Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Resep Wingko Babat Praktis Tahan Lama

Artikel terkait : Resep Wingko Babat Praktis Tahan Lama

Resep Wingko Babat Praktis Tahan Lama
Resep Wingko Babat Praktis Tahan Lama
Resep Wingko Babat Praktis Tahan Lama - Wingko atau wingko babat adalah salah satu oleh-oleh kuliner yang khas di sekitaran pantai utara pulau jawa terlebih lamongan dan semarang salah satu merek yang terkenal adalah Kereta Api. Harga wingko babat dijual bervariasi tergantung daerah dan merek. Rasa wingko sendiri gurih yang berasal dari kelapa dan manis legit campuran dari ketan dan gula. Wingko biasanya berbentuk bulat atau kotak tergantung cetakan yang digunakan dan dilapisi kertas. Meskipun sudah berkembang menjadi beraneka macam rasa dan varian seperti durian, keju, atau nangka, wingko babat asli masih sangat difavoritkan kerena keontetikannya. Kesulitan mengolah wingko biasanya ketika memasak wingko ternyata teksturnya menjadi keras dan liat. Biasanya hal ini terjadi karena ketika mengaduk adonan wingko belum sepenuhnya tercampur rata atau lumer. Selain itu, kelemahan wingko adalah tidak tahan lama atau cepat basi. Wingko biasanya hanya tahan tiga hari setelah itu aroma dan rasa wingko mulai berubah. Salah satu cara agar wingko tahan lama adalah memasukannya ke dalam lemari es atau kulkas. Itupun hanya tahan sekitar satu minggu. Kecuali, wingko telah ditambahkan BTM (Bahan tambahan makanan) berupa benzoat atau sorbat sebagai pengawet maka wingko bisa lebih tahan lama.
Resep lain agar wingko tahan lama adalah dengan penambahan bubuk kulit kayu manis atau cengkeh pada adonan.Hal ini bisa sangat membantu karena cengkeh dan kulit kayu manis mengandung bahan pengawet alami. Namun, hal ini jarang dilakukan karena akan merubah keotentikan rasa dan aroma dari wingko. Sebaiknya, wingko memang disantap selagi hangat-hangat sambil minum teh tubruk di sore hari. Penasaran mau taua bagaimana cara membuat wingko babat? Berikut adalah resepnya


Resep Wingko Babat Semarang Asli

200 gram gula pasir
150 gram santan kelapa kental dari setengah butir kelapa
1/2 sdt garam
1/6 sdt vanili bubuk
150 gram tepung ketan
200 gram kelapa parut kasar
Minyak goreng untuk mengoles

Cara Membuat Wingko Babat Kereta Api

1. Larutkan gula pasir, garam, dan vanili bubuk di dalam santan . Panaskan sebentar lalu aduk hingga gula larut. Dinginkan, sisihkan.
2. Campurkan tepung ketan dan kelapa parut. Aduk rata. Masukkan rebusan santan sedikit sedikit sambil diaduk rata.
3. Bentuk bulat pipih. Panggang diatas wajan teflon yang sudah dioles tipis minyak goreng sambil dibolak balik hingga matang
4. Hidangkan selagi hangat

Tips agar Resep Wingko Enak


  • Ada beberapa resep yang menambahkan kuning telur ayam kampung pada adonan wingko agar rasanya lebih gurih, tetapi kurang disukai karena baunya yang menjadi lebih amis. Cara mengatasi bau amis pada telur adalah menambahkan air parutan jahe.
  • Gunakan kelapa muda untuk membuat wingko. Kelapa tua lebih keras dan menghasilkan tekstur yang lebih liat.
  • Jika anda tidak ingin menggunakan vanili dan menginginkan aroma asli wingko babat caranya adalah melapisi panggangan dengan daun pisang diatas dan dibawah adonan. Selain menambah aroma, daun pisang menjadikan wingko mengkilat.
  • Cara membuat wingko khas yang lainnya adalah tanpa tambahan bahan cair apapun baik air atau santan. Caranya adalah mencampurkan Parutan kelapa di wadah bekas memarut dan campur dengan Gula pasir. Aduk dengan tangan hingga Lumer atau keluar air dari adonan. Hal ini dipercaya menciptakan aroma wingko yang lebih otentik.
Artikel Resep Wingko Babat Praktis Tahan Lama ini dibuat oleh Resep Masakan di www.kulineri.com

Terima kasih telah berkunjung di Resep Wingko Babat Praktis Tahan Lama

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Kuliner Indonesia

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia