Wisata Kuliner di Indonesia dengan resep masakan indonesia maupun mancanegara. Temukan ragam kuliner indonesia di www.kulineri.com

Cara Mengolah Belut Enak

Artikel terkait : Cara Mengolah Belut Enak

Cara Mengolah Belut Enak
Cara Mengolah Belut Enak
Cara Mengolah Belut Enak - Belut adalah sejenis hewan yang berbentuk seperti ular yang kadang disalah artikan dengan ikan sidat karena bentuk dan ukurannya yang serupa. Belut terkenal sebagai menu makanan dalam kategori bergizi tinggi terutama protein. Karena itu sebagian ahli gizi sepakat menyarankan jenis makanan ini dijadikan salah satu panganan rutin pengganti daging sebagai sumber protein untuk keluarga. Di waktu sekarang ini, untuk mendapatkan belut sedikit lebih sulit dan harganyapun cukup mahal sekitar 70-80 ribu per-kilogramnya. Hal ini dikarenakan belut biasanya suka hidup di rawa,sawah atau tanah berlumpur yang notabenenya sudah sulit ditemukan karena pembangunan besar-besaran untuk kawasan pemukiman ataupun industri. Tetapi, banyak juga yang membudidayakan belut dan menjualnya ke pasar tradisional. Biasanya belut dijual dalam bentuk masih hidup dan diberi sedikit air agar belut tetap lembab dan hidup. Hal ini menyebabkan orang yang tidak mengetahui cara mengolah belut yang masih hidup menjadi kesulitan. Meskipun anda bisa saja meminta tolong penjualnya mematikan belut tetapi tidak jarang penjual yang menolak membersihkan dan mengolah belut hingga siap masak karena belut berbadan kecil dan biasanya dibeli dalam jumlah banyak sehingga agak repot jika harus membersihkannya satu-persatu ketika sedang berjualan.

Cara Mengolah Belut Untuk MPASI Bayi


Karena kadar Gizinya yang tinggi, belut dianjurkan dikonsumsi untuk anak-anak atau bayi yang dalam tahap MPASI atau sedang belajar makan-makanan padat. Ambil hanya bagian daging belut. Hindari bagian kepala dan tulang (Duri) belut. Rebus hingga empuk lalu pisahkan daging dari tulangnya lalu campurkan dengan bahan lain seperti bumbu dapur berupa bawang merah dan putih,jahe,kunyit, nasi atau kentang. Mudah bukan? Meskipun begitu, kesulitan lainnya ada pada cara mengolah belut ketika masih mentah. Kesulitan lain selain lendir pada belut adalah rasanya yang jika diolah dengan salah akan berasa pahit. Berikut adalah cara mengolah belut agar rasanya enak

1. Menghilangkan lendir licin dalam belut

Belut populer dengan ciri khas tubuhnya yang licin karena lendir yang mengelilingi tubuhnya. Hal ini akan mengakibatkan belut sulit untuk dipegang dan dibersihkan. Cara paling mudah untuk menghilangkan lendir pada belut adalah mengoleskan abu gosok pada belut atau jika tidak sreg dengan abu gosok bisa juga mengoleskan garam.

2. Cara membelah belut yang benar

Pertama, pilih pisau dengan mata tajam. Belah mulai dari dubur memanjang sejalur dengan badan belut hingga ke arah kepala. Hal ini bertujuan untuk mengelurakan isi perut belut. Hindari mengores daging badan belut karena isi perut belut yang berasa pahit akan terkena daging dan menyebabkan rasa pahit yang meresap atau terkontaminasi dari isi perut belut. Jangan lupa, potong bagian kepala belut karena bagian ini terasa keras ketika disantap.

3. Cara mencuci Daging Belut

daging belut yang isi perutnya sudah dibersihkan harus dicuci kembali menggunakan air yang mengalir. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan dengan cepat dan bersih sisa-sisa darah juga sisa isi perut belut. Cek juga apa ada sayatan atau luka pada daging belut yang terkna isi perut atau darah belut sebaiknya cepat dibersihkan sebelum meresap.

4. Cara daging belut agar tidak bau amis atau tanah

Selain berlendir, belut juga terknal berbau amis dan berbau tanah. Amis belut karena belut merupakan spesies sejenis vertebrata yang terkenal amis sementara bau tanah karena belut biasanya hidup di lumpur atau sawah atau rawa yang notabenenya tanah basah. Untuk menghilangkan abu amis dan tanah dapat digunakan berbagai macam cara salah satunya dengan jeruk nipis. Balurkan belut dengan perasan jeruk nipis kemudian diamkan selama 15 menit. Atau bisa juga menggunakan timun dengan cara lumuri belut yang sudah dibersihkan dan dipenyetkan (digepengkan dengan cara dipukul dengan ulekan) dengan parutan timun sambil diremas-remas.
Setelah itu, cuci bersih kembali belut lalu lumuri dengan bumbu halus sesuai dengan masakan belut yang ingin dikreasikan. Taruh dalam kulkas atau pendingin selama setengah jam sehingga bumbu meresap dan belut bertambah gurih.

Setelah langkah-langka tersebut, belut sudah bersih dan siap untuk diolah. Belut bisa dimasak dan diolah menjadi belut goreng krispy menggunakan tepung dengan campuran bumbu halus, bbelut dengan sambal hijau atau sambal merah, ditumis dengan sayuran dan saus tiram, asam manis atau kreasikan sesuai favorit dan selera anda.

Artikel Cara Mengolah Belut Enak ini dibuat oleh Resep Indonesia di www.kulineri.com

Terima kasih telah berkunjung di Cara Mengolah Belut Enak

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Kuliner Indonesia

Artikel Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia Lainnya :

Copyright © 2015 Kuliner Indonesia | Resep Masakan Indonesia | Kuliner di Indonesia