teratur dan cukup. Kondisi mulut yang kering akan menyebabkan atau memperparah bau mulut anda.
Demikian adalah beberapa hal yang dapat kami informasikan terkait bau mulut, baik penyebab dan tips menghilangkannya.


Terima kasih telah berkunjung di 8 Cara Menghilangkan dan Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Kuliner Indonesia

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia