Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Resep Kue Lekker Holand Boterkoek Anti Gagal

Artikel terkait : Resep Kue Lekker Holand Boterkoek Anti Gagal


Resep Kue Lekker Holand Boterkoek Anti Gagal
Resep Kue Lekker Holand Boterkoek Anti Gagal
Resep Kue Lekker Holand Botterkoek Anti Gagal - Kue Lekker Holland adalah olahan makanan berupa kue yang artinya enak dari Bahasa belanda. Aslinya kue ini bernama boterkoek atau Dutch Buttercake. Dinamakan seperti itu karena aroma butter dari kue ini memang tajam. Tekstur dari lekker holland ini bisa digambarkan seperti perpaduan bolu dan kue kering yaitu lembut didalam tetapi kering dan renyah diluar seperti tekstur kue kering pada umumnya. Namun, tidak seperti kue pada umumnya yang memiliki beraneka macam bahan, lekker holland atau boterkoek sebenarnya hanya perlu 4 bahan dasar inti saja yaitu butter, tepung, gula dan telur. Penambahan dan pengurangan pada resep lain mungkin disesuaikan dengan selera eksekutor resep. Ciri dari lekker holland ini adalah garis garis yang terdapat pada bagian atas kue dan rasanya yang sangat khas. Lekker holland biasa disantap dengan potongan kecil dan sangat cocok ditemani secangkir kopi. Meskipun kue aslinya polos dengan garis-garis tetapi boterkoek bisa dihias dengan kismis atau keju sebagai pemanis dan penembah rasa.
Kue yang sedang booming dan hits di kalangan grup masak,komunitas dan bloger terkenal seperti ncc,jtt,LE,catatan nina dan lainnya wajib dicoba untuk kamu suka berkreasi dengan cake dan kue tetapi ingin membuat kue yang simpel dan mudah. Berikut adalah resep yang sedikit dimodifikasi untuk lebih menonjolkan rasa dari boterkoek alias lekker holland ini.

Resep Lekker Holland Boterkoek Antigagal

200 gram butter
200 gram gula pasir
250 gram tepung terigu
1 Butir telur
1 buah kuning telur
Vanili
Sejumput garam
Resep Kue Lekker Holand Boterkoek Anti Gagal
Resep Kue Lekker Holand Boterkoek Anti Gagal

Cara Membuat Lekker Holland Boterkoek Lembut Renyah

- Panaskan oven, olesi loyang kue kering atau loyang bongkar pasang (sebaiknya ukuran 30x30) dengan mentega dan ditaburi tepung tipis tipis, ratakan. Sisihkan
- Campurkan butter, gula pasir, telur, vanili dan garam, Kocok dengan kecepatan tinggi hingga putih dan mengembang
- Turunkan kecepatan mixer hingga paling rendah kemudian masukan tepung sedikit demi sedikit hingga tercampur dan teraduk rata.
- Masukan adonan ke dalam loyang kue, olesi dengan kuning telur lalu buat garis diatas adonan dengan garpu.
- Beri hiasan berupa irisan almond, atau kismis.
- Panggang di oven suhu 180 derajat celcius selama 15-20 menit. Sajikan

Tips dan Trik membuat Boterkoek/Lekker Holland

  • Ketika mengoleskan boleh menggunakan satu butir telur utuh atau kuning telur yang sudah dikocok lepas. Tetapi, penggunaan kuning telur akan membuat kue lebih berwarna keemasan.
  • Hindari penggunaan mentega untuk menggantikan butter karena memberikan aroma yang berbeda.
  • Untuk anda yang menginginkan tekstur lekker holland atau boterkoek yang lebih padat bisa menggunakan butter yang dilelehkan tetapi untuk anda yang suka tekstur yang renyah dan mudah hancur, gunakan butter yang dingin dan dicacah kemudian masukan ke dalam adonan
  • Hati-hati ketika mengeluarkan kue dari loyang. Tekstur kue ini padat namun mudah hancur ketika panas sehingga harus tunggu dingin ketika ingin mengeluarkannya dari loyang.
  • Jangan terkecoh karena tekstur kue yang berminyak dan beranggapan kue belum matang sepenuhnya karena ciri khas boterkoek memang seperti itu, tetapi jika dirasa kue terlalu lembek bisa dipanggang kembali.
Artikel Resep Kue Lekker Holand Boterkoek Anti Gagal ini dibuat oleh Resep Masakan di www.kulineri.com

Terima kasih telah berkunjung di Resep Kue Lekker Holand Boterkoek Anti Gagal

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Jae

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia